VIDEO: Pesan Menpora Setelah Indonesia Sudah Bebas dari Sanksi WADA

VIDEO: Pesan Menpora Setelah Indonesia Sudah Bebas dari Sanksi WADA

- WADA (Badan Anti-Doping Dunia) telah mengumumkan bahwa mencabut sanksi untuk Indonesia. Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) Republik Indonesia, Zainudin Amali, memberi pesan dalam acara "Pengumuman Resmi Keputusan WADA" yang digelar pada Jumat (4/2/2022) siang hari WIB.

Menpora Zainudin Amali berharap ke depannya sanksi tersebut tidak lagi terjadi kepada Indonesia, atau dalam hal ini LADI (Lembaga Anti-Doping Indonesia), yang kini sudah berganti nama menjadi IADO (Indonesia Anti-Doping Organization). Pesan itu disampaikannya apalagi dalam 3 bulan ke depan WADA akan melakukan peninjauan ulang setelah memutuskan mencabut sanksinya pada Kamis (3/2/2022) WIB.

"Kita patut syukuri bersama-sama. Mudah-mudahan ini menjadi yang terakhir dan jangan terulang lagi. Bila terdapat masalah, akan menjadi masalah kita bersama, dan segera untuk dikomunikasikan," sepenggal pesan yang disampaikan Menpora Zainudin Amali dalam acara siang hari ini.

WADA sebelumnya menjatuhkan sanksi kepada LADI (Lembaga Anti Doping Indonesia) pada 7 OKtober 2021. Sanksi yang diberikan berupa larangan hak menjadi tuan rumah event olahraga hingga larangan pengibaran bendera Merah Putih pada ajang internasional.

Pemerintah kemudian bergerak cepat dengan membentuk tim yang dipimpin oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari. Kemenpora membentuk Gugus Tugas untuk melakukan akselerasi atas sanksi WADA pada 18 Oktober. Pembentukan task force ini untuk menindaklanjuti sanksi WADA terhadap LADI.

Hasil dari kerja Satgas (Satuan Gugus Tugas) Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA yaitu tidak sampai satu tahun sanksi yang diberikan dan berdampak kepada Indonesia di ajang olahraga internasional telah dicabut. Pencabutan sanksi terhitung hanya selama 3,5 bulan.

Bagaimana pesan lengkap dari Menpora Zainudin Amali setelah WADA mengumumkan telah mencabut sanksi terhadap Indonesia? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 04 February 2022, 18:33 WIB

Video Terkait

Spotlights