Sukses


Manfaat Belanja bagi Kesehatan Fisik dan Mental yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, terutama kaum hawa, belanja merupakan aktivitas yang menyenangkan. Terlebih lagi, di era modern seperti sekarang, belanja sangat mudah dilakukan.

Saat ini, belanja tidak harus datang ke pasar atau tempat pusat perbelanjaan lain. Cukup dengan membuka situs atau aplikasi belanja di smartphone, scroll dan searching produk yang ingin dibeli.

Banyak e-commerce, marketplace, maupun onlineshop yang memberi kemudahan pelanggan untuk berbelanja.

Namun, berbelanja kerap dianggap sebagai aktivitas negatif yang memboroskan, tidak hanya uang melainkan juga waktu.

Perlu diketahui, belanja bukanlah sebuah masalah, selama dilakukan dengan terencana dan sesuai kebutuhan. Bahkan, berbelanja justru memberi manfaat bagi yang melakukannya.

Ada beberapa manfaat positif yang bisa didapatkan dari aktivitas belanja. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat belanja bagi kesehatan fisik dan mental yang jarang diketahui, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (22/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Menekan Tingkat Stres

Berbelanja diketahui bisa menekan tingkat stres dengan baik. Aktivitas tersebut bisa mengalihkan sejenak pikiran serta kepenatan yang bertumpuk di dalam kepala sehingga otak bisa istirahat sejenak dari berbagai masalah dan rutinitas yang berat.

Menikmati waktu dengan berbelanja bersama teman ataupun keluarga akan membuat pikiran lebih tenang dan nyaman. Interaksi yang santai bisa terjadi, di mana pikiran hanya fokus pada aktivitas yang menyenangkan.

Seseorang yang belanja juga bisa melupakan sejenak berbagai rutinitas harian sehingga stres bisa dihindari.

3 dari 8 halaman

2. Membahagiakan Diri Sendiri

Saat berbelanja, biasanya seseorang menemukan barang yang dicari dan sudah diimpikan sejak lama. Kondisi tersebut menimbulkan sensasi bahagia dalam diri sendiri. Hati akan lebih gembira dan merasa puas.

Perasaan ini bahkan akan bertahan dan membuat suasana hati lebih bahagia dari biasanya.

4 dari 8 halaman

3. Tubuh Jadi Aktif Bergerak

Bagi yang memilih belanja secara langsung, pastinya tubuh jadi aktif bergerak. Aktivitas fisik seperti berjalan mencari barang yang ingin dibeli, sangat bagus untuk kesehatan. Khususnya bagi yang ingin mengendalikan berat badan.

Pasalnya, aktivitas ini mampu membakar kalori cukup banyak. Tanpa disadari, Anda setidaknya bisa menempuh 500-1000 langkah.

Selain itu, jika seseorang aktif bergerak dapat meningkatkan kesehatan otak, menurunkan risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Aktivitas berjalan pun dikatakan mampu mengurangi risiko kematian dini akibat penyakit jantung atau beberapa jenis kanker ganas.

5 dari 8 halaman

4. Membuat Tubuh Lebih Langsing

Berbelanja bisa saja dilakukan berjam-jam, dari satu toko ke toko lainnya, atau bahkan dari satu lokasi ke lokasi yang berbeda. Hal ini tidak mudah, sebab dibutuhkan banyak energi untuk melakukannya.

Hal ini berarti, aktivitas ini akan membakar banyak kalori dan membuat tubuh lebih langsing.

6 dari 8 halaman

5. Bikin Panjang Umur

Dalam berbelanja ada beberapa hal yang dilakukan, seperti membawa beban (belanjaan), berinteraksi dengan orang lain, menghitung dan menyediakan bujet, mencari dan memilih barang yang tepat, dan melihat hal-hal di luar rutinitas yang kita lakukan sepanjang waktu.

Semua ini akan membuat otak dan tubuh lebih aktif bergerak dan berpikir. Apalagi jika ternyata bisa menemukan barang yang susah dicari, kemudian bisa membeli dan membawanya pulang.

Kondisi ini menimbulkan kebahagiaan. Bahkan, aktivitas ini disebut bisa membuat hari menjadi berbeda dan bisa membuat panjang umur.

7 dari 8 halaman

6. Memperbaiki Mood yang Buruk

Hari tidak akan selalu indah sepanjang waktu, sebab ada saja masalah yang bisa membuatnya buruk dan berat. Jika mengalami hari seperti ini, berbelanja adalah pilihan yang tepat.

Aktivitas ini akan membuat mood menjadi lebih baik dan pikiran lebih santai, bahkan di hari yang berat sekalipun.

8 dari 8 halaman

7. Melatih Kemampuan Otak dan Mental

Untuk penikmat aktivitas belanja, menemukan barang terbaik dengan harga terbaik menjadi hal penting dan tidak bisa diabaikan.

Hal ini akan membutuhkan banyak usaha, seperti keluar masuk toko yang berbeda, melakukan perbandingan harga, dan mencari diskon yang paling menguntungkan.

Tidak hanya itu, kesibukan dalam berbelanja yang kerap dilakukan adalah menghitung potongan diskon yang didapatkan, menghitung uang kembalian, menawar harga, dan sebagainya. Semua aktivitas ini akan melatih kemampuan otak serta mental.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Fitriana Monica Sari. Editor: Nurmayanti. Published: 12/2/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini

Video Populer

Foto Populer