Sukses


Cara Memilih Makanan dan Minuman di Warteg agar Kesehatan Anda Terjaga

Bola.com, Jakarta - Warteg alias warung tegal masih menjadi tempat andalan bagi banyak orang untuk mengisi perut sehari-hari. Pasalnya, warteg mudah dijumpai sehingga memudahkan kita saat merasa lapar dan butuh tempat makan.

Selain itu, harga makanan dan minuman di warteg relatif terjangkau, plus dalam porsi besar. Bisa dibilang, warteg merupakan "sahabat" masyarakat Indonesia.

Belum lagi, menu-menu yang disajikan cukup beragam sehingga memudahkan kita untuk memilihnya. Namun, jangan sampai Anda kalap saat berada di warteg.

Banyaknya pilihan menu yang terlihat menggoda selera ditambah harganya yang bersahabat, bisa-bisa membuat Anda lupa diri sehingga tidak memperhatikan kualitas menu yang Anda pilih.

Perlu diingat, Anda harus tetap memperhatikan kesehatan Anda melalui makanan dan minuman yang Anda pilih saat berada di warteg sehingga Anda tidak asal kenyang.

Nah, berikut ini beberapa cara memilih makanan dan minuman sehat di warteg, tentunya agar kesehatan Anda senantiasa terjaga, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (15/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Memilih Makanan dan Minuman Sehat di Warteg

Pilih sayur berkuah sebagai pilihan utama

Saat pertama menunjuk lauk di kaca etalase warteg, pastikan itu adalah sayuran. Sayuran adalah lauk yang tinggi kadar serat dan sangat baik untuk pencernaan.

Sayuran yang sering ada di warteg, misalnya sayur bayam, sayur buncis, sayur sop, sayur asem, serta tumis tahu tauge. Pastikan satu di antaranya a adalah lauk makan siang Anda.

Di samping menjadikan kenyang, sayuran juga dapat membantu memperlancar pencernaan. Tidak lupa, makan pakai sayur di warteg biasanya lebih murah.

Konsumsi ikan sebagai pengganti daging

Siapa yang bisa tahan dengan warna emas kecokelatan pada ayam goreng warteg? Umumnya, orang-orang akan sulit untuk tidak memilih ayam goreng atau ayam bakar saat makan siang. 

Sebetulnya, boleh-boleh saja makan ayam goreng warteg, tetapi disarankan untuk memilih lauk ikan. Selain kaya akan protein, ikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan otak dan tulang, mencegah penyakit jantung serta mengurangi resiko alzheimer dan depresi.

Fungsi lainnya, yaitu menormalkan tekanan darah, ritme jantung, menurunkan kadar lemak dalam darah serta membantu mengurangi inflamasi dalam tubuh. Secara tidak langsung manfaat ini bisa membuat aktivitas tubuh Anda lebih sehat.

3 dari 4 halaman

Cara Memilih Makanan dan Minuman Sehat di Warteg

Hindari santan

Makanan berlauk santan seperti gulai atau sayur singkong rasanya sangat menggugah selera makan siang. Hanya, makanan bersantan memiliki jumlah lemak jenuh yang cukup tinggi, yang berefek terhadap kesehatan pembuluh darah dan jantung. 

Alhasil, sebaiknya memilih makanan yang dikukus dan direbus, seperti sop ataupun tumis sayuran, agar manfaat sehat bisa didapat.

Hindari makan gorengan

Seperti halnya makanan bersantan, makanan yang digoreng biasanya memiliki jumlah kalori yang lebih banyak daripada jenis lauk yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Maka, untuk bisa mewujudkan makan makanan sehat di warteg, jangan makan gorengan.

Hal ini juga berguna untuk menghindari kelebihan kalori dan asupan minyak, yang Anda tidak tahu sehat atau tidaknya jika dikonsumsi tubuh. 

4 dari 4 halaman

Cara Memilih Makanan dan Minuman Sehat di Warteg

Pilih air putih atau teh tawar hangat

Siang hari yang terik memang bisa membuat Anda tergoda memesan es teh manis di warteg langganan. Untuk hidup lebih sehat, ada baiknya hentikan kebiasaan minum es teh manis atau minuman es lain di warteg.

Minuman-minuman tersebut umumnya mengandung banyak pemanis yang bisa meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, air yang memiliki rasa tidak selalu bisa melegakan rasa haus secara maksimal.

Itulah mengapa, disarankan pilih air putih atau teh tawar hangat. Selain murah, bahkan beberapa warteg ada yang memberikannya secara gratis,  kedua jenis minuman ini memiliki efek yang baik untuk pencernaan.

Umumnya teh tawar berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Lalu air putih hangat juga berguna mencerna lemak-lemak yang kita makan serta mengeluarkan racun di dalam pencernaan. Bila bosan dengan teh dan air, bisa diganti dengan jus buah tanpa gula.

Seperti layaknya sayuran, buah-buahan juga memiliki kadar serat yang baik yang diperlukan oleh tubuh. Agar bervariasi kita dapat mencampur dua jenis buah untuk mendapatkan rasa yang berbeda. Ingat, yang tanpa gula.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/2/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer