Sukses


Manfaat, Bahaya, dan Tips Berolahraga saat Hujan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Olahraga akan berasa maksimal dan menyegarkan jika dilakukan di luar rungan. Namun, kendala olahraga di luar ruangan adalah cuaca, apalagi saat sedang musim hujan.

Musim hujan kerap dihindari sebagian orang untuk beraktivitas di luar ruangan karena dianggap dapat meningkatkan risiko penyakit.

Meski begitu, ada juga manfaat berolahraga saat hujan. Namun, untuk merasakan manfaat tersebut, Anda mesti melakukannya dengan tepat. Jika sembarangan, hal itu malah akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Berikut beberapa manfaat, bahaya, dan tips melakukan olahraga atau latihan fisik saat hujan, disadur dari Klikdokter, Senin (11/4/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Berolahraga saat Hujan

1. Meningkatkan Durasi dan Intensitas Olahraga

Penelitian yang dipublikasi oleh Journal of Sports Sciences mengatakan, berolahraga saat hujan mungkin dapat meningkatkan durasi dan intensitas berlatih. Sebab, saat hujan, cuaca yang sejuk akan membuat tubuh menjadi lebih dingin.

Suhu tubuh saat berolahraga bisa meningkat akibat metabolisme dan cuaca panas. Hal tersebut membuat tubuh lebih mudah lelah.

Dengan kata lain, olahraga di suhu yang dingin, seperti saat hujan, membuat ketahanan tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, menurut penelitian yang sama, berolahraga saat sedang hujan membuat kemampuan jantung meningkat.

Cuaca dingin bisa meningkatkan aliran darah kembali ke jantung. Nantinya, darah yang dipompa juga menjadi lebih banyak. Kondisi ini akan memenuhi kebutuhan oksigen tubuh ketika berolahraga.

2. Membakar Energi Tubuh Lebih Banyak

Lantaran hujan membuat durasi dan intensitas olahraga meningkat maka Anda bisa melakukan latihan fisik lebih lama.

Ketika olahraga dilakukan dengan durasi lebih panjang, kemungkinan energi (kalori atau lemak) yang dibakar juga menjadi lebih banyak.

3 dari 5 halaman

Manfaat Berolahraga saat Hujan

3. Mengurangi Risiko Dehidrasi

Olahraga saat hujan dapat secara signifikan menurunkan produksi keringat. Sebab, cuaca dingin saat hujan akan menjaga tubuh dari peningkatan suhu yang terlalu ekstrem.

Dengan produksi keringat yang lebih sedikit, risiko Anda mengalami dehidrasi bisa menjadi lebih rendah.

4. Lebih Relaks

Sensasi yang dirasakan ketika hujan dipercaya dapat menjernihkan dan menenangkan pikiran. Itulah mengapa, berolahraga saat hujan bisa menjadi satu di antara cara melepaskan stres, yang juga dapat menurunkan risiko Depresi.

4 dari 5 halaman

Bahaya Berolahraga saat Hujan

Hipotermia

Cuaca dingin saat hujan dapat menyebabkan suhu tubuh menurun. Apabila penurunan suhu tubuh terus terjadi, Anda berisiko lebih tinggi untuk mengalami hipotermia.

Selain suhu lingkungan yang dingin, pakaian, kaus kaki, dan sepatu yang basah akibat kehujanan dapat pula meningkatkan risiko hipotermia. Kondisi ini berbahaya dan dapat mengancam keselamatan Anda.

Cedera

Kondisi lingkungan, tempat, atau jalur olahraga yang basah dan licin akibat hujan berisiko menyebabkan Anda cedera. Maka itu, penting untuk memilih tempat olahraga yang aman untuk menghindari cedera akibat tergelincir lantaran berolahraga ketika hujan.

Daya Tahan Tubuh Menurun

Perubahan suhu lingkungan yang ekstrem dapat memengaruhi kerja tubuh, termasuk sistem kekebalan. Apabila fungsi sistem kekebalan tak optimal, Anda lebih berisiko terserang penyakit.

5 dari 5 halaman

Tips Berolahraga saat Hujan

Untuk menghindari bahaya olahraga saat hujan, berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Hindari berolahraga apabila hujan sedang deras dan/atau disertai petir.
  • Menggunakan sepatu dengan sol yang masih baik.
  • Hindari memakai baju berbahan katun.
  • Gunakan baju olahraga berbahan tipis.
  • Menggunakan topi.
  • Memakai tas pinggang tahan air untuk menyimpan barang penting.
  • Pilih jalur atau tempat olahraga yang aman.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/12/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer