Sukses


Daftar Makanan yang Bisa Membuat Perut Kembung saat Buka Puasa

Bola.com, Jakarta Saat buka puasa tiba, banyak orang yang langsung menyantap berbagai makanan yang ada di hadapannya, tanpa mengetahui efek samping dari mengonsumsinya.

Hal tersebut wajar terjadi, karena saat berpuasa kita menahan rasa lapar dan haus, sehingga mencari pelampiasan di saat berbuka.

Padahal, terdapat banyak jenis makanan yang bisa membuat kesehatan Anda terganggu, contohnya saja makanan yang bisa membuat perut kembung.

Maka itu, Anda perlu cermat dalam memilih makanan untuk berbuka, agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kembung atau dalam istilah medis disebut meteorismus merupakan kondisi terperangkapnya udara (gas) dalam rongga abdomen atau usus. Kondisi ini dapat dialami segala usia, mulai dari bayi hingga orang tua.

Nah, tentunya Anda pasti tidak mau setelah buka puasa perut menjadi tidak nyaman dan menganggu aktivitas di malam hari.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan perut kembung saat buka puasa.

Berikut daftar makanan yang bisa membuat perut kembung saat buka puasa, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (20/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Membuat Perut Kembung saat Buka Puasa

1. Kubis-kubisan

Beberapa orang sulit mencerna sayuran, khususnya sayur jenis kubis-kubisan, seperti kol, kembang kol, brokoli, dan kale.

Pasalnya, sayuran tersebut mengandung raffinose atau sejenis gula yang sulit dicerna oleh lambung dan baru dapat dicerna saat mencapai usus besar.

Bila kebetulan menu berbuka puasa Anda adalah lalapan, sebisa mungkin  hindarilah konsumsi kol. Anda bisa mengambil olahan sayuran lain yang lebih ramah untuk perut.

2. Susu dan Produk Olahannya

Selain itu, hindari juga minuman susu atau produk olahannya, seperti keju, agar perut tidak kembung. Hal ini sangat berlaku untuk orang yang mengalami intoleransi laktosa.

Tubuh mereka kekurangan enzim laktosa untuk memecah gula di dalam tubuh sehingga susu dan sejenisnya akan membuat perut tidak nyaman. 

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Membuat Perut Kembung saat Buka Puasa

3. Minuman Bersoda

Tidak boleh mengonsumsi susu dan produk olahannya bukan berarti Anda boleh seenaknya meneguk minuman bersoda.

Sebab, gelembung pada minuman berkarbonasi dapat membuat perut Anda mengembang seperti balon. Gas tersebut bisa terjebak di dalam perut sehingga membuat Anda kembung.

4. Buah-buahan Tinggi Kandungan Fruktosa dan Sorbitol 

Mengonsumsi buah potong, rujak, sop buah, atau jus buah saat berbuka puasa memang menyegarkan. Namun, bagi Anda yang memiliki perut sensitif, sebaiknya berhati-hatilah terhadap apel, nanas, pir, anggur, dan mangga.

Sebab, aneka buah itu mengandung gula buah (fruktosa) dan sorbitol (gula alkohol) yang tinggi di dalamnya.

Jenis gula seperti itu akan lambat diserap saluran pencernaan sehingga akan menimbulkan gas di dalam perut.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Membuat Perut Kembung saat Buka Puasa

5. Cokelat

Meski bisa meningkatkan mood Anda, sebaiknya hindari makan cokelat saat berbuka. Sebab, makanan ini dapat meningkatkan peregangan di lambung yang berujung pada peningkatan produksi asam lambung. Akibatnya tak cuma kembung yang bisa Anda rasakan, tetapi juga nyeri ulu hati.

6. Kopi Hitam

Kopi dapat merangsang iritasi pada organ pencernaan Anda, khususnya lambung. Kondisi ini bisa menimbulkan efek kembung.

Meski sifat kopi hitam asam, menambahkan gula atau pemanis buatan ke dalamnya hanya akan membuat efeknya semakin buruk.

7. Makanan dan Minuman yang Mengandung Pemanis Buatan

Pemanis buatan biasanya ditemukan dalam makanan kemasan. Oleh sebab itu, hindari makanan atau minuman kemasan terlalu banyak jika tidak ingin mengalami kembung.

Ketimbang mengonsumsi makanan atau minuman kemasan, akan lebih sehat bila Anda menyantap hindangan yang dibuat secara alami.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 8/5/2019)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer