Sukses


8 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anak, Melatih Ketenangan dan Kesabaran

Bola.com, Jakarta - Olahraga memiliki berbagai manfaat kesehatan dan kegiatan ini harus mulai diperkenalkan sejak dini. Satu di antara jenis olahraga yang bisa dikenalkan pada si kecil adalah yoga.

Meski terdengan ekstrim, yoga dapat dilatih sejak si kecil berusia 7 tahun. Yoga untuk anak biasanya berupa gerakan-gerakan tahap pemula yang sederhana.

Walaupun terlihat simpel, yoga dapat menguras banyak kalori dengan menghadirkan berbagai manfaat kebugaran bagi si kecil.

Anda bisa memilih instruktur yang kooperatif, latih anak secara bertahap dengan gerakan sederhana dan mudah diikuti. Selain dipercayakan kepada instruktur, Anda juga bisa menemani si kecil ketika melakukannya.

Maka itu, akan muncul keserasian dan harmonisasi antara orang tua dan anak. Penting bagi para orang tua mengetahui manfaat yoga untuk anak.

Berikut beberapa manfaat yoga bagi kesehatan anak, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (21/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anak

1. Mengajarkan Anak Pola Hidup Sehat

Berlatih yoga membuat anak terbiasa untuk melakukan hidup sehat. Sebab, yoga merupakan aktivitas fisik yang punya manfaat kesehatan bagi tubuh.

Bila dibiasakan sejak dini, kebiasaan untuk beraktivitas fisik ini akan terbawa sampai ia dewasa. Kendati begitu, orang tua harus tetap mencontohkan perilaku sehat tersebut, ya, agar anak tidak malas-malasan.

2. Mencegah Anak Obesitas

Yoga dapat membakar banyak kalori jika dilakukan dengan intensitas, frekuensi, dan durasi tertentu. Nah, Anda bisa mengajak anak rutin berlatih yoga guna mencegahnya mengalami kelebihan berat badan (obesitas).

Sebab, kini semakin banyak anak yang mengalami obesitas akibat pola hidup sedentary (malas gerak) dan kurangnya aktivitas fisik. Itulah mengapa yoga dapat menjadi satu di antara alternatif untuk menghindari kondisi tersebut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anak

3. Melatih Keseimbangan Anak

Yoga punya manfaat untuk melatih keseimbangan tubuh anak. Keseimbangan merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan motorik si kecil.

Manfaat keseimbangan tubuh bisa diperoleh perlahan sesuai dengan tahapan atau tingkat gerakan yoga yang dilakukan.

4. Melatih Kedisiplinan Anak

Rutinitas aktivitas fisik apa pun, termasuk yoga, dapat melatih anak jadi disiplin. Kedisiplinan datang saat ia berlatih tepat waktu dan dengan frekuensi yang telah disepakati bersama antara anak, orangtua, dan pelatih.

Kedisiplinan sangat penting sebagai bekal bagi anak di kemudian hari baik, baik dalam proses pendidikan maupun di dunia kerja nantinya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anak

5. Melatih Ketenangan Anak

Yoga dapat melepaskan ketegangan otot dan pikiran anak. Aktivitas fisik seperti yoga dapat merangsang tubuh mengeluarkan hormon dan neurotransmitter positif.

Efeknya, mood atau suasana hati anak jadi lebih tenang. Bukan hanya itu saja, berlatih yoga juga dapat mengurangi stres dan kepanikan si kecil saat menjalani aktivitas sehari-hari.

6. Melatih Pernapasan Anak

Yoga punya manfaat untuk melatih pernapasan anak. Latihan pernapasan ini bertujuan untuk mendapatkan energi secara maksimal, khususnya ketika kita mempertahankan posisi atau gerakan tubuh tertentu saat yoga.

Pengaturan napas ini juga penting bagi kesehatan si kecil. Selain bisa mendapatkan pasokan oksigen yang cukup untuk proses metabolisme tubuh, yoga dapat melatih pernapasan anak guna mencegah serangan panik.

5 dari 5 halaman

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anak

7. Membantu Anak Tidur Nyenyak di Malam Hari

Rutin berlatih yoga dapat membuat anak tidur lebih lelap di malam hari. Hal ini dipicu oleh berbagai hormon dan neurotransmitter yang dikeluarkan saat melakukan aktivitas fisik.

Kelelahan sehabis melakukan aktivitas fisik juga membuat anak lebih mudah terlelap di malam hari. Namun, jangan over atau terlalu kelelahan, ya. Apabila terlalu lelah, anak justru menjadi sulit tidur di malam hari.

8. Menyediakan Kegiatan Positif bagi Anak

Memiliki hobi tertentu seperti yoga merupakan hal baik bagi anak. Sebab, yoga merupakan aktivitas menyehatkan yang dapat dilakukan buah hati untuk mengisi waktu luangnya.

Memiliki kegiatan positif dan menyehatkan sangat penting agar anak tak terjerumus hal negatif yang dapat berdampak kepada kenakalan remaja.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 26/11/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer