Sukses


Daftar Obat yang Harus Dibawa saat Mudik Idulfitri

Bola.com, Jakarta - Selain pakaian dan berbagai barang lainnya, penting bagi Anda untuk membawa beberapa jenis obat dalam perjalanan mudik yang akan Anda lakukan.

Mudik telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia terutama jelang hari raya keagaaman, seperti Idulfitri. Mudik dapat diartikan pulang ke kampung halaman.

Mudik bisa memakan waktu berjam-jam, dapat ditempuh melalui berbagai moda transportasi, seperti kereta api, pesawat, kapal laut, mobil, dan bahkan sepeda motor.

Penting bagi Anda untuk menyiapkan segala sesuatunya jelang mudik, tak terkecuali menyiapkan obat-obatan sebagai antisipasi gangguan kesehatan yang mungkin terjadi selama Anda dan keluarga menempuh perjalanan mudik.

Obat-obatan ini juga bisa sebagai pertolongan pertama sampai Anda menemukan klinik, rumah sakit, atau pusat kesehatan terdekat dalam perjalanan.

Selain obat-obatan, Anda juga sebaiknya membawa kotak khusus P3K yang berisi obat merah, alkohol, kapas, dan pembalut luka (plester). Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi luka selama perjalanan.

Lalu, apa saja obat-obatan yang wajib Anda siapkan tersebut? Berikut daftar obat yang harus dibawa saat perjalanan mudik, disadur dari Klikdokter, Senin (25/4/2022).

2 dari 3 halaman

Daftar Obat yang Harus Dibawa saat Mudik

1. Obat demam

Demam merupakan gejala mendasar pada tubuh manusia, sebagai respons adanya mikroorganisme yang masuk ke tubuh. Pada saat mudik, bukan tidak mungkin orang dewasa maupun anak-anak mengalami demam.

Itulah mengapa, obat penurun panas seperti parasetamol penting untuk mengatasi gejala demam yang umum. Selain itu, parasetamol bisa digunakan untuk mengatasi pusing atau nyeri sendi.

2. Obat flu

Kelelahan selama di perjalanan, khususnya bila memilih jalur darat, dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terserang flu.

Selain itu, jika berada di tempat umum yang sangat ramai seperti stasiun, terminal, kereta, pesawat, atau bus pada saat waktu mudik, dapat meningkatkan kemungkinan tertular virus flu.

Biasanya obat flu sudah dikombinasikan dengan obat penurun demam. Namun, yang perlu Anda perhatikan, obat flu rata-rata menyebabkan kantuk sehingga hindari mengonsumsinya sebelum menyetir.

3 dari 3 halaman

Daftar Obat yang Harus Dibawa saat Mudik

3. Obat lambung

Berbagai makanan mengandung santan, tinggi minyak dan lemak kerap disajikan saat Lebaran, semisal gulai dan rendang, sehingga dapat menjadi masalah bagi Anda yang mempunyai riwayat lambung. 

Belum lagi jika konsumsi makanan saat Lebaran tidak terkontrol.

Selain itu, jika selama perjalanan mudik pola makan Anda tidak teratur, masalah lambung dapat muncul. Maka itu, obat lambung penting untuk disiapkan baik dalam bentuk cair ataupun tablet dan dikonsumsi sebelum makan.

4. Obat mual

Jika Anda mengalami motion sickness atau mabuk perjalanan, siapkan obat mual agar perjalanan terasa nyaman. Mabuk perjalanan bisa terjadi saat naik pesawat, kapal laut, kereta, atau bahkan mobil. 

Sediakan dua jenis obat mual, yaitu obat untuk mabuk perjalanan dan obat mual jika terdapat gejala pada lambung. Keduanya tetap penting untuk disiapkan.

5. Obat diare

Saat mudik, Anda bisa saja mengalami diare karena salah makan atau karena makanan yang dikonsumsi selama perjalanan mudik tidak higienis. 

Maka untuk berjaga-jaga, sediakan obat diare. Selain itu, perbanyaklah minum air saat mudik.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/6/2019)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer