Sukses


8 Cara Mengatasi Sariawan pada Tenggorokan yang Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Sariawan merupakan masalah mulut yang mengganggu dan memberikan rasa tidak nyaman. Sariawan kerap kali muncul di bibir dalam atau lidah.

Namun, pernahkah Anda pernah mendapati sariawan pada tenggorokan? Sariawan yang satu ini lebih menyakitkan daripada sariawan yang biasanya.

Jika dibiarkan, Anda akan kesulitan dan kesakitan saat menelan makanan. Mau diobati dengan obat oles pun, rasanya sulit dilakukan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi sariawan pada tenggorakan yang tepat dan nyaman?

Berikut cara mengatasi sariawan pada tenggorokan, disadur dari Klikdokter, Kamis (5/5/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sariawan pada Tenggorokan

1. Jaga Daya Tahan Tubuh

Sariawan umumnya berada di dalam rongga mulut. Kalau sudah sampai ada di dalam tenggorokan dan kejadiannya tidak hanya sekali, penyebabnya kemungkinan adalah daya tahan tubuh yang tidak baik.

2. Atasi GERD

Luka dan sariawan pada tenggorokan bisa disebabkan oleh gastroesophageal reflux disease (GERD).

Ketika asam lambung terus-menerus naik ke tenggorokan, alhasil tenggorokan yang tadinya tidak bersifat asam akan menjadi asam. Kondisi asam itu menghasilkan perlukaan dan sariawan yang akan memburuk seiring waktu.

3. Berkumurlah dengan Larutan Air Garam

Berkumur dengan larutan garam yang bersifat antiseptik dapat membunuh kuman penyebab sariawan.

Gunakan air hangat (bukan air panas), lalu tambahkan 1 sdt. garam. Aduk hingga larut. Gunakan untuk berkumur gargle (berkumur di tenggorokan). Lakukan cara mengatasi sariawan pada tenggorokan ini beberapa kali dalam sehari sampai kondisi membaik.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sariawan pada Tenggorokan

4. Perbanyak Asupan Buah dan Sayur

Khususnya yang mengandung banyak vitamin C. Sebab, vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari sariawan baik di tenggorokan maupun rongga mulut.

5. Hindari Stres Berlebih

Lakukan hal-hal yang membuat Anda lebih relaks dan tenang. Stres berlebih hanya akan membuat daya tahan tubuh makin buruk.

6. Cobalah Mengonsumsi Yoghurt

Yoghurt punya kandungan bakteri baik yang dapat membantu mengatasi infeksi bakteri di tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sariawan pada Tenggorokan

7. Hindari Makanan Terlalu Panas, Pedas, atau Asin

Selama tenggorokan masih perih, jangan konsumsi makanan yang terlalu panas atau pedas karena makanan ini akan membuat tenggorokan dan sariawan makin nyeri dan teriritasi.

Selain itu, makanan tinggi garam bisa membuat tenggorokan kering dan kurang nyaman. Makanan seperti itu hanya akan membuat kondisi tenggorokan makin buruk.

8. Konsumsi Madu

Madu dipercaya baik untuk daya tahan tubuh. Bahan alami ini memiliki efek antibakteri yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat, termasuk sariawan.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 3/1/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer