Sukses


Macam-macam Manfaat Menyehatkan Protein untuk Tubuh

Bola.com, Jakarta - Manfaat protein bagi tubuh berhubungan dengan hampir segala aktivitas yang dilakukan seseorang setiap harinya. Terlebih lagi protein merupakan satu di antara zat yang paling melimpah di setiap sel dalam tubuh manusia.

Protein terdiri dari asam amino yang bergabung bersama dan membentuk rantai panjang. Setiap jaringan dalam tubuh kita mengandung protein, mulai otot, kulit, hingga rambut.

Protein juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon, enzim, hingga berbagai jenis zat kimia lainnya. Tanpa protein, banyak gangguan kesehatan yang mengintai tubuh kita.

Manfaat protein bagi tubuh bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan. Sumber protein yang terdapat dalam makanan, seperti daging sapi, daging ayam, ikan, produk susu, hingga kacang polong.

Ada beberapa manfaat protein bagi kesehatan kita, seperti menjadi sumber energi untuk tubuh, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan tulang.

Berikut macam-macam manfaat menyehatkan protein untuk tubuh, seperti dikutip dari Healthline dan Theproteinworks, Selasa (10/5/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-macam Manfaat Menyehatkan Protein untuk Tubuh

1. Menyehatkan Jantung

Mempertahankan kadar gula yang seimbang dalam tubuh membantu menjaga kesehatan jantung. Ada beberapa hal yang berbahaya bagi kesehatan jantung, seperti masalah diabetes dan obesitas.

Dengan mengganti asupan karbohidrat Anda menjadi protein, Anda akan mengurangi kandungan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh, yang merupakan penyebab obesitas. Hal tersebut dapat membantu menjaga kondisi kesehatan jantung Anda.

2. Membantu Tubuh Menyembuhkan Luka

Jika memiliki luka gores atau luka karena terjatuh, konsumsi lebih banyak protein agar luka Anda menjadi cepat sembuh. Protein dapat membantu tubuh Anda untuk menyembuhkan luka.

Protein yang Anda konsumsi setelah mengalami cedera atau luka, akan membentuk blok dan membangun jaringan organ pada tubuh Anda.

3 dari 4 halaman

Macam-macam Manfaat Menyehatkan Protein untuk Tubuh

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Protein adalah zat yang dapat membantu Anda merasa cepat kenyang dengan sedikit mengonsumsi makanan. Beberapa penelitian memperlihatkan orang yang mengonsumsi lebih banyak protein akan lebih sedikit menambah kalori.

Dengan itu, mengonsumsi lebih banyak protein daripada karbohidrat akan membantu Anda menurunkan berat badan. Anda dapat memulainya dengan mengurangi nasi atau kentang yang sering dikonsumsi, dan menambahkan lebih banyak daging dan ikan.

4. Meningkatkan Metabolisme

Mengonsumsi makanan secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda, untuk sementara waktu.

Hal tersebut terjadi karena tubuh menggunakan kalori yang didapat untuk mencerna dan memanfaatkan nutrisi dalam makanan. Kejadian tersebut disebut dengan efek termal makanan.

Namun, tidak semua makanan bekerja dengan porsi yang sama. Protein lebih memiliki efek termal yang lebih tinggi daripada karbohidrat dan kalori.

Mengonsumsi banyak protein telah terbukti meningkatkan metabolisme dalam tubuh, selain itu dapat membakar lebih banyak kalori yang ada dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Macam-macam Manfaat Menyehatkan Protein untuk Tubuh

5. Sebagai Sumber Energi

Protein merupakan satu di antara sumber energi yang penting bagi tubuh selain lemak dan karbohidrat. Sama dengan karbohidrat, protein mengandung 4 kalori per gram-nya, sedangkan lemak memasok energi lebih banyak, yakni 9 kalori/gram.

Dalam pengolahan makanan untuk sumber energi, tubuh akan menggunakan karbohidrat dan lemak terlebih dahulu. Sementara itu, protein akan disimpan sebagai cadangan dan digunakan ketika tubuh benar-benar membutuhkannya, misalnya saat Anda berpuasa hingga 18-48 jam tanpa asupan makanan.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Banyak ahli mengatakan protein tidak baik untuk tulang karena meningkatkan asam di dalam tubuh, yang dapat menghilangkan kalsium pada tulang.

Namun, faktanya adalah protein memiliki manfaat besar bagi kesehatan tulang. Orang yang mengonsumsi banyak protein cenderung menjaga massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Dengan bertambahnya usia, seseorang memiliki risiko terkena gangguang tulang seperti osteoporosis. Selain itu protein dapat mengobati tulang yang patah.

7. Meningkatkan Massa dan Kekuatan Otot

Protein adalah nutrisi yang membangun otot-otot pada tubuh Anda. Alhasil, mengonsumsi protein secara rutin dapat membantu Anda mempertahankan massa otot dan meningkatkan kekuatan otot saat melakukan latihan fisik.

Selain itu protein membantu Anda menjaga jaringan tubuh yang sehat seperti ligamen dan tendon.

Untuk Anda yang sering melakukan latihan fisik seperti mengangkat beban dan mencoba menambah massa otot, protein menjadi hal yang wajib Anda konsumsi secara rutin.

 

Sumber : Healthline, Theproteinworks

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer