Sukses


Cara Melatih Konsentrasi Anak yang Sulit Fokus Belajar di Sekolah

Bola.com, Jakarta - Konsentrasi dan fokus diperlukan saat melakukan suatu kegiatan agar hasilnya maksimal. Itulah mengapa konsentrasi dan fokus penting untuk diterapkan anak saat belajar di sekolah.

Namun, hal ini bukan perkara yang mudah. Biasanya, laporan perkembangan anak di sekolah disampaikan saat pertemuan wali murid dan guru.

Tak jarang guru melaporkan anak didiknya yang sulit berkonsentrasi dan fokus dalam belajar. Hal tersebut ditandai seringnya anak melamun, bengong, mengobrol dengan temannya, dan hal lainnya yang mengganggu kegiatan belajar.

Anak yang susah berkonsentrasi dan fokus saat menerima pelajaran menjadi tantangan tersendiri, baik bagi orang tua maupun guru yang mengajarnya.

Sebagai orang tua, pastinya khawatir anaknya akan mengalami penurunan prestasi. Sementara bagi seorang guru, hal tersebut akan menimbulkan perasaan gagal dalam mendidik.

Maka itu, sebagai orang tua dapat membantu melatih konsentrasi anak yang kurang fokus saat belajar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang agar anak berkonsentrasi dan fokus.

Berikut ini beberapa cara melatih konsentrasi anak yang kurang fokus dalam belajar di sekolah, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (9//5/2022).

2 dari 8 halaman

Sediakan Ruang Belajar Khusus

Siapkan satu area dalam rumah khusus untuk anak belajar. Atur meja, kursi, dan lemari buku serta pastikan pencahayaannya juga baik.

Perlu diingat, jangan jadikan ruang atau area belajar sebagai tempat hukuman agar anak tidak memiliki trauma tersendiri mengenai momen belajar. Buatlah momen tersebut senyaman mungkin.

3 dari 8 halaman

Meminimalkan Semua Gangguan

Saat anak sedang belajar, singkirkan ponsel, matikan televisi atau radio, dan hal lain yang berpotensi mengganggu anak. Hal itu karena bunyi dering ponsel atau suara televisi dapat membuat anak bisa terganggu dan kehilangan fokusnya.

4 dari 8 halaman

Buat Jadwal Belajar Anak

Buatlah target-target jangka pendek dalam sebuah jadwal. Misalnya, ujian tengah semester dua bulan lagi, ujian kelas musik tiga bulan lagi, dan sebagainya.

Tuliskan hal-hal tersebut pada secarik kertas dan tempelkan di ruang belajar anak. Tanpa memaksa, hal tersebut akan membantu anak melihat tujuan ia belajar lebih jelas sehingga termotivasi untuk melakukannya.

5 dari 8 halaman

Istirahat di Tengah Belajar

Apabila rentang konsentrasi dan fokus anak masih singkat, hindari memaksanya untuk belajar dalam waktu lama.

Biarkan ia belajar selama 20-30 menit, kemudian berhenti dan rehat sejenak selama 5-10 menit. Setelah itu, Anda bisa mengajaknya belajar lagi.

6 dari 8 halaman

Makan dan Istirahat Cukup

Satu di antara faktor penyebab gangguan fokus anak adalah lapar dan mengantuk. Jadi, pastikan orang tua selalu menyediakan makanan yang kaya gizi, terutama untuk otak seperti asam lemak esensial, omega 3, alfa laktalbumin, dan kolin.

7 dari 8 halaman

Ajak Anak Berolahraga

Beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa olahraga bermanfaat bagi konsentrasi anak sekolah.

Studi dari Denmark bahkan menyarankan berjalan ke sekolah dapat meningkatkan konsentrasi dan efeknya bertahan sepanjang pagi. Biarkan anak bermain selama 15 menit di luar rumah.

8 dari 8 halaman

Ajarkan Membuat Jadwal

Ajarkan anak membuat jadwal pribadi, bisa dibuat di kertas karton atau buku hariannya. Buatlah jadwal mulai ia bangun tidur, sekolah, mengerjakan PR, hingga kembali tidur.

Setelah jadwal tersusun, ajarkan mana saja kegiatan yang sangat penting untuknya. Dengan begitu anak bisa fokus dalam mencapai tujuan hidupnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/3/2019).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer