Sukses


Tampil Kasual, Kontingen Indonesia yang Dipimpin Emilia Nova Curi Perhatian pada Opening Ceremony SEA Games 2021

Bola.com, Hanoi - Kontingen Indonesia mencuri perhatian pada upacara pembukaan SEA Games 2021. Kontingen Merah Putih dipimpin oleh atlet lari gawang wanita, Emilia Nova.

SEA Games 2021 resmi dibuka dalam upacara pembukaan meriah yang digelar di Stadion My Dinh, Kamis (12/5/2022). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Presiden Vietnam, Nguyen Xuan Phuc.

Pada acara parade atlet, kontingen Indonesia menggunakan busana kasual yang dipadukan sedikit sentuhan tradisional. Mereka menggunakan busana setelan jas merah yang dipadukan kemeja putih plus celana krem.

Menariknya adalah rombongan menggunakan penutup kepala dan topi tradisonal yang berasal dari daerah-daerah Indonesia. Kehadiran rombongan atlet Indonesia sempat membuat suasana semakin meriah.

Suasana riuh dibalas lambaian tangan dan juga senyuman dari para kontingen Indonesia di SEA Games 2021. Sementara itu, di tribune VVIP terdapat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Ketua KONI Marciano Norman yang memberi tepuk tangan.

2 dari 5 halaman

Tari-tarian

Upacara pembukaan SEA Games 2021 sangat meriah karena adanya tari-tarian tradisional yang ditampilkan. Selain itu, sentuhan cahaya berkilauan semakin membuat suasana semakin semarak.

Penyelenggara SEA Games sangat memperhatikan unsur seni tradisional yang dipadukan dengan modern. Kegiatan ini menyita perhatian dari banyaknya masyarakat Vietnam dan tamu undangan yang memenuhi tribune.

Di sudut Stadion My Dinh juga terdapat balon-balon udara yang turut memeriahkan suasana. Sebanyak 11 balon udara itu bergambarkan bendera masing-masing peserta SEA Games 2021.

3 dari 5 halaman

Tema Upacara Pembukaan

Tema "Let's Shine", yang juga menjadi lagu resmi SEA Games 2021, didefinisikan sebagai kekuatan batin dalam persamaan dan perbedaan budaya Asia Tenggara.

Upacara pembukaan SEA Games 2021 akan dikemas dengan teknologi mutakhir. VIESGOC menyiapkan Augmented Reality (AR) dan Extended Reality (EX) demi opening ceremony yang sensasional.

"Untuk menciptakan efek yang menarik, yaitu repertoar, tim kreatif menggunakan teknologi proyeksi gambar grafis, AR, dan EX," kata Direktur Departemen Seni Pertunjukan, Tran Ly Ly dinikil dari media Vietnam, NLD.

"Itu adalah teknologi terbaru dan modern yang tersedia saat ini. Khususnya pertunjukan pemetaan dengan simbol 40 cabang olahraga dari berbagai negara diwakili oleh lukisan Dong Hon," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Lagu Tema

Lagu "Let's Shine" diartikan sebagai semangat olahraga yang kuat, muda, dan cerah. Lagu ini akan dibawakan pada fase akhir upacara pembukaan dari berbagai penyanyi papan atas Vietnam semodel Hong Hung, Tung Duong, Bui Cong Duy, dan Linh Nga.

Sebelum kontingen dari peserta SEA Games 2021 memasuki lapangan, sejumlah pertunjukan bakal lebih dulu digelar seperti ratusan pohon bambu, performance art mapping dan teknologi AR, tarian jiwa teratai, penampilan topi kerucut, dan membentuk simbol huruf S.

Begitu para kontingen memasuki lapangan,bendera Vietnam dan bendera SEA Games 2021 dikibarkan. Atlet tuan rumah, Vu Thanh An lalu akan mengambil sumpah atas nama atlet SEA Games 2021.

Obor pesta olahraga Asia Tenggara ke-31 itu bakal dinyalakan oleh sejumlah atlet Vietnam. Citra solidaritas, multikulturalisme, dan multietnis akan disuguhkan di akhir upacara pembukaan.

Ketika api suci SEA Games 2021 berkobar, lagu "Let's Shine" menggema dengan penampilan maskot SEA Games, Sao La, yang dijuluki "Unicorn Asia". Pesta kembang api bakal menjadi sajian penutup upacara pembukaan.

5 dari 5 halaman

Simak Liputan-Liputan Menarik SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer