Sukses


SEA Games 2021: Kekecewaan Hendro Yap usai Gagal Sumbangkan Emas dari Nomor Jalan Cepat

Bola.com, Jakarta - Atlet jalan cepat senior Indonesia, Hendro Yap, gagal finis dengan catatan waktu tercepat pada ajang SEA Games 2021. Kekecewaan tak mampu ditutupinya usai perlombaan.

Sebagai satu-satunya atlet Indonesia yang berlaga pada final Jalan Cepat 20km, Hendro Yap diapit oleh tiga pasang atlet lainnya. Yakni dari Thailand, Myanmar, dan Vietnam.

Meski demikian, Hendro Yap tampil impresif. Ia bahkan sempat memimpin catatan waktu tercepat walau akhirnya harus rela finis kedua lantaran beragam penalti dari wasit.

"Kecewa ya pastinya tapi inilah pertandingan di jalan cepat. Tadi juga bisa dilihat, sebenarnya kita sudah memimpin satu setengah menit di depan dan ternyata di lap terakhir tuan rumah sangat ingin mengincar medali dan saya diberikan peringatan sekitar dua menit," ujar atlet yang sudah 11 tahun malang melintang di dunia atletik Asia ini.

Hendro Yap finis kedua tercepat dengan catatan waktu 1 jam 35 menit 21 detik. Adapun emas SEA Games 2021 nomor jalan cepat 20km diraih atlet Vietnam, Vinh Vo Xuan, dengan waktu 1 jam 32 menit 32 detik.

 

2 dari 5 halaman

Tetap Senang

Kendati gagal menyumbangkan emas buat Indonesia, Hendro Yap tetap senang bisa membantu memberikan sumbangsih pada SEA Games 2021.

Apalagi ia mengetahui rekannya ada yang meraih emas, sehingga ia mendedikasikan sumbangsih perak ini khusus kepadanya.

"Ada rasa senang juga karena teman saya (peraih medali emas) karena ini SEA Games terakhirnya dia dan ini yang bisa saya persembahkan untuk dia untuk terakhir kalinya," ujarnya lagi.

 

3 dari 5 halaman

Tidak Puas

Kekecewaan Hendro Yap tak mampu disembunyikannya. Apalagi ia merasa kalau ada yang aneh selama berjalannya perlombaan.

"(Penalti) Itu biasa, cuma kan tadi pelatih saya itu bingung kok Vietnam enggak dapet kartu. Padahal pada saat pertandingan dia nempel saya dan ada lima pelanggaran dan sama sekali dipapan dituliskan dia mendapatkan pelanggaran."

"Sedangkan saya mendapat tiga, ketiganya ditempel di papan dan dapat pit line sekitar dua menit lebih. Jadi kelihatan sekali tuan rumah ingin mendapat emas jalan cepat di nomor putra," keluhnya lagi.

4 dari 5 halaman

Hasil Lainnya

Sementara itu, Agus Prayogo, harus puas meraih medali perak dari cabang olahraga atletik nomor maraton SEA Games 2021. Agus finis di urutan kedua dengan catatan waktu 2 jam 25 menit 37,13 detik.

Agus Prayogo kalah dari atlet Vietnam, Nguyen Thanh Hoang. Nguyen berhasil mengamankan medali emas dengan catatan waktu 2 jam 25 menit 07,84 detik.

Adapun medali perunggu cabor atletik nomor maraton SEA Games 2021 diraih atlet Thailand, Tony Ah-Thit Payne, yang finis dengan torehan waktu 2 jam 26 menit 39,66 detik.

Sedangkan Odekta Elvina Naibaho berhasil mendapatkan medali emas SEA Games 2021 dari cabang olahraga atletik nomor maraton. Bertanding di My Dinh Stadium, Kamis (19/5/2022) pagi WIB, Odekta Elvina berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 2 jam 55 menit 27,2722 detik.

5 dari 5 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer