Sukses


Rahasia Tulisan di Secarik Kertas dan Motivasi Odekta Naibaho Meraih Medali Emas SEA Games 2021

Bola.com, Hanoi - Pelari Indonesia, Odekta Elvina Naibaho, mempersembahkan medali emas SEA Games 2021 dari nomor marathon, Kamis (19/5/2022). Ada yang menarik, saat perayaan juara Odekta Naibaho membawa secarik tulisan yang disebutnya sebagai pemberi motivasi.

Ada cerita di balik kesuksesan Odekta Naibaho meraih medali emas SEA Games 2021. Malam sebelum bertanding, Odekta Naibaho menuliskan kata-kata untuk memotivasinya yang berisi 'Akhirnya, impianku selama ini terwujud, mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia. Terima kasih ayah ibu atas doa restumu.'

Tulisan sederhana yang dilengkapi kedua foto orang tua ternyata menjadi jimat yang ampuh. Odekta Naibaho meraih medali emas SEA Games 2021 setelah finis dengan catatan waktu 2 jam 25 menit 8 detik.

"Sejak pengalaman jatuh pada SEA Games 2019, saya percaya Tuhan menolong saya dan tak akan menjatuhkan saya untuk kedua kalinya. Jadi, saya optimistis jadi pemenang yang sesungguhnya hari ini. Makanya saya siapkan tulisan itu," kata Odekta Naibaho.

Medali emas SEA Games 2021 menjadi penebusan kekalahan Odekta Naibaho yang gagal pada 2019. Odekta Naibaho membuktikan mampu meraih medali emas dengan mengalahkan Christine Hallasgo (Filipina) dan Hoang Thi Ngoc Hoa (Vietnam).

"Puji Tuhan. Tuhan mengiijinkan saya menginjakkan kaki di sini dan doa saya adalah ingin menebus dosa saya di Filipina. Mindset saya hari ini adalah menebus dosa. Saya ingin memperbaiki kesalah saya yang sebelumnya," ucap Odekta Naibaho.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Beri Pembuktian

Odekta Naibaho juga mengaku puas bisa memberikan pembuktikan berupa medali emas SEA Games 2021 kepada orang tuanya. Maklum, kedua orang tua tak memberikan dukungan bagi Odekta Naibaho untuk berkarier sebagai atlet.

"Kenapa saya tulis dan bawa fotonya, karena dulu saya mengenal olahraga ini dan orang tua saya kurang setuju. Ini jadi pembuktian saya bahwa lagu indonesia raya berkumandang adalah puncak dari pencapaian saya," ucap Odekta Naibaho.

"Saya ingin berterima kasih kepada ayah dan ibu saya yang akhirnya menerima saya sebagai atlet. Mengumandangkan Indonesia Raya adalah kepuasan yang tidak bisa dibayar dengan apapun," tegas putri dari pasangan Martin Naibaho dan Nurcahaya Manalu itu.

3 dari 5 halaman

Kunci Kemenangan

Odekta Naibaho mengaku, perjuangannya dalam meraih medali emas SEA Games 2021 tak mudah. Odekta sempat mengalami kram pada dua lap terakhir, namun semuanya dihiraukannya berkat tekad yang kuat dalam mengontrol diri.

"Yang pertama ada kram pada dua lap terakhir. Kemudian pengalaman emosional," ucap Odekta Naibaho.

"Sebenarnya waktunya agak lambat, akan tetapi saya tetap harus mengontrol diri. Ternyata pemenang sesungguhnya harus mampu mengontrol diri dan itu saya terapkan dan berhasil," ujar Odekta Naibaho.

4 dari 5 halaman

Kekuatan Doa

Odekta Naibaho juga yakin, kekuatan doa kedua orang tuanya punya peran dalam kesuksesan meraih medali emas SEA Games 2021. Itulah yang membuatnya bisa berlari dan menyelesaikan pertandingan sebagai yang terdepan.

"Doa orang tua yang paling mujarab di atas segalanya. Selain orang tua, ada pelatih yang diangap orang tua juga. Saya percaya doa mereka melindungi dan memberi energi positif," ucap Odekta Naibaho.

"Sepanjang rute juga saya senyum meski ada keram. Saya ingin memberikan dampak positif itu juga kepada masyarakat jadi di balik kesuksesan itu ada pengrobanan dan doa-doa orang yang disayang," ucap Odekta Naibaho.

5 dari 5 halaman

Simak Berita SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer