Sukses


5 Penyebab Sering Pingsan saat Olahraga yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pingsan adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran yang mendadak dan biasanya hanya sementara. Penyebab seseorang pingsan sangat bervariasi, mulai penyebab yang ringan hingga berat.

Biasanya, seseorang yang akan pingsan memiliki beberapa gejala, seperti tampak pucat, berkeringat dingin, nadi lambat dan lemah, serta tekanan darah turun.

Pingsan bisa terjadi dalam keadaan bagaimana saja, termasuk saat sedang berolahraga. Hal tersebut yang biasanya membuat seseorang enggan berolahraga.

Maka itu, penting mengetahui penyebab seseorang bisa pingsan saat olahraga. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih waspada sehingga tidak lagi pingsan saat berolahraga.

Ada beberapa penyebab seseorang sering pingsan saat sedang berolahraga. Jika telah menghindari penyebab pingsan saat olahraga, tetapi tetap mengalaminya, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter.

Berikut ini beberapa penyebab seseorang sering pingsan saat berolahraga, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (20/5/2022). 

2 dari 6 halaman

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab umum mengapa seseorang pingsan saat olahraga. Itulah mengapa, selalu sediakan air putih yang cukup untuk mengembalikan cairan yang hilang.

Setelah olahraga selesai, jangan lupa juga untuk minum air putih lebih banyak agar energi tubuh bisa kembali optimal.

3 dari 6 halaman

2. Tidak Mengatur Napas dengan Baik

Ketika olahraga, aliran darah dan oksigen akan lebih banyak menuju otot. Jika hal ini tidak dikompensasi dengan pengaturan napas yang baik, bukan tidak mungkin tubuh akan kekurangan pasokan oksigen.

Tubuh yang kekurangan oksigen dapat mencetuskan keluhan kliyengan, bahkan penurunan kesadaran hingga pingsan.

4 dari 6 halaman

3. Memaksakan Diri untuk Olahraga

Terlalu memaksakan diri dapat menjadi penyebab pingsan saat olahraga. Olahraga yang melebihi kapasitas tubuh bisa menurunkan tekanan darah dan memicu dehidrasi sehingga pelakunya bisa pingsan.

Maka itu, hindari memaksakan diri untuk berolahraga jika sudah lelah. Hindari juga olahraga yang melebihi kapasitas tubuh agar Anda tidak malah mengalami efek buruk setelahnya.

5 dari 6 halaman

4. Gula Darah Rendah

Melansir Healthline via Klikdokter, saat Anda berolahraga, otot akan menggunakan lebih banyak energi daripada biasanya. Selama 15 menit pertama latihan, tubuh menggunakan gula (glukosa) untuk memasok energi tersebut.

Setelah beberapa saat selanjutnya, kadar gula darah akan menurun sehingga memaksa tubuh untuk menggunakan sumber energi lain.

Jika kondisi tersebut terus berlanjut, kadar gula darah Anda bisa sangat rendah. Kondisi yang dikenal dengan istilah hipoglikemia inilah yang membuat pusing, dan penurunan kesadaran hingga pingsan.

6 dari 6 halaman

5. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi juga bisa menjadi alasan mengapa Anda sering pingsan saat olahraga.

Untuk mencegah kondisi tersebut, Anda mesti bijak mengatur waktu olahraga dan istirahat agar tidak timpang.

Jika Anda merasa sudah mulai pusing dan lemas saat olahraga, lebih baik istirahatkan tubuh selama beberapa saat. Sambil melakukannya, minumlah air putih dalam jumlah cukup, dan atur napas Anda dengan saksama.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/8/2021)

Video Populer

Foto Populer