Sukses


Markas Jurnalis di SEA Games 2021 Vietnam: Nyaman dan Aman, tapi Sepi dan Nihil Makanan

Bola.com, Hanoi - Umumnya, denyut pemberitaan setiap pesta olahraga atau turnamen berada di Media Press Centre (MPC), termasuk di SEA Games 2021.

Markas bagi para jurnalis itu seharusnya menjadi tempat memproduksi informasi terhadap publik.

Tapi, situasi di SEA Games 2021 justru sebaliknya. MPC yang berlokasi di Vietnam National Convention Center, Hanoi terlihat sepi hampir dalam setiap harinya.

Vietnam National Convention Center adalah pusat konvensi megah di Hanoi yang mempunyai sejumlah aula. Ruangan utamanya dapat menampung 1800 orang.

Sementara MPC, terletak di lantai tiga Vietnam National Convention Center dengan kapasitas sekitar 240 orang.

Kegiatan jurnalis di SEA Games 2021 malah tidak terpusat di MPC. Para awak media lebih dominan mempublikasikan laporannya di venue-venue cabang olahraga (cabor) di Hanoi dan sekitarnya.

2 dari 6 halaman

Jarak Antar-Venue Jauh

Maklum, jarak antargelanggang SEA Games 2021 cukup jauh. Dari MPC ke arena cabor sepak bola di Viet Tri dan Phu Tho misalnya, dapat memakan waktu perjalanan selama 1,5-2 jam.

"Di venue cabor, sudah ada media center juga. Fasilitas penunjangnya pun ada, seperti wifi. Tidak jauh berbeda dengan MPC," kata Abdul Susila, wartawan dari media nasional di Indonesia kepada Bola.com.

"Jika harus kembali ke MPC, tidak fleksibel. Jarak dari venue ke venue kan lumayan jauh. Kecuali untuk wartawan surat kabar. Waktunya lebih panjang dan bisa bekerja di MPC," kata lelaki yang karib dipanggil Picing itu.

3 dari 6 halaman

Bangku Kosong

Deretan bangku kosong terlihat di MPC pada Jumat (20/5/2022) siang waktu setempat. Para jurnalis lebih memilih untuk bertahan di venue ketimbang bekerja di MPC.

Fasilitas di MPC pun minim. Wifi dan AC sudah pasti ada. Lainnya, hanya ada dua kulkas minuman yang menyediakan air mineral dan teh kemasan, tanpa tersedia makanan baik ringan maupun berat.

4 dari 6 halaman

MPC Asian Games Jakarta The Best!

Kondisi ini berbalik 180 derajat ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. MPC yang dipusatkan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat cukup memanjakan awak media.

Selain kapasitasnya yang sangat besar, MPC di Asian Games 2018 juga menyediakan konsumsi makanan seperti nasi goreng, soto, camilan, mie instan dalam kemasan hingga snack yang persediannya tidak terbatas.

MPC Asian Games 2018 juga selalu ramai karena venue cabang olahraga terpusat di Senayan. Kalau pun jurnalis harus bolak-balik dari venue luar Senayan, seperti Kemayoran, velodrome, Bekasi, atau Bogor, jaraknya tidak terlalu jauh.

5 dari 6 halaman

Klasemen Medali

6 dari 6 halaman

Laporan Bola.com dari Hanoi

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer