Sukses


Cerita Bola.com di SEA Games 2021: Saling Bantu Saat Bekerja meski Mendukung Tim yang Berbeda

Bola.com, Hanoi - Selama gelaran SEA Games 2021 yang digelar di Vietnam, begitu banyak jurnalis dari berbagai negara Asia Tenggara yang hadir mendampingi perjuangan kontingennya masing-masing. Meski melakukan tugas masing-masing, menghasilkan berita perjuangan kontingen masing-masing, perbincangan jurnalis antarnegara pun menjadi keseharian selama di Vietnam.

Wartawan Vietnam yang menjadi tuan rumah SEA Games 2021, kemudian Indonesia dan Malaysia, kerap terlihat di semua venue pertandingan SEA Games 2021. Dari pantauan Bola.com, ketiga negara itu memang mengerahkan awak media terbanyak selama SEA Games berlangsung.

Berada di negara yang sama dan memiliki tujuan yang sama, yaitu meliput perjuangan atlet di SEA Games 2021, jurnalis dari negara berbeda kerap saling membantu. Bertukar informasi yang dibutuhkan dan menjadi narasumber pemberitaan adalah bentuk dari sikap saling membantu.

Tidak jarang untuk memberikan laporan yang lengkap mengenai perjuangan atlet negaranya di SEA Games 2021, informasi mengenai atlet yang dihadapi juga penting untuk disajikan.

 

 

2 dari 6 halaman

Berbagi Informasi

Mendapatkan informasi tersebut dari sesama jurnalis menjadi jalan ninja tercepat di sela-sela kesibukan memantau terus perolehan medali yang diraih sepanjang bergulirnya SEA Games 2021.

Misalnya yang terjadi saat konferensi pers perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games 2021 antara Malaysia dengan Timnas Indonesia U-23 yang digelar pada Sabtu (21/5/2022) siang waktu setempat.

Jurnalis Malaysia bertanya kepada Bola.com mengenai nama-nama pemain Timnas Indonesia U-23 yang harus absen dalam pertandingan itu. Kebetulan, tiga pemain tim berjulukan Garuda Muda itu dikartu merah ketika melawan Thailand.

Firza Andika, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya memang tak bisa tampil melawan Malaysia karena diusir wasit tatkala Tim Garuda Muda kalah 0-1 dari Thailand di semifinal, Kamis (19/5/2022).

3 dari 6 halaman

Jadi Narasumber Pemberitaan

Berulang kali Bola.com juga diberikan kepercayaan untuk menjadi narasumber oleh wartawan Vietnam. Rata-rata jurnalis media dari tuan rumah itu meminta pendapat dan prediksi mengenai perjalanan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Saat itu, tentu Bola.com menegaskan bahwa Timnas Indonesia U-23 tak hanya akan melaju hingga semifinal, tapi akan berada di laga puncak SEA Games 2021. Sayangnya, kenyataan yang ada kini tak sesuai ekspektasi tersebut.

Dari semua kesempatan menjadi narasumber tersebut, Bola.com melihat ada dua wawancara dimuat di media Vietnam, masing-masing Bao Chin Pu dan Soha.

Sekadar informasi, Bao Chin Phu merupakan media online milik Pemerintah Vietnam, seperti Antara di Indonesia.

4 dari 6 halaman

Alasan Media Vietnam Rajin Beritakan Timnas Indonesia

Dalam kesempatan tersebut, Bola.com juga mempertanyakan rasa penasaran yang salama ini ada, yaitu mengenai begitu masif dan rutinnya media Vietnam memberitakan tentang Timnas Idonesia, baik tim senior di Piala AFF maupun U-23 di SEA Games.

"Saya pikir jawabannya cukup mudah. Vietnam maupun Indonesia memiliki penggemar yang begitu mencintai sepak bola. Kedua negara ini memiliki tim yang kuat di ASEAN dan memiliki histori yang bagus satu sama lain," ujar Phong Nguyen, jurnalis dari Soha.

"Fans Vietnam juga peduli dengan sepak bola Indonesia, sama seperti bagaimana mereka memperhatikan tim lain di Asia Tenggara. Sebab, mereka semua menjadi lawan dari Vietnam," lanjutnya.

5 dari 6 halaman

Timnas Indonesia Dianggap Tim Kuat di ASEAN

Phon Nguyen juga mengungkapkan apa yang membuatnya senang melihat pertandingan yang melibatkan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

"Bagi saya, Timnas Indonesia U-23 selalu layak ditonton. Mereka adalah tim yang kuat di ASEAN, dengan gaya permainan yang unik, kekuatan fisik yang baik, kecepatan, dan dedikasi yang baik," ujarnya.

"Ketika Anda bertemu dengan lawan yang begitu kuat, Anda akan selalu tertarik dengan mereka. Bagaimana keadaan para pemainnya, dan apakah pelatih mereka mengatakan sesuatu."

"Orang Vietnam merasa akrab dengan Indonesia. Sebagian besar karena sepak bola, sebab kami sudah bertemu di banyak turnamen," lanjutnya.

Jadi, begitu masifnya pemberitaan mengenai Timnas Indonesia di media Vietnam tak lepas dari kualitas Tim Garuda yang memang diakui oleh masyarakat dari Negeri Paman Ho itu.

6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Khusus konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer