Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Cocok buat Orang Introvert

Bola.com, Jakarta - Olahraga menjadi satu di antara aktivitas yang tidak boleh dilewatkan siapa saja. Selain bermanfaat untuk kesehatan, rutin berolahraga berdampak pada kebugaran tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat, olahraga terkadang masih menjadi kendala bagi sebagian orang. Seseorang yang memiliki kepribadian introvert atau tertutup biasanya kurang nyaman berolahraga di tempat ramai.

Orang yang memiliki kepribadian introvert biasanya lebih suka menyendiri dan tidak suka bertemu banyak orang. Jadi, saat harus berinteraksi dengan banyak orang, orang introvert mungkin akan sedikit bicara atau sekadarnya saja.

Maka itu, seseorang dengan kepribadian introvert membutuhkan jenis olahraga yang tidak melibatkan interaksi dengan banyak orang.

Bagi Anda yang merasa memiliki kepribadian introvert, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan. Apa saja olahraga yang cocok untuk orang introvert?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis olahraga yang cocok untuk orang introvert, dilansir dari Fitnes Magazine via Liputan6, Jumat (17/6/2022).

2 dari 5 halaman

1. Yoga

Yoga bisa menjadi satu di antara pilihan paling tepat untuk seseorang yang ingin menyehatkan tubuh serta pikiran. Gerakan yoga tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih rileks, tetapi pikiran juga jadi lebih tenang.

Latihan yoga cocok untuk mereka yang memiliki sifat introvert karena yoga cenderung dilakukan di tempat yang tenang dan dengan musik yang menenangkan. Pilihlah jenis yoga yang paling cocok dengan tujuan dan kebutuhan tubuh.

3 dari 5 halaman

2. Pilates

Berbeda dengan senam lainnya, pilates lebih berfokus pada latihan otot perut. Bila diikuti dengan benar, pilates memiliki risiko cedera yang lebih rendah ketimbang olahraga lainnya.

Bila ingin mendapatkan banyak manfaat dari pilates, biasakan untuk melatih pernapasan Anda. Hal tersebut akan membantu memperkuat otot dan melindungi tulang punggung bagian bawah.

Metode yang digunakan dalam pilates terdiri dari gerakan ketahanan dan kekuatan otot, serta latihan fleksibilitas. Perasaan rileks setelah berolahraga pilates disukai oleh mereka yang memiliki kepribadian introvert.

4 dari 5 halaman

3. High Intensity Interval Training (HIIT)

Olahraga dan latihan jenis ini dipercaya dapat membakar kalori lebih efektif. Latihan ini dilakukan dengan meningkatkan kecepatan dan intensitas olahraga hingga maksimal, kemudian kembali ke kecepatan yang sesuai kenyamanan setiap orang.

Hal ini dilakukan secara berulang. Secara sederhana, latihan HIIT seperti berlatih sepeda statis. Menariknya, olahraga jenis ini dapat dilakukan secara sendirian. Tidak heran, mereka yang introvert menyukai latihan jenis ini.

5 dari 5 halaman

4. Renang

Kolam renang bisa menjadi satu di antara tempat pilihan bagi mereka yang introvert untuk mengekspresikan kebebasan. Hal ini dikarenakan saat berada di dalam air, Anda hanya akan mendengar suara air.

Sensasi kesunyian dan tenang serta bebas dari suara lainnya membuat renang cocok bagi para introvert. Renang dapat menjadi cara yang tepat untuk memusatkan diri dengan pikiran sembari melakukan gerakan berulang yang menenangkan.

 

Sumber Asli: Fitnes Magazine

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Sulung Lahitani. Editor: Yulia Lisnawati/Reza Deni Saputra. Published: 5/4/2018)

Dapatkan artikel dari bertema olahraga lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer