Sukses


7 Manfaat Olahraga Senam Lantai bagi Kesehatan Tubuh yang Harus Diketahui

Bola.com, Jakarta Senam lantai atau floor exercise merupakan satu di antara jenis cabang olahraga senam yang cukup populer di dunia.

Senam lantai bisa dilakukan tanpa batasan usia dan jenis kelamin, baik kalangan anak-anak sampai dewasa, pria maupun wanita.

Dalam praktiknya, senam lantai dilakukan di atas matras. Matras berperan sebagai alat bantu utama senam lantai yang berfungsi mengurangi risiko terjadinya kecelakaan ketika melakukan gerakan.

Jenis-jenis gerakan senam lantai meliputi gerakan mengguling, melompat, menolak dengan tangan atau kaki, bertumpu pada tangan atau kaki, dan lain sebagainya.

Jika disimak secara saksama, olahraga ini terlihat aman dilakukan. Meski begitu, senam lantai bisa dikatakan olahraga ekstrim karena memerlukan keterampilan yang ekstra dengan menonjolkan gerakan yang indah, rumit luwes, seimbang, dan kelenturan.

Terlepas dari itu, selain melatih ketangkasan fisik, senam lantai memberikan beragam manfaat positif untuk kesehatan, sama seperti olahraga pada umumnya.

Berikut ini sederet manfaat olahraga senam lantai bagi kesehatan tubuh yang harus diketahui, dikutip dari laman Mayoclinic dan Healthline, Rabu (22/6/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Senam Lantai bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Rutin melalukan senam lantai bisa membuat berat badan turun. Hal ini karena banyak kalori yang terbakar selama gerakan senam dilakukan. Keseimbangan motorik dan sensorik Anda juga akan terlatih dengan sendirinya.

2. Obat Depresi

Jika Anda sering mengalami depresi, maka senam lantai bisa menjadi solusinya. Senam lantai terbukti bisa menjadi antidepresan yang baik bagi tubuh dan pikiran. Hal ini karena hormon endorfin atau hormon bahagia meningkat saat melakukan gerakan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Senam Lantai bagi Kesehatan Tubuh

3. Melatih Disiplin

Rutin melakukan senam lantai juga bisa melatih kedisiplinan. Mengingat senam lantai memiliki banyak gerakan yang susah, maka setiap orang harus berkonsentrasi penuh dan disiplin dalam latihan. Ini diperlukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bugar dan ideal.

4. Melatih Koordinasi Anggota Tubuh

Gerakan senam lantai bisa melatih kombinasi dan koordinasi anggota tubuh Anda. Ini berguna untuk meminimalisir cedera yang dapat melukai tulang dan otot. Pastikan melakukan gerakannya dengan benar supaya hasilnya lebih maksimal.  

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Senam Lantai bagi Kesehatan Tubuh

5. Menyehatkan Tulang

Senam lantai bisa menambah kekuatan otot tulang Anda. Semakin sering berlatih, maka manfaat yang didapatkan akan semakin banyak. Menurut studi penelitian, senam lantai terbukti bisa mengurangi risiko cedera.

6. Meningkatkan Fleksibilitas

Gerakan senam lantai bisa membuat otot tubuh menjadi lebih kencang. Manfaat ini jarang didapatkan pada jenis olahraga lainnya. Namun, pastikan Anda melakukan peregangan dan pemanasan terlebih dahulu agar otot tidak menjadi kaku.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat bisa didapat jika Anda rutin melakukan senam. Jadwalkan 3-4 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Sebagai bonus, senam lantai juga dapat memperbaiki postur tubuh Anda.

 

Sumber: Mayoclinic, Healthline

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer