Sukses


5 Manfaat Menulis untuk Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Menulis adalah kegiatan dengan sejuta manfaat. Hanya, bagi sebagian orang, menulis dianggap hanya kebiasaan yang membuang-buang waktu dan menjemukan. Padahal, banyak penelitian yang membuktikan menulisĀ memiliki dampak positif, khususnya bagi kesehatan mental.

Seperti diketahui, kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk dijaga. Memiliki mental yang sehat adalah kunci untuk hidup yang lebih bahagia dan produktif.

Maka, Anda perlu mencoba mulai menulis untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Contohnya, Anda bisa menjaga kesehatan mental dengan rutin menulis buku harian.

Diketahui juga, menulis disebut-sebut memiliki manfaat terapetik untuk pasien kanker dan depresi.

Berikut ini beberapa manfaat menulis untuk kesehatan mental, yang jarang diketahui, dikutip dariĀ Intermountainhealthcare, Senin (27/6/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Menulis untuk Kesehatan Mental

1. Mengurangi Stres

Stres yang berlebihan dapat merusak kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Untuk mengurangi masalah ini, cobalah menulis.

Secara tidak langsung menulis bisa mengurai "benang kusut" yang ada dalam pikiran. Hal ini membantu Anda dalam mengurangi overthinking.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menulis selama 15-20 menit sehari selama empat bulan sudah cukup untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi hati.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menulis bisa memperkuat kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit tertentu. Orang yang terbiasa menulis secara ekspresif tentang yang ia rasakan dapat bantu memperkuat sel-sel kekebalan tubuh.

Bahkan, menulis juga bisa mengurangi gejala asma dan rheumatoid arthritis. Selain itu, menulis mampu meningkatkan fungsi hati dan paru-paru.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menulis untuk Kesehatan Mental

3. Mengasah Memori

Manfaat berikutnya dari menulis adalah mengasah kemampuan otak dalam mengingat. Tidak hanya meningkatkan memori dan pemahaman, menulis juga bisa mengasah kemampuan kognitif Anda.

Perkembangan kognitif adalah kemampuan seseorang dalam berpikir dan mengolah informasi yang cukup rumit. Di sisi lain, menulis diyakini dapat menurunkan level stres. Hasilnya cukup positif, yakni daya ingat mereka meningkat begitu juga dengan fungsi kecerdasan lainnya.

4. Meningkatkan Mood

Hal ini mungkin sudah banyak diketahui, dengan menulis Anda dapat mengembalikan suasana hati dan memperbaiki mood.

Selain itu, menulis bisa menjadi sarana untuk jujur kepada diri sendiri, sarana untuk membicarakan hal-hal positif kepada diri sendiri, atau sarana untuk menuliskan hal-hal apa saja yang perlu Anda perbaiki. Dengan menulis, Anda memiliki bukti fisik dan bisa digunakan sebagai pengontrol perasaan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menulis untuk Kesehatan Mental

5. Meningkatkan Kesehatan Emosional

Menulis memiliki manfaat untuk kesehatan emosional karena mampu membantu otak mengatur emosi dalam diri. Emosi tidak hanya amarah, tetapi juga rasa bahagia dan sedih.

Saat seseorang menuliskan yang ia rasakan, ia akan merasa lega sehingga tidak ada lagi sesuatu yang mengganjal dalam hatinya.

Ā 

Sumber: Intermountainhealthcare

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer