Sukses


Jenis Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Pengidap Asam Urat

Bola.com, Jakarta - Melakukan olahraga bagi Anda pengidap asam urat cukup penting dilakukan. Jika orang yang memiliki asam urat tidak berolahraga, sendi-sendi yang tidak digerakkan akan menjadi lebih kaku dan otot akan menjadi lebih lemah.

Melakukan olahraga dapat mengurangi nyeri akibat asam urat yang Anda derita. Selain itu, olahraga yang dibarengi dengan diet sehat dapat membantu Anda menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal.

Perlu diketahui, turunnya berat badan dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Untuk itu, bagi Anda pengidap asam urat, tidak ada halangan untuk tidak melakukan olahraga.

Namun, perlu diperhatikan bagi pengidap asam urat sebaiknya memilih jenis olahraga yang tepat dan sesuai kemampuan.

Bagi Anda pengidap asam urat yang ingin berolaraga, di bawah ini ada beberapa olahraga yang aman untuk dilakukan.

Berikut ini jenis olahraga yang aman dan cocok untuk pengidap asam urat, dikutip dari laman Springchicken dan Goutandyou, Sabtu (2/7/2022).

2 dari 4 halaman

Jenis Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Pengidap Asam Urat

1. Aerobik

Latihan kardiovaskular membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen untuk metabolisme asam dalam tubuh. Kebanyakan latihan aerobik juga akan memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah.

2. Berenang

Jenis olahraga yang cocok untuk pengidap asam urat selanjutnya adalah berenang. Berenang merupakan aktivitas fisik terbaik untuk pengidap asam urat karena latihan ini tidak menekan sendi-sendi.

Berenang akan membuat lutut yang mengalami nyeri akan melepaskan stres karena terbebas dari tugasnya dalam menopang berat badan dan dalam waktu yang sama menyebabkan seluruh tubuh ikut bergerak. Saat berenang, hindari gerakan yang terlalu fokus pada gerak lutut, seperti gaya dada.

3 dari 4 halaman

Jenis Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Pengidap Asam Urat

3. Yoga

Yoga merupakan satu di antara olahraga yang sangat bermanfaat untuk orang dengan asam urat. Gerakan yoga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh.

Selain itu, yoga dapat mengelola pikiran menjadi lebih tenang dan memungkinkan Anda untuk tidur lebih nyenyak dan merasa lebih bersemangat.

4. Menari

Selain dapat menghilangkan stres, menari terbukti dapat membantu mengurangi nyeri yang ditimbulkan dari reaksi peradangan akibat tingginya kadar asam urat.

5. Bersepeda

Jenis olahraga yang cocok untuk pengidap asam urat yang kelima adalah bersepeda. Bersepeda termasuk olahraga yang tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh atau low impact.

Jenis olahraga ini juga cocok bagi Anda yang menderita nyeri sendi lutut karena tidak meningkatkan kadar stres pada lutut.

4 dari 4 halaman

Jenis Olahraga yang Aman dan Cocok untuk Pengidap Asam Urat

6. Melakukan Peregangan

Jenis olahraga yang cocok untuk pengidap asam urat berikutnya adalah rutin melakukan peregangan atau stretching. Peregangan akan dapat membantu fleksibilitas serta kekuatan otot.

7. Naik Turun Tangga

Naik dan turun tangga dapat menjadi olahraga untuk asam urat yang tergolong mudah dilakukan. Selain bisa langsung dikerjakan di dalam rumah, aktivitas ini merupakan jenis olahraga yang tidak memerlukan peralatan.

Lakukan aktivitas ini kurang lebih 10-15 menit untuk membantu menguatkan persendian di tubuh Anda.

 

Sumber: Springchicken, Goutandyou

Dapatkan artikel olahraga berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer