Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Dapat Meningkatkan Energi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Saat menjalani aktivitas yang padat tubuh biasanya sering terasa lelah, lesu, dan kurang energi. Maka itu, penting memiliki cadangan energi dalam tubuh.

Beragam cara bisa dilakukan untuk meningkatkan energi dalam tubuh, seperti dengan mengonsumsi berbagai makanan bernutrisi. Tidak hanya itu, olahraga juga bisa meningkatkan energi.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Dengan berolahraga, tubuh menjadi sehat, bugar, dan lebih berenergi.

Jadi, melakukan olahraga secara rutin dan teratur, bisa membuat seseorang mendapatkan energi yang cukup untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut tentu penting bagi orang-orang yang sering lelah setelah beraktivitas.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan energi. Penting mengetahui jenis-jenis olahraga tersebut.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis olahraga yang bisa meningkatkan energi tubuh, dilansir dari Verywell Fit via Merdeka, Selasa (5/7/2022).

2 dari 6 halaman

Jalan Kaki

Meski tidak memerlukan peralatan khusus, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang efektif hanya dengan jalan kaki selama 30 menit dengan intensitas kecepatan sedang.

Latihan ini bisa membantu meningkatkan energi dan vitalitas, sekaligus melepaskan hormon mirip dengan endorfin dalam tubuh.

Hal ini bisa menjadi satu di antara cara untuk mengatasi tubuh yang sering kelelahan atau lesu setelah beraktivitas.

3 dari 6 halaman

Yoga

Luangkan waktu selama 30 menit untuk melakukan gerakan peregangan yoga seperti vinyasa dengan beberapa pose meliputi plank, lutut, dada, dagu, cobra, dan downward-facing dog.

Gaya vinyasa ini biasanya dikenal dengan salam matahari. Gaya tersebut bermanfaat untuk meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Dengan melakukan latihan yoga secara rutin, bukan hanya tubuh saja yang sehat dan bugar, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional yang lebih baik.

Meski hanya melibatkan gerakan ringan, latihan ini efektif untuk mengatasi tubuh yang berenergi rendah dan sering kelelahan.

4 dari 6 halaman

Tai Chi

Tai chi adalah latihan berdampak rendah dengan menggabungkan gerakan lambat dan pola pernapasan dalam. Olahraga ini juga disebut dengan gerakan seni bela diri yang berguna untuk meningkatkan energi tubuh dengan baik.

Saat Anda melakukan tai chi, berikan fokus pada napas dalam yang masuk dan keluar dari tubuh, lalu rasakan sensasi yang terjadi. Gerakan melingkar tai chi juga sangat baik untuk membuat otot-otot tubuh lebih rileks.

Untuk memulai latihan tai chi, lakukan pemanasan dengan lingkaran bahu, goyang ke depan dan ke belakang untuk mengendurkan otot Anda.

Kemudian pindah ke tai chi bentuk pendek, ini gerakan yang lebih kecil, lebih lambat dan bagus untuk pemula. Anda bisa melakukan latihan ini selama 30 hingga 45 menit setiap hari.

5 dari 6 halaman

Berenang dan Berjalan Ringan

Berenang dan berjalan ringan juga termasuk jenis olahraga untuk meningkatkan energi. Berenang dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental yang baik bagi pria maupun wanita.

Selain itu, olahraga ini dapat membantu Anda mendapatkan energi yang cukup sehingga tubuh lebih sehat dan bugar untuk menjalani aktivitas keseharian. Anda bisa memulai melakukan latihan ini dengan berenang dua kali sepanjang kolam untuk pemanasan.

Kemudian berjalanlah di dalam air sepanjang kolam selama 10 menit. Setelah itu, lanjutkan dengan berenang selama 10 menit.

Terakhir, lakukan pendinginan dengan berenang dua kali panjang kolam secara lambat. Sebelum melakukan latihan ini, ahli menyarankan untuk mandi atau membilas tubuh terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum masuk kolam.

6 dari 6 halaman

Mendayung

Mendayung merupakan aktivitas berdampak rendah yang sangat baik untuk melatih persendian. Latihan ini juga memungkinkan Anda untuk mengontrol kecepatan, tingkat energi, dan output atau hasil yang diinginkan.

Selain berguna untuk kesehatan sendi, latihan ini efektif untuk meningkatkan energi tubuh dengan baik. Cukup dengan latihan selama 30 menit dengan 22 gerakan dayung per menit, Anda bisa mendapatkan manfaat ini.

Saat ini sudah tersedia alat fitness mesin dayung yang memudahkan Anda untuk melakukan latihan ini. Dengan begitu, Anda bisa berolahraga di rumah dengan lebih nyaman dan mudah.

 

Sumber asli: Verywell Fit

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Ayu Isti Prabandari. Published: 23/8/2021)

Video Populer

Foto Populer