Sukses


Timnas Indonesia U-19 Gagal Tembus ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, Menpora Tetap Bangga

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menang telak atas Myanmar dengan skor 5-1 pada pertandingan terakhir fase grup Piala AFF U-19 2022 hari Minggu (10/07/2022).

Meski menang dan jadi tim paling produktif di grup, Timnas Indonesia U-19 gagal ke semifinal lantaran kalah head to head pertemuan kontra Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengemas sebelas poin.

Meskipun gagal merealisasikan target juara sebagai tuan rumah, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali tetap menaruh bangga dengan timnas U-19 besutan Pelatih Shin Tae-yong.

"Saya tetap bangga. Tim yang ada sekarang saya kira itu dimaksimalkan," ucap Menpora Amali usai menyaksikan langsung laga terakhir timnas U-19 yang ada di grup A Piala AFF U-19 melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7) malam.

2 dari 5 halaman

Menpora Hanya Fasilitasi PSSI

Terkait strategi pelatih dan federasi dalam hal ini PSSI, Menpora Amali tak ingin turut campur terlalu dalam. Alasannya, karena pemerintah hanya akan fokus memfasilitasi permintaan dari federasi saja.

"Pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada federasi keinginanya seperti apa kita fasilitasi. Pemerintah tak akan ikut turut campur terlalu dalam soal tim dan sebagainya. Tugas penerintah hanya memfasilitasi," tambah Menpora Amali.

3 dari 5 halaman

Soal Pemain Naturalisasi

Menurutnya, STY masih melakukan inventarisasi pemain-pemain bukan hanya pemain yang ada saat ini saja, setelah memanggil tiga pemain naturalisasi dan kemungkinan masih akan ada lagi, menurut Menpora Amali tak masalah.

"Jadi apa yang dilakukan STY dengan telah memanggil tiga pemain naturalisasi dan masih melakukan inventarisir lagi, bagi kita tidak ada masalah," urainya.

"Kalau PSSI bisa mendapatkan tambahan naturalisasi ya syukur, kita akan dorong untuk bisa fasilitasi tapi, jangan itu menjadi gantungan harapan utama kita," pesan Menpora Amali didampingi Ketua Umum PSSI Muhamad Iriawan dan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

4 dari 5 halaman

Jalannya Pertandingan

Sebelumnya, jalannya pertandingan Indonesia vs Myanmar, timnas U-19 lebih dulu kebobolan. Pemain Mynamar La Min Htwe yang membuka skor lebih dulu untuk Myanmar usai sepak pojok pada menit ke-7.

Sepuluh menit berselang, seperti mendapat lecutan motivasi, timnas Indonesia U-19 mampu membalas dengan skor 4-1 hingga babak pertama usai, kemudian satu gol tambahan di babak kedua.

Gol-gol itu melalui Muhammad Ferarri di menit ke-17 dan menit ke-31, Arkhan Fikri dimenit ke-25 dan Rabbani Tasnim dimenit ke-33 serta gol di babak kedua oleh Ronaldo Kwateh dimenit ke-73.

 

5 dari 5 halaman

Komentar Muhammad Ferrari soal Pertandingan

Meski menang, tim asuhan STY ini gagal melaju ke semifinal karena hanya finis di peringkat ketiga klasemen Grup A.

"Puji syukur kepada Allah kita bermain bagus. Saya mewakili pemain ingin mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia karena hasil bagus tapi kurang memuaskan," ucap Muhammad Ferrari saat jumpa pers usai pertandingan.

Video Populer

Foto Populer