Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Baik untuk Kebugaran Tubuh

Bola.com, Jakarta - Rutin berolahraga penting untuk dilakukan setiap orang agar memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit. Tidak hanya menyehatkan, olahraga juga membuat badan menjadi bugar.

Baik pria maupun wanita pasti ingin selalu memiliki tubuh yang bugar. Menjaga kebugaran tubuh perlu dilakukan saat menghadapi aktivitas yang padat.

Dengan kondisi tubuh yang bugar dan sehat, pergerakan tubuh jadi lebih fleksibel. Jika ingin tubuh senantiasa bugar, Anda perlu memiliki gaya hidup dan kebiasaan sehat yang dilakukan secara konsisten.

Selain itu, tubuh yang bisa diraih dengan rutin berolahraga. Pemilihan jenis olahraga berdampak bagi kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang ingin memiliki dan menjaga kebugaran tubuh, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan secara rutin. Apa saja jenis olahraga tersebut?

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang baik untuk kebugaran tubuh, disadur dari Klikdokter, Senin (8/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Olahraga Kardio

Olahraga kardio bisa menjadi pilihan agar memiliki tubuh yang bugar. Ada beberapa jenis olahraga kardio yang bisa dipraktikkan.

Anda dapat mencoba berlari, berenang, dan bersepeda. Olahraga kardio yang memicu kesehatan jantung dapat meningkatkan beta-endorfin. Hormon ini diketahui bertanggung jawab dalam memperlancar aliran darah di dalam tubuh.

Nah, lancarnya aliran darah ini pada akhirnya dapat menyebabkan aktifnya organ seksual Anda, misalnya memperlancar ereksi.

Variasi olahraga kardio lainnya adalah berjalan kaki, latihan HIIT, naik turun tangga, mendayung, circuit training, lompat tali, sepeda statis, dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

2. Olahraga untuk Kekuatan Otot

Olahraga ini harus meliputi otot bagian atas atau upper body, bagian bawah (lower body), dan otot batang tubuh atau core muscles.

Ini bisa dilakukan dengan beban atau tanpa beban. Tambahan beban sederhana adalah dengan mengisi penuh botol minum dengan air, lalu jadikan itu sebagai beban Anda.

Olahraga jenis ini bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan yang memicu keluarnya hormon testosteron, yang berfungsi sebagai hormon perangsang.

Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga otot secara rutin, yaitu 2-3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan tidur yang cukup.

 

4 dari 5 halaman

3. Yoga

Yoga merupakan aktivitas fisik yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik, begitu juga postur tubuh. Memfokuskan pikiran saat melakukan yoga terbukti dapat menunjang kehidupan seksual.

Tidak hanya itu, berbagai variasi gerakan yoga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi ragam aneka posisi seks dengan pasangan.

Dilansir dari Medical News Today, ada sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine menemukan, yoga dapat meningkatkan fungsi seksual, terutama pada wanita di atas 45 tahun.

Ada pula studi lainnya yang dipimpin Dr. Vikas Dhikav, neurolog di Rumah Sakit Dr. Ram Manohar Lohia di New Delhi, India. Ia meneliti efek yoga selama 12 minggu yang difokuskan pada kepuasan pria.

Pada akhir periode penelitian, peserta melaporkan peningkatan yang signifikan dalam fungsi seksual mereka.

 

5 dari 5 halaman

4. Olahraga yang Melatih Otot Dasar Panggul

Khususnya untuk penderita disfungsi ereksi, olahraga jenis ini juga sama baiknya dengan olahraga kardio. Cara untuk mengidentifikasi otot ini adalah dengan mencoba menghentikan aliran urine saat buang air kecil.

Otot yang berkontraksi saat menahan aliran urine itulah yang merupakan otot dasar panggul. Satu di antara latihan otot dasar panggul yang cukup banyak dikenal adalah senam kegel, yang bisa dengan mudah Anda lakukan kapan pun dan di mana pun.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 14/2/2019).

Baca artikel seputar olahraga lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer