Sukses


Jenis-Jenis Gerakan Yoga yang Efektif Membakar Kalori

Bola.com, Jakarta - Yoga merupakan satu di antara olahraga yang efektif untuk membakar kalori. Maka itu, banyak orang lantas tertarik untuk mencoba melakukan yoga.

Olahraga satu ini memang memiliki segudang manfaat, tidak sebatas membakar kalori. Berawal dari satu di antara meditasi kuno, yoga telah menjadi olahraga yang dinilai mampu memberikan banyak manfaat untuk fisik maupun mental. 

Manfaat yoga di antaranya mengurangi stres dan rasa cemas, meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi nyeri kronis, melawan depresi, dan sebagainya.

Kendati begitu, yoga merupakan olahraga yang tergolong sulit dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Yoga adalah olahraga yang fokus pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan.

Alhasil, untuk melakukannya diperlukan gerakan yang melibatkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan daya tahan. Namun, lantaran melibatkan semua aspek tersebut, yoga dapat dengan efektif bakar kalori.

Yoga dapat membakar 180-600 kalori per jam, bergantung pada jenis gerakan yang dilakukan.

Agar usaha Anda dalam membakar kalori melalui yoga maksimal, Anda dapat mempraktikkan secara rutin jenis-jenis gerakan yoga di bawah ini.

Berikut jenis-jenis gerakan yoga yang efektif membakar kalori, disadur dari Klikdokter, Selasa (30/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jenis Yoga yang Efektif Membakar Kalori

1. Wheel

Wheel adalah gerakan yoga yang banyak membakar kalori karena melibatkan kontraksi otot kaki, bokong, pundak, dan tangan. Gerakan ini cukup sulit dilakukan sehingga membutuhkan latihan dan pemanasan yang memadai. 

Seperti namanya, gerakan wheel menuntut pelakunya untuk melengkungkan tubuh seperti roda dengan posisi tubuh menghadap atas. 

Gerakan ini seperti kayang, yaitu dimulai dari posisi berbaring dengan tubuh menghadap ke atas, kemudian kaki dan tangan diposisikan menapak ke lantai dan tubuh diangkat. 

Lantaran gerakan ini cukup sulit, banyak yang menggunakan alat bantu seperti balon yoga pada bagian punggung untuk menopang tubuh. 

2. High Lunge

High lunge merupakan satu di antara gerakan yang cukup sering dilakukan oleh orang-orang yang gemar melakukan yoga. Gerakan ini dapat membakar kalori dalam jumlah banyak karena melibatkan otot-otot besar, seperti bokong dan paha. 

Gerakan ini dilakukan dengan diawali posisi berdiri. Lalu, langkahkan satu di antara kaki jauh ke depan dan tekuk lutut kaki yang berada di depan. Biarkan kaki bagian belakang dalam posisi lurus. Posisikan tubuh tegak dan angkat kedua tangan ke atas. 

Pertahankan gerakan ini dalam beberapa waktu untuk mengoptimalkan pembakaran kalori.

3. Chair

Gerakan ini mengandalkan kekuatan otot-otot besar pada bokong sehingga mampu membakar sejumlah kalori dengan efketif. 

Gerakan ini dimulai dari posisi berdiri, kemudian tekuk kedua lutut dan gerakkan pinggul ke belakang agar paha sejajar dengan lantai. Gunakan telapak kaki untuk menjaga keseimbangan, kemudian angkat tangan ke atas dan pertahankan gerakan ini selama beberapa saat.

 

3 dari 3 halaman

Jenis Yoga yang Efektif Membakar Kalori

4. Plank

Plank adalah gerakan yoga yang membakar kalori dalam jumlah banyak karena membutuhkan otot-otot besar yang meliputi perut, bahu, dan bokong. Makin lama membentuk pose ini, jumlah kalori yang terbakar akan makin besar. 

Plank dilakukan dengan cara membentuk gerakan seperti push up. Saat posisi tubuh sudah sedikit terangkat, pertahankan posisi dan sejajarkan posisi bokong dengan perut Anda. Tahan sekuat yang Anda mampu.

Ada juga gerakan modifikasi yang disebut dengan dolphin plank. Sama seperti plank biasa, tetapi pijakan tangan tidak pada telapak tangan melainkan pada siku dengan kedua tangan ditekuk. 

5. Chaturanga

Chaturanga termasuk gerakan klasik yang juga melibatkan banyak otot di tubuh. Pada dasarnya, gerakan chaturanga mirip push up. 

Untuk melakukannya, awali dengan gerakan plank dan kemudian tekuk siku hingga hingga gerakan push up sebelum menyentuh lantai. Pertahankan gerakan ini dalam beberapa waktu untuk membakar kalori Anda. 

 

Disadur dari: Klkdokter.com (Published: 31/8/2019)

Silakan klik tautan ini untuk artikel olahraga dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer