Sukses


Pengertian Karikatur, Ketahui Pula Cara Membuatnya

Bola.com, Jakarta - Karikatur merupakan satu di antara bentuk gambar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, karikatur adalah gambar olok-olok yang mengandung pesan, sindiran, dan sebagainya.

Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut.

Karikatur kerap kali disamakan dengan kartun karena kemiripannya. Namun, perbedaan utama kartun dengan karikatur adalah karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun.

Karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis.

Karikatur sebagaimana yang dikenal sekarang berasal dari Italia abad ke-16. Pada abad ke-18, karikatur telah menjangkau masyarakat luas melalui media cetak. Di Inggris, karikatur ketika itu telah menjadi sarana kritik sosial dan politis.

Pada abad berikutnya, berbagai majalah satire menjadi media utama karikatur. Peran ini kemudian dilanjutkan oleh surat kabar harian pada abad ke-20. Selain sebagai bentuk seni dan hiburan, karikatur telah digunakan dalam bidang psikologi untuk meneliti bagaimana manusia mengenali wajah.

Berikut cara membuat karikatur, disadur dari Liputan6, Senin (19/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Karikatur Tanpa Aplikasi

Siapkan alat-alatnya terlebih dahulu, kemudian pahami setiap langkah-langkahnya. 

Alat-Alat:

  • Pensil
  • Pensil warna atau krayon
  • Kertas
  • Penghapus

Cara Membuat:

  • Cara membuat karikatur adalah siapkan selembar foto yang ingin dijadikan karikatur.
  • Siapkan pensil dan kertas, lalu gambar tubuh dari objek karikatur tersebut dengan ukuran kecil. Gambar objek karikatur tersebut dengan pakaian ciri khasnya.
  • Setelah bagian tubuh selesai digambar, gambar bagian kepala dari objek tersebut. Jangan lupa untuk membesarkan bagian kepala dan dahi objek tersebut.
  • Setelah itu, gambar rambut dari objek karikatur tersebut. Sesuaikan dengan rambut objek dan jangan lupa untuk melebih-lebihkan untuk memberi kesan lucu.
  • Gambar mata yang sesuai dengan objek tersebut. Anda bisa menambahkan warna yang cerah menggunakan pensil warna pada bagian ini.
  • Langkah selanjutnya membuat karikatur adalah gambar hidung dan mulut yang sedikit lebih besar. Pada bagian mulut, Anda bisa memberi variasi berdasarkan bentuk mulut atau gigi objek.
  • Warnai karikatur dengan pensil warna atau krayon. Padukan warna-warna yang cerah agar hasil karikatur menjadi lebih berwarna.
3 dari 4 halaman

Cara Membuat Karikatur di Photoshop

  • Pilih gambar atau foto yang ingin Anda jadikan karikatur menggunakan Polygon Lasso atau Quick selection tool.
  • Jika sudah, klik Select Inverse, lalu tekan Delete. Setelah itu, background akan hilang.
  • Pisahkan kepala dengan badan, aktifkan Pentool (P), lalu buat seleksi di sekitar kepala.
  • Jika titik pentool sudah bertemu, klik kanan-Make selection, kemudian lanjutkan dengan menekan Ctrl Shift J. Nantinya, bagian kepala akan terpotong menjadi layer baru, ganti nama layernya menjadi "kepala".
  • Setelah itu, perkecil bagian badan dengan menekan CTRL+T pada keyboard. Enter untuk OK.
  • Agar lebih kental efek karikaturnya, Anda bisa mengubah bentuk wajah. Pastikan bekerja di layer "kepala", lalu ke Edit-Puppet warp. Buat beberapa titik di bagian pinggir dengan cara klik satu kali.
  • Langkah selanjutnya membuat karikatur adalah dekatkan krusor ke titik tersebut, lalu tarik sampai membentuk wajah yang diinginkan.
  • Sempurnakan bentuk foto dengan menggunakan Liquify. Pergi ke Filter-Liquify, gunakan Forward warp tool (W), atur brush size, kemudian tarik bagian wajah sesuai keinginan, klik Ok. Gabungkan dua layer, yaitu kepala dan badan menjadi satu.
  • Setelah itu, pertajam foto agar kualitas cahaya dan bayangan lebih jelas. Pergi ke Filter-Sharpen-Smart sharpen. Gunakan pengaturan Basic, Amount 111%, Radius 6.1px. Klik OK.
  • Aktifkan Gradian Ttoil (G) untuk menambahkan background gradasi. Selesai.
4 dari 4 halaman

Cara Membuat Karikatur di Android dengan Aplikasi Momentcam

Cara membuat karikatur yang pertama adalah mengunduh aplikasi MomentCam di Google Play Store. Untuk memudahkan Anda dalam menemukan aplikasi ini, cukup lakukan pencarian dengan mengetik kata kunci Moman Xiang Ji atau MomentCam.

Sebelum mengunduhnya, pastikan kapasitas penyimpanan yang ada di smartphone Anda memiliki kapasitas kosong setidaknya 30 MB. Pasalnya ukuran aplikasi ini cukup besar yaitu 23,29 MB. pastikan juga kalau smartphone anda memiliki paket data yang cukup untuk proses pengunduhan.

Pilih MomentCam dan tekan ikon 'Instal'. Setelah proses download selesai, aplikasi akan secara otomatis terinstal di smartphone.

Jalankan aplikasi tersebut. Saat membuka aplikasi ini akan muncul tampilan awal dengan pilihan 'Creat Cartoon' atau 'Portfolio'. Untuk memulai membuat karikatur, cukup tekan 'Creat Cartoon' dan akan muncul tampilan seperti gambar di atas.

Anda bisa mengambil foto langsung dari kamera ponsel untuk dijadikan foto karikatur atau memilih foto yang sudah ada di galeri ponsel.

Setelah memilih foto yang diinginkan, Anda akan diminta untuk menentukan gender (laki-laki/perempuan). Pilih gender sesuai foto yang anda pilih dan setelah itu jadilah foto karikatur unik seperti foto di atas.

Jangan lupa untuk menyimpan hasil karya dengan memilih ikon bergambar 'Disket' yang terletak di kanan atas. Hasilnya akan tersimpan di galeri ponsel dan 'Portfolio'.

Hasil karya anda juga bisa diedit dengan cara membentuk karakter wajah, mengubah gaya rambut, menambahkan aksesoris kacamata, membentuk alis, serta menambahkan kumis dan janggut.

Cara mengaplikasikannya, cukup dengan memilih opsi 'Face Edit' yang berisi pilihan Face, Hair style, Glasses, Eyebow, dan Mustach yang ada di bar bawah layar. Anda juga bisa merubah desain hasil karikatur dengan memilih opsi 'Design' dan 'Create'.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Fadila Adelin. Published: 15/11/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer