Sukses


Macam-Macam Bahan Alami untuk Mengatasi Flu, Bisa Dicoba di Rumah

Bola.com, Jakarta - Flu atau influenza merupakan masalah kesehatan yang sering dialami banyak orang di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa satu miliar orang di seluruh dunia terkena flu setiap tahunnya.

Flu merupakan penyakit yang mudah menular, terutama pada 3-4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus. Flu bisa menular melalui percikan air liur ketika pengidapnya bersin atau batuk.

Adapun gejala yang umum dikeluhkan pengidap flu seperti susah bernapas lega, tenggorokan gatal, hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, dan mata yang terus berair.

Meski bukan penyakit berbahaya, mengalami flu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan menimbukan komplikasi jika tidak segera diobati.

Ada banyak pilihan bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah kesehatan satu ini.

Berikut ini macam-macam bahan alami untuk mengatasi flu yang bisa dicoba di rumah, dikutip dari laman Verywellhealth dan Medicalnewstoday, Kamis (29/9/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahan Alami untuk Mengatasi Flu

1. Jahe

Jahe merupakan obat flu alami yang aman dikonsumsi. Jahe dapat merangsang sel-sel mukosa dan berkontribusi untuk menangkal infeksi virus.

Selain itu, jahe dapat merangsang sel-sel mukosa dan berkontribusi untuk menangkal infeksi virus. Jahe juga dapat mengurangi rasa mual dan menghangatkan tubuh saat sedang tidak enak badan akibat kena flu.

2. Teh Hijau

Teh hijau banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk menangkal berbagai penyakit, termasuk flu. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh hijau memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh terhadap infeksi flu.

3. Bawang Putih

Makan bawang putih mentah-mentah menjadi satu di antara cara paling baik untuk mengatasi flu. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek antivirus yang dapat mencegah flu atau pilek, serta mempercepat penyembuhan penyakit.

Kandungan minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas bawang putih) dipercaya ampuh untuk melawan pilek dan flu.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahan Alami untuk Mengatasi Flu

4. Berkumur Air Garam

Berkumur air garam dapat dilakukan untuk membantu mengatasi flu secara alami. Larutan garam menarik cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan dan melonggarkan lendir sehingga dapat mengeluarkan iritasi, seperti bakteri dan jamur.

5. Minuman Hangat

Minuman hangat bisa jadi obat alami flu yang efektif. Hal ini dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan menenangkan membran yang meradang di hidung dan tenggorokan.

Selain itu, minuman hangat membantu mengencerkan lendir di dada dan hidung. Minuman hangat bekerja dengan membantu melonggarkan sekresi di dada dan sinus. Hal tersebut membuat lendir lebih mudah dikeluarkan sehingga membersihkan hidung tersumbat akibat flu.

6. Madu

Madu termasuk sebagai obat flu alami yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Sifat antimikroba alami dari madu dapat membantu tubuh melawan kuman penyakit, termasuk bakteri dan virus penyebab flu.

Madu juga membantu meredakan gejala penyerta flu, seperti pilek dan batuk.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahan Alami untuk Mengatasi Flu

7. Minyak Kayu Putih

Obat flu alami selanjutnya yaitu minyak kayu putih. Minyak kayu putih memiliki sifat antivirus dan antimikroba yang bermanfaat untuk mengatasi flu.

Minyak kayu putih dapat dioleskan di dada dan leher atau diteteskan dalam air mendidih dan menghirup uapnya.

8. Daun Mint

Daun mint merupakan obat flu tradisional dan alami yang bisa dicoba. Ekstrak daun mint diketahui memiliki cara kerja seperti obat dekongestan, yang bisa mengencerkan lendir dalam hidung. Rasa hangat dari menthol bisa membuat saluran pernapasan lebih lega.

9. Kencur

Sejenis dengan jahe, kencur juga bermanfaat untuk mengobati flu. Ketika dilanda flu, Anda bisa mengonsumsi jamu kencur alami sebanyak dua kali.

Jika tidak sempat mencari jamu kencur, Anda bisa menggeprak kencur yang telah dibersihkan. Kemudian rendam dengan air panas, dan minumlah saat airnya dalam keadaan hangat kuku.

 

Sumber: Verywellhealth, Medicalnewstoday

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer