Sukses


Cara Menjaga Tubuh Bebas Kuman setelah Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga sering dilakukan banyak orang agar memiliki tubuh sehat dan bugar. Jadi, setelah berolahraga tentu berharap kondisi tubuhnya menjadi lebih baik.

Namun. sebaliknya, setelah olahraga justru malah sakit dan badan jadi terasa kurang enak. Ada beberapa penyebab seseorang sakit atau kesehatannya terganggu setelah olahraga.

Satu di antara penyebabnya ialah kuman yang menempel pada tubuh. Cucuran keringat saat berolahraga sering membuat kuman berkembang dan menyebabkan penyakit.

Selain itu, berkontak dengan berbagai benda yang tidak terjaga kebersihannya juga jadi penyebab adanya kuman. Hal tersebut tentu sangat sulit untuk dihindari, apalagi jika Anda berolahraga di pusat kebugaran.

Lantas, bagaimana solusinya? Apa yang harus dilakukan agar tubuh bebas kuman setelah berolahraga?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh bebas kuman setelah olahraga, disadur dari Klikdokter, Kamis (29/9/2022).

2 dari 5 halaman

Ganti Pakaian Olahraga yang Sudah Basah

Pergi ke kafe atau restoran setelah berolahraga sambil mengunggah foto dengan menggunakan baju olahraga mungkin terlihat keren.

Namun, menggunakan baju olahraga yang sudah berkeringat secara terus-menerus akan membuat tubuh Anda menjadi sarang kuman.

Baju yang lembap dan menempel di kulit akan membuat Anda rentan mengalami jerawat, infeksi jamur, dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, jika Anda tak ingin mengalami kondisi itu, solusi terbaiknya adalah segera mandi setelah berolahraga.

Jika tidak memungkinkan untuk mandi, setidaknya gantilah baju Anda yang sudah basah dengan yang masih kering.

3 dari 5 halaman

Hindari Menyeka Keringat dengan Tangan

Menghabiskan waktu 30 menit di pusat kebugaran membuat Anda terpapar dengan kuman dalam jumlah yang banyak.

Jadi, pastikan Anda tidak membersihkan atau menyeka keringat di wajah dengan tangan. Hal ini penting dilakukan, apalagi jika Anda tak ingin jerawat muncul di jawah.

Akan lebih baik bila Anda menggunakan handuk untuk menyeka keringat. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah Anda selesai berolahraga.

4 dari 5 halaman

Bersihkan Matras Olahraga Anda

Apakah Anda adalah penggemar olahraga yoga yang selalu membawa matras sendiri? Jika ya, sebaiknya bersihkan matras tersebut setiap kali Anda selesai menggunakannya.

Seperti diketahui, permukaan yang lembap dan hangat merupakan area favorit kuman untuk berkembang biak. Jadi, jika Anda membiarkan matras yoga dalam keadaan itu setelah selesai digunakan, kuman akan dengan senang hati tumbuh dan berkembang di benda tersebut.

Akibatnya, risiko Anda terkena penyakit akan meningkat berlipat ganda. Risiko ini tentu akan lebih tinggi lagi jika Anda menggunakan matras milik pusat kebugaran yang dipakai bersama-sama dengan orang lain.

5 dari 5 halaman

Segera Mandi setelah Berolahraga

Keringat yang keluar setelah berolahraga dan membasahi baju Anda membuat kuman menjadikannya sebagai sarana berkembang biak.

Maka itu, agar kuman tersebut tidak menyebabkan bau badan berkelanjutan dan beragam penyakit merugikan, segerakan diri Anda untuk mandi menggunakan sabun anti-bakteri.

Faktanya, The Journal of the American Medical Association menyebutkan bahwa penggunaan sabun antibakteri saat mandi dapat menurunkan dampak buruk dari kuman hingga 44 persen.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Publihsed: 7/11/2018).

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer