Sukses


Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Bola.com, Jakarta - Mengetahui daftar makanan yang mengandung serat tinggi penting sebagai satu di antara cara menjaga kesehatan tubuh Anda dan keluarga. 

Serat memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Yang paling sering Anda dengar mungkin manfaat serat untuk pencernaan alias melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Akan tetapi, serat masih punya manfaat lain, di antaranya mengatasi penyakit saluran cerna (seperti sindrom iritasi usus), membantu menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker usus besar, serta menguatkan tulang.

Maka itu, Anda perlu menyediakan selalu makanan-makanan yang mengandung serat tinggi di rumah. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa mengonsumsinya secara rutin agar kebutuhan serat terpenuhi. 

Ada banyak pilihan makanan berserat tinggi sehingga Anda tidak akan bosan mengonsumsinya sehari-hari.

Perlu diketahui, Anda tetap harus membatasi jumlah konsumsi serat Anda. Rekomendasi asupan serat untuk wanita adalah 25 gram per hari, sedangkan untuk pria 38 gram per hari.

Berikut daftar makanan yang mengandung serat tinggi, disadur dari Klikdokter, Kamis (29/9/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

1. Apel

Satu buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat. Anda dapat mengonsumsi dua buah apel setiap hari, saat pagi dan malam hari.

Sebaiknya, makan buah ini bersama kulitnya karena bagian tersebut merupakan sumber serat utamanya.

2. Pir

Seperti apel, buah pir juga mengandung banyak serat. Satu buah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.

3. Pisang

Dalam 100 gram pisang, terdapat 2,6 gram serat di dalamnya. Pisang berwarna hijau atau yang belum matang juga mengandung resistant starch, yaitu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan bekerja layaknya serat.

Selain serat, pisang mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin B6, vitamin C, dan kalium.

4. Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak baik dan merupakan makanan tinggi serat. Dalam 100 gram alpukat, terdapat 6,7 gram serat.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

5. Brokoli

Semangkuk brokoli mengandung sekitar 5,1 gram serat. Sayuran hijau ini baik dikonsumsi mentah (sudah dicuci), direbus, atau dikukus.

Namun, bila Anda hendak mengukus atau merebus brokoli, pastikan waktunya tidak lebih dari lima menit. Hal ini bertujuan agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

6. Wortel

Dalam 100 gram wortel, terdapat 2,8 gram serat. Wortel mudah didapat dan mudah untuk dimasak sehingga cocok menjadi sumber serat sehari-hari.

Anda juga bisa mendapatkan nutrisi lainnya dari wortel, seperti beta-karoten, vitamin K, magnesium, dan vitamin B6.

7. Edamame

Kacang yang sering ditemui di restoran Jepang ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian. Dalam 100 gram edamame (setara dengan satu mangkuk), terdapat kandungan serat sebanyak 5 gram.

Untuk mengonsumsinya, Anda hanya perlu merebus edamame, kemudian siap disantap.

8. Buah Bit

Buah bit merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi seperti folat, zat besi, mangan, tembaga, dan kalium. Selain itu, terdapat pula kandungan serat sebanyak 2,8 gram dalam 100 gram buah bit.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

9. Chia Seed

Chia seed populer di kalangan pencinta superfood.

Biji-bijian ini sangat bernutrisi dan mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Dalam 100 gram chia seed, terdapat 34,4 gram serat. 

10. Almond

Dalam 100 gram almond, terkandung 13,3 gram serat. Almond juga mengandung lemak baik, vitamin E, mangan, dan magnesium.

Kacang ini bisa Anda konsumsi langsung atau dijadikan topping untuk berbagai hidangan.

11. Dark Chocolate

Selain serat, camilan sehat dan enak ini kaya antioksidan. Pastikan dark chocolate yang Anda pilih mengandung cocoa minimal 70-95 persen. Hindari produk dengan gula tambahan.

12. Roti Gandum

Satu potong roti gandum mengandung sekitar 2,2 gram serat. Kandungan ini membuat roti gandum lebih baik dibanding roti putih (tawar) pada umumnya.

Bila Anda menambahkan selai cokelat atau selai lainnya, kandungan gulanya akan meningkat. Jadi, jumlah selai dan topping yang digunakan harus diperhatikan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 24/1/2021)

Silakan klik tautan ini untuk artikel daftar dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer