Sukses


32 Kata-Kata Motivasi Islami agar Tetap Semangat saat Putus Asa

Bola.com, Jakarta - Putus asa merupakan perasaan yang sering dirasakan oleh banyak orang. Putus asa bisa terjadi karena permasalahan dalam hidup.

Putus asa adalah suatu keadaan mental atau perilaku yang merasa bahwa dirinya telah gagal atau tidak mampu melakukan suatu hal.

Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk memotivasi atau mendorong dirimu saat jatuh dalam keputusasaan, satu di antaranya kata-kata motivasi Islami.

Sebagai umat muslim, kita perlu memahami bahwa putus asa merupakan hal yang dibenci oleh Allah Swt. karena hal tersebut menandakan bahwa kita sebagai hamba-Nya tidak memercayai adanya keberadaan-Nya.

Selain membaca kata-kata motivasi Islami, kamu didorong untuk selalu berdoa dan beribadah kepada Allah Swt. agar selalu mendapatkan kekuatan dan arahan dari-Nya.

Berikut 32 kata-kata motivasi Islami agar tetap semangat di saat putus asa, dikutip dari Theislamicquotes, Selasa (11/10/2022).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami agar Tetap Semangat saat Putus Asa

1. "Perjalanan yang kamu tempuh bersama Allah akan dipenuhi dengan harapan yang tiada akhir. Sementara perjalananmu tanpa Allah akan berakhir tanpa harapan.

2. "Allah adalah jawaban atas segala kehampaan, perjuangan, keputusasaan, dan ketakutan."

3. "Allah mampu mengubah situasi yang paling terpuruk menjadi momen terbaik dalam hidupmu."

4. "Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku." - (Q.S Yusuf: 86)

5. "Bersikap baiklah terhadap hatimu dan berhentilah mencemaskan hal-hal yang berada di luar kendalimu. Biarkan Allah yang menangani itu semua."

6. "Jangan pernah berhenti berdoa, tak peduli seberapa suram dan terpuruknya hidupmu. Jagalah selalu imanmu." - Dr. Bilal Philips

7. "Pilihan Allah untuk kita itu selalu lebih indah daripada keinginan-keinginan yang kita harapkan."

8. "Satu-satunya yang mengenal dirimu dan masalahmu lebih dari dirimu sendiri adalah Allah. Hanya Allah satu-satunya yang tahu apa yang terbaik untukmu."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami agar Tetap Semangat saat Putus Asa

9. "Berhati-hatilah dalam bersedih karena bisa jadi itu cara setan agar kita putus asa dari rahmat Allah."

10. "Suatu urusan yang menurutmu teramat sulit, hingga kau tak tahu lagi harus berbuat apa, hingga kau tak tahu lagi harus menempuh jalan yang mana, hingga kau dibuat hampir saja menyerah karenanya, semua itu bagi Allah sangatlah mudah."

11. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang terus istikamah di tengah godaan."

12. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

13. "Di dalam hidup yang perlu kamu lakukan adalah berusaha dan berdoa kepada Tuhan dan hasilnya tergantung dengan apa yang telah kamu lakukan."

14. "Tetaplah tersenyum ketika sedang sedih dan memaafkan ketika dikecewakan karena Allah menyukai orang mampu bersabar ketika menghadapi cobaan."

15. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

16. "Janganlah berputus asa dalam mengulang-ulang doa saat Allah menunda terkabulnya doa itu. Dia yang menjamin terkabulnya doa itu menurut-Nya kepadamu, bukan menurut pilihan seleramu." - Ibnu Athaillah

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami agar Tetap Semangat saat Putus Asa

17. "Kabar buruknya: hidup itu tidak mudah!, kabar baiknya: kamu tidak harus berjuang sendiri. Ada Allah kan?

18. "Dosa-dosa seorang hamba, walau besar maka sungguh pemaafan dan ampunan Allah masih lebih besar sehingga dosa-dosa itu tampak lebih kecil di sisi pemaafan Allah dan ampunan-Nya." - Ibnu Rajab

19. "Jangan putus asa karena tak ada ujian yang bersifat kekal selamanya. Jangan lelah mengadu karena hanya Allah yang mampu menenangkanmu."

20. "Tersenyumlah dan jangan putus asa. Setiap masalah yang terjadi, ada campur tangan Allah di dalamnya. Kuatkan iman dan sungguhkan doa. Bersabarlah, ada rencana indah untukmu yang disiapkan oleh-Nya."

21. "Jangan berputus asa dari rahmat Allah." - (Q.S Yusuf: 87)

22. "Allah tahu kata-kata yang tak bisa kau ucapkan, duka yang kau rasakan yang tak seorang pun melihat, dan rasa sakit yang kau alami yang tak seorang pun tahu."

23. "Orang yang pesimis melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan." - Ali bin Abi Thalib

24. "Putus asa terhadap ampunan Allah itu jauh lebih buruk daripada dosa." - Saalih al-Fawzaan

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami agar Tetap Semangat saat Putus Asa

25. "Tanpa Allah aku kehilangan harapan, bersama Allah aku tak kenal rasa takut."

26. "Jangan putus asa dan jangan pernah kehilangan harapan karena Allah selalu berada di sisimu."

27. "Kamu pasti akan merasakan kekecewaan berulang kali. Begitulah keadaannya kehidupan di dunia ini. Jangan pernah merasa putus asa dan membiarkan setan mengacaukan pikiranmu. Tetaplah berpendirian teguh dalam keimanan.

28. "Ya Allah, beri kami keberanian untuk tidak menyerah, meski mungkin merasa putus asa."

29. "Berbahagialah dengan apa yang telah kamu miliki saat ini sambil mengusahakan apa yang kamu inginkan. Ingatlah, hidup bahagia dan sukses itu dimulai dengan Allah dan berakhir untuk Allah."

30. "Sebelum merasa frustrasi dengan situasi yang sedang kamu hadapi, ingatlah selalu bahwa kamu tidak pernah tahu kebaikan apa yang sedang Allah rencanakan untukmu."

31. "Kita sebagai muslim harus memahami bahwa Allah Swt. memiliki kepercayaan penuh kepada kita, meski kita tidak memiliki keyakinan pada diri kita sendiri. Allah Swt. tidak akan membebani jiwa kita lebih dari yang dapat ditanggung."

32. "Kita tidak boleh putus asa selama kita mendapat dukungan Allah Swt. dan Dialah Yang Maha Esa yang dapat membuat apa pun terjadi."

 

Sumber: TheIslamicquotes

Yuk, baca artikel kata-kata motivasi Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer