Sukses


Macam-Macam Olahraga Rekreasi di Alam Terbuka

Bola.com, Jakarta - Olahraga sering dilakukan banyak orang agar memiliki tubuh sehat dan bugar. Jadi, setelah berolahraga tentu berharap kondisi tubuhnya menjadi lebih baik.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, baik itu dalam ruangan ataupun luar. Olahraga di luar ruangan juga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di alam sambil rekreasi.

Mungkin belum banyak yang tahu apa itu olahraga rekreasi. Olahraga rekreasi adalah aktivitas olahraga yang dilakukan disamping memperoleh kesenangan, tetapi juga berdampak pada peningkatan kualitas kesegaran jasmani.

Kegiatan olahraga tersebut dilakukan pada waktu senggang berdasarkan keinginan atau kehendak yang timbul karena memberi kepuasan dan kesenangan. Jadi, olahraga yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan bisa disebut olahraga rekreatif.

Ada beragam jenis olahraga rekerasi di alam terbuka. Bagi kamu yang ingin mencobanya tentu perlu mengetahui apa saja macam-macamnya.

Berikut macam-macam olahraga rekrerasi di alam terbuka yang perlu diketahui, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (13/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Olahraga Rekreasi di Alam Terbuka

Lintas alam

Kegiatan lintas alam dapat dilakukan dengan jalan, lari, atau gabungan antara keduanya. Kegiatan ini dilakukan di alam terbuka sambil menikmati panorama alam.

Aktivitas olahraga ini dapat dilakukan di pegunungan, persawahan, atau pantai.

Selusur sungai

Selusur sungai adalah kegiatan rekreatif dengan menyusuri sungai yang dapat dilakukan dengan berjalan atau dengan mendayung sampan. Selusur sungai dengan berjalan dapat dilakukan pada alur sungai yang tidak terlalu deras.

Selusur sungai dengan mendayung dapat dilakukan pada alur sungai yang kedalaman airnya cukup dalam dan relatif tenang tidak ada jeram.

Arung jeram

Arung jeram dapat dilakukan pada alur sungai yang arusnya deras. Makin deras arus dan jeram yang curam makin menguji adrenalin. Arung jeram dilakukan mengikuti arus air.

Selusur gua

Selusur gua dilakukan dengan menyusuri gua sambil berjalan. Selusur gua dapat menikmati keindahan gua yang beragam sesuai dengan jenis gua yang dikunjungi.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Olahraga Rekreasi di Alam Terbuka

Selusur gua/sungai bawah tanah

Selusur sungai bawah tanah adalah kegiatan menyelusuri sungai yang ada di bawah tanah dan dapat dilakukan dengan berjalan, ataupun menggunakan rakit sesuai kondisi.

Pengunjung dapat menyelusuri gua dan sungai bawah tanah menikmati pemandangan dalam gua menggunakan rakit dari ban dalam mobil.

Mendaki gunung

Mendaki gunung adalah aktivitas olahraga dengan berjalan naik dan turun gunung. Kegiatan ini biasa dilakukan berkelompok, dan menjadi satu program kegiatan unit pencinta alam, baik di sekolah, kampus, maupun umum.

Kegiatan ini menumbuhkan kesenangan karena dapat melihat panorama alam di sepanjang perjalanan naik dan turun gunung serta ketika berada di puncak gunung.

Panjat tebing

Panjat tebing cocok untuk anak muda. Olahraga ini termasuk menguji adrenalin karena memiliki tantangan yang tinggi. Tebing yang makin ekstrem akan makin menantang. Olahraga ini disukai para pencinta alam.

Bagi kamu yang menyukai tantangan, olahraga ini dapat menjadi pilihan. Namun, perlu diingat, faktor keselamatan perlu diperhatikan.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Olahraga Rekreasi di Alam Terbuka

Snorkeling

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan peralatan yang disebut snorkel.

Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf "J" dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah.

Snorkel berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air.

Dengan alat ini memungkinkan penyelam dapat menikmati keindahan alam bawah air/laut dengan baik dari permukaan.

Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang, meski tidak dapat berenang. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung.

Jika air bersuhu rendah, penyelam dapat memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan, di samping itu berfungsi melindungi tubuh dari luka tergores atau sengatan binatang air.

Diving

Diving atau penyelaman sangat cocok bagi yang menyukai rekreasi air. Kegiatan menyelam dapat dilakukan di pantai atau laut.

Berbeda dengan snorkeling, diving tidak membutuhkan snorkel karena penyelaman yang dilakukan berada di dalam laut sehingga yang dibutuhkan adalah perlengkapan tabung oksigen untuk membantu pernapasan di bawah air.

Bermain di air bagi sebagian orang sangat menyenangkan dan menyegarkan. Ketika bermain di pantai atau laut warnai dengan kegiatan menyelam yang mengasyikkan, menikmati keindahan terumbu karang atau biota laut terutama di daerah-daerah yang memiliki keindahan alam bawah laut.

Olahraga ini membutuhkan kemampuan berenang dan didukung peralatan menyelam.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar olahraga lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer