Sukses


Daftar Waktu yang Tepat untuk Cuci Tangan, Ketahui Caranya yang Benar

Bola.com, Jakarta - Cuci tangan bukan hanya sebatas ritual sebelum makan. Cuci tangan merupakan satu di antara cara membersihkan kotoran dari tubuh.

Secara khusus, tangan merupakan anggota tubuh yang memiliki fungsi cukup aktif dalam pergerakan. Tangan digunakan dalam hampir setiap sendi kehidupan dan perlu mendapat perhatian khusus.

Tangan yang kotor akan memudah penyakit menyebar dengan cepat. Pasalnya, kita kerap menggunakan tangan kotor untuk menyentuh hidung atau bagian tubuh lagi.

Saat COVID-19 menghantam dunia, imbauan untuk mencuci tangan makin menggema. Kini, mau tak mau, mencuci tangan harus makin digalakkan dan semestinya sudah menjadi bagian dari kebiasaan sehari-hari.

Menurut anjuran dokter, cuci tangan yang baik setidaknya selama 20 detik, beberapa kali sehari, atau tergantung kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar waktu yang tepat untuk cuci tangan, dinukil dari Klikdokter, Jumat (14/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Waktu yang Tepat untuk Cuci Tangan

1. Sebelum dan Sesudah Makan Pagi, Siang, dan Malam

Kamu pasti sudah tahu, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan adalah rutinitas penting yang tidak boleh ditinggalkan. Sebab, tangan adalah media perpindahan kuman. Bila tidak dibersihkan, dapat menyebabkan penyakit bagi diri sendiri dan orang lain.

2. Setelah dari Toilet

Toilet jelas mengandung jumlah kuman yang sangat banyak. Mkaa itu, setelah dari toilet, kamu diwajibkan mencuci tangan dengan sabun. Dengan demikian, risiko kuman atau bakteri berbahaya untuk menginfeksi smakin kecil.

3. Sewaktu Mandi

Ketika mandi, tentunya wajib menyabuni bagian tubuh dengan benar dan teliti untuk membunuh kuman penyakit yang menempel di seluruh badan.

4. Setelah Bersin dan Batuk

Saat bersin atau batuk, tangan biasanya digunakan untuk menutup mulut dan hidung guna menghindari penyebaran infeksi. 

Jika setelahnya kamu tidak mencuci tangan, risiko penyakit untuk menular ke orang lain akan makin besar.

3 dari 4 halaman

Daftar Waktu yang Tepat untuk Cuci Tangan

 

5. Setelah Pakai Gadget atau Benda Elektronik Lainnya

Benda-benda seperti telepon genggam, keyboard komputer, dan remote TV sering berpindah tangan atau digunakan secara bergantian. Alat-alat tersebut bisa jadi tempat bagi kuman dan bakteri untuk bersarang serta berkembang biak. 

Nah, agar kamu tidak terserang penyakit infeksi gara-gara benda tersebut, jangan lupa cuci tangan setelah menggunakannya.

6. Sebelum dan Sesudah Merawat Orang Sakit

Saat merawat orang sakit, risiko terpapar kuman kepada dirimu akan makin besar bila tidak membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan orang sakit.

7. Setelah Menyentuh Sampah

Sampah mengandung kuman bakteri penyebab penyakit. Apabila kamu tidak mencuci tangan setelah membuang sampah, risiko terjangkit penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan akan meningkat. 

8. Setelah Ganti Popok dan Membersihkan Kotoran Anak

Kotoran anak, meski masih bayi, juga sama dapat mengandung kuman penyakit. Biasakan selalu mencuci tangan setelah membersihkan kotoran anak.

4 dari 4 halaman

Cara Tepat Mencuci Tangan

 

Berikut cara tepat mencuci tangan:

Untuk mencuci tangan, lebih baik pakai sabun dan air yang mengalir.

  • Pertama, gosok telapak tangan dengan saling menempelkan telapak tangan.
  • Kedua, gosok punggung kedua tangan.
  • Ketiga, bersihkan sela-sela jari, caranya silangkan jari tangan kanan dengan kiri.
  • Keempat, bersihkan bagian dalam dan punggung jari, posisi ujung jari saling mengunci.
  • Kelima, gosok ibu jari. Bersihkan kedua ibu jari secara memutar.
  • Terakhir, bersihkan ujung jari dan kuku. Caranya, kuncupkan ujung-ujung jari, jadi saling bertemu. Lalu, gosokkan ke telapak tangan yang berlawanan. Lakukan untuk masing-masing tangan.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 24/10/2020)

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer