Sukses


Daftar Makanan Pantangan Pengidap Kolesterol Tinggi

Bola.com, Jakarta - Seseorang dikatakan memiliki kolesterol tinggi apabila kadar kolesterol dalam tubuh lebih dari 200 mg/dL.

Jika kadar kolesterol melewati batas normal, kamu harus mulai lebih waspada. Sebab, kolesterol tinggi dapat memicu beberapa penyakit berbahaya, seperti stroke, hipertensi, dan penyakit jantung.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa disebabkan oleh beberapa hal, satu di antaranya pola makan yang tidak sehat. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi harus ekstra hati-hati ketika menyantap makanan.

Ada beberapa makanan pantangan yang perlu hindari agar kadar kolesterol terkontrol dan tubuh tetap sehat.

Apa saja makanan pantangan bagi pengidap kolesterol tinggi?

Berikut ini daftar makanan pantangan pengidap kolesterol tinggi yang perlu diperhatikan, dikutip dari laman Healthline dan Medicalnewstoday, Selasa (18/10/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Kolesterol Tinggi

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji cenderung tinggi lemak dan kolesterol. Hal ini karena kebanyakan makanan cepat saji biasanya makanan olahan serta digoreng dengan minyak banyak sehingga jumlah kalori dan lemak tak jenuhnya tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan secara teratur di restoran cepat saji menyebabkan peningkatan kolesterol dan bahkan dapat menurunkan kolesterol baik di dalam tubuh dan berisiko terkena penyakit jantung, diabetes, hingga obesitas.

2. Kuning Telur

Meski tinggi nutrisi dan masih boleh dikonsumsi oleh pengidap kolesterol, makan telur berlebihan terutama kuningnya sebaiknya dihindari.

Kuning telur dianggap sebagai satu di antara sumber makanan tinggi kolesterol yang sebaiknya dihindari jika kadar kolesterolmu sudah melebihi batas standar.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Kolesterol Tinggi

3. Gorengan

Gorengan menjadi satu di antara pantangan makanan untuk pengidap kolesterol karena kandungan lemak jenuh yang tinggi. Apalagi, jika minyak yang digunakan telah dipakai berulang kali.

4. Kulit

Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol secara cukup signifikan.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Kolesterol Tinggi

5. Sarden

Kamu mungkin bisa mengonsumsi sarden lebih dari satu kaleng per hari. Namun, dikonsumsi berlebihan, makan sarden bisa meningkatkan kolesterol tubuh dengan cepat. Satu ons sarden mengandung sebanyak 40 miligram kolesterol.

6. Jeroan

Jeroan seperti hati, otak, usus, ampela, jantung, dan organ dalam lainnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi orang dengan kolesterol tinggi. Pasalnya, jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lebih baik konsumsi daging yang rendah lemak, jangan organ dalamnya.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Kolesterol Tinggi

7. Daging Olahan

Makanan pantangan pengidap kolesterol selanjutnya adalah daging olahan. Makanan seperti sosis, burger, hingga hotdog menggunakan potongan daging merah olahan paling berlemak sehingga tinggi kolesterol dan lemak jenuh, sehingga perlu dihindari.

Sering mengonsumsi makanan ini dapat dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker tertentu, seperti kanker usus besar.

8. Camilan Manis

Cookies, cake, hingga donat biasanya mengandung mentega yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Jenis makanan itu juga cenderung tinggi gula yang bisa menyebabkan tingginya kadar trigliserida darah atau lemak darah tidak sehat (lipid). Keduanya adalah orone risiko, yang bisa jadi penyebab penyakit jantung oroner.

Untuk pengidap kolesterol, lebih baik membuat makanan manis sendiri di rumah dengan bahan rendah mentega. Agar lebih sehat, kamu bisa mengganti camilan manis dengan buah-buahan segar.

 

Sumber: Healthline, Medicalnewstoday

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer