Sukses


Cara Mengatasi Trauma Masa Lalu

Bola.com, Jakarta - Beberapa orang memiliki trauma akan suatu hal yang terjadi di masa lalu. Maka itu, mereka perlu tahu cara mengatasinya.

Trauma masa lalu tersebut ada yang dapat membaik dengan sendirinya, ada pula yang bertahan hingga waktu lama.

Jika dibiarkan, trauma dapat mengganggu kehidupan. Apa lagi jika pengalaman buruk yang kamu alami berdampak pada trauma psikis.

Bangkit dari trauma memang tak mudah dan membutuhkan proses. Namun, jangan sampai kondisi tersebut membuatmu menyerah dengan keadaan yang sedang kamu alami.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa trauma. Jangan biarkan trauma terus kamu rasakan dalam waktu yang lama.

Berikut cara mengatasi trauma masa lalu yang bisa diterapkan, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (19/10/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

1. Terapi dengan Psikolog atau Psikiater

Cara menghilangkan trauma masa lalu bisa berbeda-beda. Hal ini bergantung pada tingkat keparahannya.

Namun, jika trauma sudah menjadi post-traumatic stress disorder, terapi utamanya adalah psikoterapi. Adakalanya pemberian obat juga dibutuhkan sebagai bagian dari terapi.

2. Akui dan Bersikaplah Lebih Terbuka

Trauma masa lalu terkadang berupa peristiwa memalukan yang tidak mau dibagi kepada orang lain. Namun, makin kamu menyimpannya rapat-rapat, justru bisa makin parah dampak traumanya.

Untuk itu, cobalah mengakui kesalahan, memaafkan diri sendiri, dan tumbuhkan lagi kepercayaan diri. Mencurahkan pikiran dan perasaan kepada orang dengan pengalaman serupa juga dapat menguatkan diri.

Jadi, kamu tidak akan merasa sendirian. Jika tidak cukup nyaman untuk bercerita, tulislah sebuah jurnal untuk menuangkan perasaan.

3. Dekatkan Diri dengan Orang-Orang yang Bikin Kamu Tenang

Cemas dalam tahapan tertentu memang wajar. Namun, kalau terlalu sering, hal itu dapat berefek buruk pada psikis orang yang punya trauma.

Untuk mengurangi rasa cemas tersebut, kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang menenangkan. Energi positif mereka bisa membantu untuk mengalihkan kecemasan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

4. Mengalihkan Pikiran Negatif

Cara menghilangkan rasa trauma dan ketakutan yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencari pengalihan dari pikiran negatif. Hal-hal negatif yang terus-menerus dipikirkan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Usahakan alihkan pikiran negatif kamu. Caranya adalah menyibukkan diri, misalnya menekuni hobi, menjadi relawan kegiatan sosial, atau bergabung dengan suatu komunitas.

5. Relaksasi

Kamu bisa mencoba untuk bermeditasi dan melakukan peregangan sebagai cara mengatasi trauma masa lalu. Langkah ini umumnya cukup ampuh bila dilakukan rutin. 

Pusatkan konsentrasi, pikiran, dan perasaan pada hal-hal positif serta menumbuhkan semangat. Pikirkan peristiwa-peristiwa atau hal yang membuatmu bahagia.

6. Berusaha Menghadapi Rasa Takut

Takut dan cemas akibat peristiwa traumatis itu wajar. Akan tetapi, terus-menerus takut dan kadarnya berlebihan akan menurunkan produktivitas.

Secara bertahap, kuatkan diri dan jadilah berani dalam menghadapi ketakutan. Jangan biarkan masa lalu yang buruk menghalangi kamu untuk bergerak ke depan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

7. Bersabar dan Beranilah

Jika kamu atau kerabat dekat sedang mengalami trauma, satu di antara cara menyembuhkan trauma masa lalu yang tidak kalah penting adalah sabar.

Menghilangkan trauma itu butuh waktu yang cukup panjang dan keberanian yang kuat untuk menghadapinya. Jadi, sebaiknya tidak bersikap terlalu keras kepada diri sendiri demi pulih dari trauma. Lakukan perlahan dan sabar, tetapi konsisten.

8. Fokus pada Masa Sekarang

Cara menghilangkan trauma lainnya adalah berusaha fokus pada masa kini. Biarlah masa lalu menjadi masa lalu. Jangan sampai masa lalu terus mengendalikan kehidupan kamu seterusnya.

Makin kamu berusaha fokus pada apa yang dijalani sekarang, pikiran negatif akan makin sulit mengontrol. Hal ini akan memberikan kebebasan pada pilihan yang kamu ambil di masa sekarang.

9. Peduli pada Diri Sendiri

Lakukan perawatan diri, seperti melakukan hal-hal menyenangkan dan memberikan waktu kepada diri sendiri. Dengarkan diri sendiri, apa yang menjadi kebutuhanmu.

Hal tersebut bisa membantu menghilangkan traumu yang kamu miliki, tak lupa kamu juga harus selalu berpikir positif.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 10/6/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer