Sukses


Daftar Makanan Pantangan bagi Pengidap Asam Lambung

Bola.com, Jakarta - Asam lambung terbilang penyakit yang sangat mengganggu. Banyak orang yang mengalami gangguan ini hingga beberapa kali dalam seminggu.

Asam lambung atau astro esophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan pada tubuh.

Kondisi asam lambung terjadi ketika asam lambung naik dari lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Pengidap penyakit ini biasanya mengalami rasa nyeri seperti terbakar di ulu hati, juga di bagian dada dan pusar. Selain itu, kamu dapat merasakan mual, kembung, muntah, kehilangan nafsu makan atau mudah kenyang saat makan.

Ada berbagai faktor yang bisa memicu naiknya asam lambung. Satu di antaranya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Maka, pengidap asam lambung harus lebih hati-hati mengkonsumsi makanan. Ada beberapa makanan pantangan bagi pengidap asam lambung yang harus dihindari.

Berikut ini daftar makanan pantangan pengidap asam lambung, dikutip dari laman Health dan Everydayhealth, Kamis (20/10/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Lambung

1. Cokelat

Rasanya yang manis memang membuat banyak orang suka ketika mengonsumsi cokelat. Namun, untuk pengidap asam lambung, konsumsinya harus dikurangi. Cokelat yang mengandung banyak lemak dan kafein bisa memicu refluks asam kamu naik jika mengonsumsinya secara berlebih.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi dan nyeri ulu hati. Sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat memicu gejala asam lambung naik dan iritasi pada lambung.

Maka itu, bagi kamu yang sering mengalami asam lambung naik atau gejala maag, sebaiknya hindari segala macam makanan pedas.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Lambung

3. Tomat

Tomat masuk daftar makanan pantangan pengidap asam lambung. Pasalnya, kandungan asam sitrat dan asam malat pada tomat dapat memicu kenaikan asam lambung yang menjadi penyebab maag. Akibatnya, asam lambung akan naik ke kerongkongan yang dapat menyebabkan gejala yang mengganggu.

4. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga merupakan pantangan yang harus dijauhi oleh pengidap asam lambung. Minuman ini bisa menyebabkan iritasi lambung dan melemahkan otot-otot di kerongkongan. Hal tersebut bisa membuat gejala asam lambung kambuh atau menjadi makin parah.

Maka itu, untuk mencegah gejala asam lambung naik, sebaiknya hindari konsumsi minuman beralkohol, seperti wine, anggur, bir, atau cocktail.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Lambung

5. Daging Merah

Daging merah termasuk makanan yang mempunyai lemak tinggi. Daging sapi, domba, dan babi masuk jenis daging merah. Namun, kamu masih bisa mengonsumsi daging merah ini asal dengan porsi yang secukupnya agar tidak memicu naiknya asam lambung.

6. Minuman Berkafein dan Bersoda

Banyak yang mengalami gejala asam lambung naik setelah mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, atau minuman berenergi. Hal ini dikarenakan minuman berkafein atau soda bisa merangsang produksi asam lambung berlebih, terutama jika diminum secara berlebihan.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan Pengidap Asam Lambung

7. Makanan Asin

Pantangan asam lambung yang selanjutnya yaitu makanan asin. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung banyak garam atau natrium dapat memicu refluks asam.

Akan tetapi, hal ini mungkin saja disebabkan oleh kombinasi antara makanan asin dengan gorengan serta makanan berlemak.

Maka itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai asupan garam terhadap naiknya asam lambung. Satu hal yang perlu ditekankan, mengonsumsi makan asin dalam batas wajar masih dapat ditoleransi.

8. Bawang

Kelompok bawang-bawangan, seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai bisa memicu asam lambung. Pasalnya, bawang diketahui bisa melemahkan otot kerongkongan bagian bawah. Dengan demikian, risiko asam lambung naik menjadi makin tinggi.

Tak hanya itu, bawang juga mengandung zat yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sering sendawa. Kondisi ini merupakan satu di antara gejala maag yang memperburuk kenaikan asam lambung.

 

Sumber: Health, Everydayhealth

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer