Sukses


Daftar Makanan Pantangan bagi Pengidap Darah Tinggi

Bola.com, Jakarta - Darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah kondisi di mana tekanan darah dalam tubuh manusia berada di atas batas normal.

Seseorang yang normal memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mmHg. Namun, bagi pengidap darah tinggi (hipertensi), tekanan darahnya akan lebih dari normal, mencapai 140/90 mmHg.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami darah tinggi. Satu di antaranya faktor makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, bagi pengidap darah tinggi dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan penyebab hipertensi demi menjaga kesehatan tubuh.

Satu di antara makanan pemicu darah tinggi adalah yang mengandung garam. Maka itu, kamu perlu mengetahui apa saja makanan pantangan untuk pengidap darah tinggi.

Berikut ini daftar makanan pantangan bagi pengidap darah tinggi yang harus dihindari, dikutip dari laman Healthline dan Mayoclinic, Kamis (20/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan bagi Pengidap Darah Tinggi

1. Garam

Garam menduduki puncak daftar makanan yang harus dihindari oleh pengidap darah tinggi. Sodium meningkatkan jumlah cairan dalam darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darahmu.

Kamu tidak boleh menambahkan jenis garam apa pun ke makanan jika kamu memiliki tekanan darah tinggi.

2. Makanan Cepat Saji

Semua orang tahu bahwa makanan cepat saji memang tidak baik bagi kesehatan. Beberapa makanan yang termasuk jenis ini adalah piza, ayam goreng, hamburger, kentang goreng, dan masih banyak lagi.

Makanan cepat saji harus dihindari bagi bagi pengidap darah tinggi karena makanan cepat saji mengandung garam yang sangat tinggi.

Selain itu, adanya garam juga yang menyebabkan rasa makanan cepat saji terasa nikmat. Kemudian kandungan lemak yang tinggi menjadikan makanan cepat saji termasuk makanan pemicu darah tinggi.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan bagi Pengidap Darah Tinggi

3. Gula

Tak hanya berbahaya bagi pengidap gula darah tinggi, mengonsumsi gula berlebihan juga berbahaya bagi pengidap hipertensi.

Kondisi ini bisa terjadi ketika tubuh terlalu banyak gula lalu menjadi gemuk atau obesitas. Obesitas inilah yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

4. Makanan Kaleng

Makanan yang dikemas dalam kaleng juga tinggi akan kandungan natrium atau garam. Banyaknya garam di dalam makanan kaleng tentu tidak sehat bagi pengidap darah tinggi.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan bagi Pengidap Darah Tinggi

5. Acar Mentimun

Kandungan garam atau natrium dalam acar mentimun sangat tinggi sehingga makanan ini termasuk penyebab darah tinggi.

Oleh karena itu, bila kamu memiliki riwayat hipertensi dan menyukai acar, sebaiknya hindari dari sekarang. Lebih baik kamu mengonsumsi mentimun atau sayuran segar lainnya untuk mencegah gejala darah tinggi.

6. Alkohol

Alkohol memiliki peran buruk bagi kesehatan tubuh. Satu di antaranya adalah menaikan tekanan darah. Tak hanya itu, alkohol juga tinggi kalori dan glukosa.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan bagi Pengidap Darah Tinggi

7. Kopi dan Minuman Berkafein Lainnya

Tidak hanya makanan yang menjadi pantangan darah tinggi, ada juga minuman yang perlu dihindari, yakni kopi, teh, dan soda. Ketiga minuman tersebut mengandung kafein yang dapat berkontribusi buruk bagi pengidap hipertensi.

Kafein adalah zat yang mampu menaikkan kadar tekanan darah secara sementara. Pengidap tekanan darah tinggi sebaiknya menanyakan kepada dokter apakah perlu membatasi minuman berkafein atau tidak.

Namun, sebaiknya batasi minuman tersebut hanya 200 mg per hari. Jumlah tersebut setara dengan secangkir kopi racik (brewed coffee) dengan kapasitas 355 ml.

8. Daging Olahan

Daging olahan adalah makanan yang dilarang untuk pengidap darah tinggi. Sebab, produk ini banyak mengandung natrium. Pastikan kamu mengonsumsi daging dalam keadaan segar, bukan daging olahan.

 

Sumber: Healthline, Mayoclinic

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer