Sukses


Macam-Macam Bahaya Kekurangan Vitamin A bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Berbagai jenis vitamin sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Satu di antara vitamin yang sangat penting untuk tubuh secara keseluruhan adalah vitamin A.

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Kekurangan vitamin A merupakan kondisi ketika tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin A yang cukup dari makanan.

Vitamin A berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. Vitamin ini berfungsi dalam mendukung sistem reproduksi, kekebalan tubuh, dan kesehatan mata.

Agar tubuh tidak kekurangan asupan vitamin A, pakar kesehatan menyarankan untuk rajin mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin jenis ini.

Banyak suplemen vitamin A yang bisa kita konsumsi, tapi lebih baik kita mendapatkannya dengan cara alami atau dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Lantas, apa saja bahaya yang bisa didapatkan oleh tubuh ketika kekurangan vitamin A?

Berikut macam-macam bahaya kekurangan vitamin A bagi kesehatan, disadur dari Klikdokter, Senin (24/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahaya Kekurangan Vitamin A bagi Kesehatan

1. Kulit Kering dan Gatal

Berdasarkan International Archives of Allergy and Immunology, vitamin A berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel kulit. Vitamin ini juga bertugas melawan peradangan akibat masalah kulit tertentu. 

Menurut penelitian yang dimuat European Journal of Clinical Nutrition, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan masalah kulit, satu di antaranya dermatitis atopik alias eksim kering.

Kondisi tersebut ditandai dengan kulit kering, memerah dan gatal terus-menerus. Bahkan, pada beberapa kasus, penyakit akibat kekurangan vitamin A ini menyebabkan kulit terasa sakit dan berdarah. Biasanya, eksim menjangkiti kaki, lengan, dan wajah. 

2. Kebutaan

Menurut ​​American Academy of Ophthalmology, kekurangan vitamin A bisa memengaruhi kesehatan mata, bahkan bisa menimbulkan risiko kebutaan. 

Kondisi tersebut awalnya dimulai dengan rabun senja, yaitu penurunan kemampuan penglihatan secara drastis ketika berada di lingkungan gelap. 

Jika defisiensi vitamin A tidak diatasi, bagian kornea dan konjungtiva bisa mengering. Kondisi ini membuat kornea lebih mudah terluka. Cepat atau lambat, hal tersebut bisa memicu kebutaan alias kehilangan penglihatan sama sekali.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahaya Kekurangan Vitamin A bagi Kesehatan

3. Luka Sulit Sembuh

Jika kamu memiliki luka yang tidak kunjung sembuh usai mengalami cedera, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena kekurangan kadar vitamin A. 

Pasalnya, vitamin A dapat mendukung produksi kolagen. Ini adalah serat protein yang berperan mendorong pertumbuhan kulit di tepi luka, dapat cepat menyusut dan menutup. 

4. Pertumbuhan Anak Terhambat

Kekurangan vitamin A akan menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terhambat. Penyebabnya karena vitamin tersebut diperlukan untuk perkembangan tubuh manusia. 

Karena itu, memenuhi asupan vitamin A adalah hal yang penting penting agar pertumbuhan anak tetap optimal.  Vitamin A bisa dipenuhi dari makanan sehari-hari, atau konsumsi suplemen setelah berkonsultasi dengan dokter.

Riset yang dirilis American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa suplemen vitamin A terbukti dapat membantu meningkatkan pertumbuhan anak. 

Studi itu dilakukan pada lebih dari 1.000 anak di Indonesia yang sebelumnya kekurangan asupan vitamin A.   

Meski begitu, manfaat vitamin A dalam mendukung pertumbuhan anak akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan asupan nutrisi lain dalam jumlah seimbang.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahaya Kekurangan Vitamin A bagi Kesehatan

5. Jerawat 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Clinical and Experimental Dermatology mengungkapkan, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat. 

Jerawat timbul karena sel-sel kulit mati tidak mengalami regenerasi akibat kekurangan kadar vitamin A.

Vtamin A berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel kulit. Selain itu, vitamin ini juga bertugas melawan peradangan, seperti jerawat.

6. Ketidaksuburan

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan ketidaksuburan pada pria dan wanita. Pasalnya, vitamin A berperan dalam perkembangan sel telur pada wanita dan sperma pada pria. Jika ada defisiensi dan tidak diatasi akan menyebabkan infertilitas.

Berdasarkan riset yang dirilis jurnal Fertility and Sterility, penyebab ketidaksuburan pada pria diduga karena stres oksidatif yang merusak sel-sel sperma. 

Stres oksidatif adalah kondisi ketika kadar radikal bebas dalam tubuh melebihi antioksidan. Kondisi ini bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sperma. Diduga, mekanisme serupa juga terjadi pada sel telur. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 13/7/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer