Sukses


Contoh-Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Bola.com, Jakarta - Pekerjaan adalah semua aktivitas atau kegiatan manusia yang dilakukan dengan harapan bisa mendapatkan imbalan.

Manusia mempunyai beragam kebutuhan untuk bisa mempertahankan hidupnya. Untuk memenuhi beragam kebutuhan tersebut, manusia harus bekerja agar mendapat imbalan.

Imbalan yang diperoleh dapat berupa uang atau bukan uang, sesuai kesepakatan kerja.

Pekerjaan yang tidak menghasilkan uang tetapi mendapatkan rasa kepuasan karena dapat membantu orang lain, biasa disebut pekerja sosial atau relawan.

Imbalan berupa uang diberikan kepada pekerja setelah menyelesaikan tugasnya. Selain itu, ada pula pekerjaan yang mendapatkan uang karena ada produknya, yaitu berupa barang dan jasa.

Ada banyak contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa. Apa saja pekerjaan tersebut?

Berikut ini contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa, dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Senin (24/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

1. Petani

Indonesia terkenal sebagai negara agraris. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai petani banyak tersebar di masyarakat, terutama daerah perdesaan.

Petani menghasilkan barang-barangsebagai produk pertanian, misalnya padi, sayuran, buah, kopi, cokelat. Petani zaman sekarang tidak hanya bekerja secara tradisional, tetapi juga mengikuti arus modernisasi.

2. Peternak

Peternak merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan pemeliharaan hewan ternak, seperti ayam, lembu, kambing, ikan. Ternak yang dipelihara dan dirawat akan menghasilkan telur, daging, susu.

Selain itu, benih-benih ikan atau anakan dari hewan ternak juga diperjualbelikan. Hasil ternak tersebut dijual dan menghasilkan uang.

3 dari 5 halaman

Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

3. Nelayan

Nelayan merupakan pekerjaan yang banyak digeluti oleh masyakarat Indonesia. Negara maritim adalah sebutan untuk negara Indonesia. Maka itu, sudah selayaknya masyarakat Indonesia memiliki keterampilan sebagai nelayan.

Penangkapan ikan atau hasil laut lainnya seperti udang dan cumi adalah hasil pekerjaan nelayan dengan menggunakan alat pancing atau jaring.

Penangkapan ikan oleh nelayan ini merupakan kegiatan menangkap atau mengumpulkan ikan/binatang air lainnya, tanaman air yang hidup di laut/ perairan umum secara bebas dan bukan milik perseorangan.

4. Pedagang

Pedagang yang dimaksud adalah pedagang kecil. Berdagang merupakan pekerjaan yang mencakup jual beli barang, seperti sayuran, buah, dan barang kebutuhan sehari-hari.

Pekerjaan ini dilakukan secara perseorangan, modal kecil, dan dijual eceran. Pekerjaan tersebut berkaitan dengan produk barang yang ada di masyarakat sekitar, dan merupakan ragam pekerjaan tradisional yang sudah ada turun temurun.

Meski demikian, banyak juga ragam pekerjaan tradisional yang mengalami pembaruan sesuai tuntutan zaman.

4 dari 5 halaman

Contoh Pekerjaan Berupa Jasa

1. Perawat

Tenaga kesehatan merupakan tenaga yang andal dalam melayani jasa kesehatan masyarakat. Di daerah perdesaan di luar Pulau Jawa, terutama di daerah pedalaman, tenaga perawat menjadiujung tombak tenaga kesehatan.

Di tengah keterbatasan sarana kesehatan, sarana transportasi di daerah pedalaman, serta keterbatasan tenaga dokter atau bidan, perawat merangkap pekerjaan yang terkait kesehatan masyarakat.

Selain memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sakit diare, batuk, dan pilek, perawat juga menyiapkan obat-obatan umum.

Lantaran keterbatasan tenaga bidan, perawat juga memberikan pelayanan pada ibu-ibu hamil, mulai saat mengandung, membantu proses kelahiran, maupun setelah melahirkan.

Pekerjaan sebagai perawat merupakan pekerjaan mulia karena membantu menjaga kesehatan dasar bagi masyarakat terpencil.

2. Pemandu Wisata

Wisata suatu daerah atau negara dikenal dengan baik bila wisatawan yang berkunjung mendapatkan informasi secara lengkap dari pemandu wisata. Dengan demikian, pemadu wisata merupakan duta daerah atau duta bangsa.

Pemandu wisata adalah pekerjaan yang tugasnya menemani, membimbing, memberi saran tempat wisata, kuliner, tempat berbelanja kepada wisatawan.

Pekerjaan pemandu wisata memerlukan pengetahuan yang luas tentang tempat wisata agar wisatawan mengetahui objek wisata dengan baik.

5 dari 5 halaman

Contoh Pekerjaan Berupa Jasa

3. Pemusik

Pemusik merupakan jasa yang berkaitan dengan seni musik. Pendengar merasakan kenyamanan dan kepuasan batin karena terhibur oleh musik yang dimainkan pemusik.

Peluang dalam pekerjaan pemusik sangat luas, dapat bermain perorangan, juga bermain dalam kelompok.

Selain bermain dalam pertunjukan seni, seorang pemusik dapat bekerja sebagai guru musik, aransemen musik, produksi musik iklan, atau bermain dalam orkestra.

Selain musik modern ada juga yang tradisional. Namun, pemusik tradisional sekarang sangat langka. Pemusik dengan alat musik tradisional langka, terutama generasi muda.

Upaya pengaderan generasi muda oleh pemusik tradisonal perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Dengan demikian, alat musik tradisional tetap terjaga dan terawat.

4. Penjahit

Pekerjaan sebagai penjahit adalah pekerjaan yang memberikan jasa membuat dan mengubah pakaian sesuai permintaan atau pesanan pelanggan.

Seorang penjahit dapat bekerja perorangan, kelompok, atau di pabrik. Pekerjaan sebagai penjahit dapat menggunakan tangan atau mesin jahit, dan dapat menetap atau berkeliling.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer