Sukses


Isi Teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober setiap tahunnya. Tahun 2022 ini, Hari Sumpah Pemuda akan menjadi peringatan yang ke-94.

Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Jadi, Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing.

Seperti diketahui, teks Sumpah Pemuda menjadi bagian sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai warga negara tentu harus mengetahui isi dari teks Sumpah Pemuda tersebut.

Berikut ini isi teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 yang perlu diketahui warga Indonesia, dikutip dari laman museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id, Selasa (25/10/2022).

2 dari 2 halaman

Isi Sumpah Pemuda

Dalam Kongres pada 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta) terdapat tiga keputusan penting, yakni bernama Sumpah Pemuda yang berbunyi:

  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Tiga keputusan penting dari isi Sumpah Pemuda di atas sesuai dinding prasasti museum Sumpah Pemuda. Namun, penulisan teks di dinding prasasti tertulis menggunakan ejaan Van Ophuysen.

 

Sumber: museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer