Sukses


Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Vertigo

Bola.com, Jakarta - Vertigo dapat terjadi pada semua usia, tetapi keluhan kesehatan ini lebih sering terjadi pada orang berusia 65 tahun ataupun lebih.

Vertigo adalah keluhan pusing berputar yang sering terjadi secara mendadak. Sensasi yang muncul menyebabkan kamu atau lingkungan sekitar terasa berputar.

Jika kamu mengalami vertigo, dapat dipastikan aktivitas harianmu akan terganggu karena kesulitan menjaga keseimbangan tubuh.

Ada beberapa gejala vertigo lain, berupa mual, muntah, nistagmus (pergerakan bola mata yang abnormal), berkeringat, hingga hilangnya pendengaran.

Keluhan vertigo dapat terjadi secara sementara ataupun dalam jangka waktu yang panjang serta dapat hilang-muncul.

Satu di antara upaya untuk mencegah terjadinya vertigo adalah menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari karena bisa menjadi pemicu.

Berikut ini daftar makanan pantangan yang perlu dihindari pengidap vertigo, dikutip dari laman Vertigotreatment dan Livestrong, Rabu (26/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Vertigo

1. Garam Sodium

Bumbu masakan ini adalah penyebab utama dalam memperparah vertigo. Mengonsumsi garam menyebabkan retensi kelebihan air di tubuh dan memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan.

Kelebihan garam dalam makanan mengganggu mekanisme keseimbangan telinga bagian dalam.

Hindari makanan tinggi natrium seperti keripik, keju, popcorn, acar, kecap, dan makanan kaleng.

2. Makanan Manis

Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi bisa menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga yang mengakibatkan peningkatan gejala vertigo.

Untuk meminimalkan fluktuasi, pilih gula kompleks yang terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, kentang, dan sayuran. Sementara itu, hindari gula meja, gula merah, madu, sirup maple, dan sirup jagung.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Vertigo

3. Makanan yang Mengandung Tiramin

Satu di antara makanan pantangan bagi pengidap vertigo adalah yang mengandung tiramin. Tiramin adalah asam amino yang diketahui dapat memicu migrain, serta kondisi lain yang dapat menyebabkan pusing dan vertigo.

Contoh makanan yang mengandung tiramin, yaitu anggur merah, hati ayam, serta daging asap.

4. Makanan dan Minuman Berkafein

Kafein yang terkandung dalam aneka makanan dan minuman, seperti kopi, teh, cokelat, minuman energi dan soda dapat meningkatkan sensasi dengung di dalam telinga. Itulah sebabnya, pengidap vertigo sebaiknya menghindari asupan kafein.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Vertigo

5. Gorengan

Gorengan memang enak, tetapi ini makanan yang juga harus dihindari pengidap vertigo. Beberapa makanan yang digoreng dapat menyebabkan reaksi peradangan sehingga turut mengganggu telinga dalam dan mencetuskan vertigo. Contohnya kentang goreng, tahu goreng, dan lain-lain.

6. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol perlu dibatasi oleh pengidap vertigo karena dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga bagian dalam. Alkohol juga dapat memperburuk rasa pusing, ketika dikonsumsi oleh pengidap vertigo.

Pengaruh negatif dari alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi dan memicu metabolit berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak. Alkohol juga terkenal sebagai pemicu serangan migrain yang juga menyebabkan pusing dan mual.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Vertigo

7. Santan

Bahan masakan yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah santan. Dengan menggunakan bahan satu ini, makanan menjadi lebih lezat dan kental. Biasanya, hidangan yang menggunakan santan seperti kari, opor, dan rendang.

Faktanya, makanan dengan santan berlebihan ini menjadi satu di antara makanan penyebab vertigo kambuh. Memiliki kandungan lemak yang tinggi, santan dapat mengakibatkan kolesterol yang pada akhirnya memicu terjadinya vertigo.

 

Sumber: Vertigotreatment, Livestrong

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer