Sukses


Penyebab Umum Stroke yang Harus Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Seperti diketahui, stroke merupakan satu di antara penyakit berat yang berbahaya. Stroke juga termasuk penyebab utama kematian terbesar di dunia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun di seluruh dunia, 15 juta orang menderita stroke. Di Indonesia, jumlah penderita stroke meningkat setiap tahunnya.

Satu di antara penyebab munculnya stroke adalah aliran darah dan oksigen menuju ke otak terhambat.

Otak tidak akan bekerja dengan baik dan semestinya tanpa aliran darah dan oksigen. Hal tersebut menyebabkan kematian sistem kerja otak yang dapat mengakibatkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh otak tersebut tidak berfungsi normal.

Stroke bisa muncul kapan saja dan tanpa memberikan gejala. Bila telah terkena stroke pada tahap awal, harus ditangani segera untuk meminimalkan kerusakan otak lebih lanjut.

Stroke bisa dihindari dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, menghindari rokok, dan begadang setiap malam.

Lantas, apa saja penyebab stroke yang perlu kita waspadai?

Berikut penyebab umum seseorang terkena stroke yang harus diwaspadai, seperti dikutip dari laman Webmd, Jumat (28/10/2022).

2 dari 4 halaman

Penyebab Umum Seseorang Terkena Stroke

1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau bahasa medisnya adalah hipertensi menjadi satu di antara penyebab utama seseorang terkena stroke. Jika tekanan darahmu cukup tinggi dan berada di angka 140/90, hubungi dokter karena mungkin saja kamu memiliki risiko terkena stroke.

2. Kebiasaan Merokok

Kegiatan merokok yang terlalu sering kamu lakukan akan meningkatkan risiko terkena stroke karena nikotin yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan tekanan darah naik, dan tekanan darah tinggi adalah satu di antara penyebab utama seseorang terkena stroke.

Asap rokok juga dapat menyebabkan penumpukan lemak di arteri leher utama sehingga darah menjadi mengental dan sangat rawan membeku.

3. Diabetes

Seseorang yang mengidap diabetes biasanya memiliki tekanan darah yang cukup tinggi. Diabetes menjadi penyebab tidak langsung munculnya penyakit stroke.

Seperti yang telah diketahui, penyebab utama stroke adalah tekanan darah yang terlalu tinggi. Diabetes dapat merusak pembuluh darah.

3 dari 4 halaman

Penyebab Umum Seseorang Terkena Stroke

3. Memiliki Penyakit Jantung

Beberapa orang yang memiliki penyakit jantung rentan terkena stroke. Berbagai gangguan pada jantung, yakni detakan yang tidak teratur, fibrilasi atrium, dan arteri yang tersumbat oleh lemak, dapat menjadi faktor munculnya stroke pada seseorang.

4. Memiliki Kelebihan Berat Badan

Saat kamu memiliki berat badan yang terlalu berlebih, risiko terkena stroke akan meningkat. Mengalami kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan hipertensi. Jika tidak segera ditangani, akan menyebabkan stroke.

Berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat secara rutin akan membantu kamu untuk mengurangi berat badan.

5. Faktor Keturunan atau Genetika

Keturunan atau genetika merupakan satu di antara faktor yang bisa menentukan seseorang terkena stroke. Hal ini berarti jika ada anggota keluargamu seperti ayah, ibu, kakek, atau nenek yang memiliki stroke, risiko kamu untuk terkena stroke juga tinggi.

Penting bagi kamu dan keluarga mengontrol dan melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Beberapa kasus stroke juga dapat disebabkan oleh kelainan genetik yang menghambat aliran darah ke otak.

4 dari 4 halaman

Penyebab Umum Seseorang Terkena Stroke

7. Faktor Usia

Usia seseorang memang bukan menjadi faktor utama penyebab stroke karena siapa saja, pria maupun wanita dalam segala usia, dapat terkena stroke.

Namun, secara keseluruhan, peluang dan risiko terkena stroke makin meningkat seiring bertambahnya usia, khususnya bagi mereka yang telah memiliki usia di atas 55 tahun.

8. Faktor Jenis Kelamin

Seorang pria memiliki faktor terkena stroke lebih besar daripada seorang wanita, pada usia yang relatif sama. Namun, hal tersebut tidak menyebabkan wanita tidak dapat terkena stroke karena risiko wanita terkena stroke akan tinggi seiring bertambahnya usia, khususnya saat memasuki usia lanjut.

9. Kolesterol Tinggi yang Tak Terkontrol

Kolesterol yang kadarnya terlalu tinggi akan membentuk lapisan pada dinding-dinding pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah menjadi sempit sehingga sel-sel darah menjadi sulit mengalir ke seluruh tubuh. Jika aliran darah terhambat, risiko penyakit berbahaya seperti stroke pun meningkat.

 

Sumber: WebMd

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer