Sukses


Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Maag

Bola.com, Jakarta - Maag merupakan penyakit lambung yang cukup umum dan bisa diderita oleh siapa saja. Maag bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Saat maag, biasanya seseorang merasakan sakit pada bagian perut.

Biasanya maag dipicu karena orang-orang yang sering menunda makan. Untuk itu, bagi kamu pengidap maag disarankan untuk makan secara teratur.

Selain itu, maag bisa dihubungkan dengan pola makan yang salah atau tidak sehat.

Untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya kamu mulai memperhatikan hal-hal yang menjadi pantangan asam lambung, termasuk menjauhi beberapa jenis makanan tertentu.

Lantas, apa saja makanan pantangan yang perlu dihindari pengidap maag?

Berikut ini daftar makanan pantangan yang perlu dihindari pengidap maag, dikutip dari laman Healthline dan Mayoclinic, Kamis (10/11/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Maag

1. Makanan Pedas

Makanan yang harus dihindari pertama adalah makanan pedas. Jenis makanan ini dapat mengiritasi saluran pencernaan, termasuk lambung. Maka itu, makanan ini menjadi satu di antara pantangan untuk pengidap penyakit maag atau asam lambung.

2. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol menjadi pantangan bagi pengidap maag atau memiliki penyakit pada saluran pencernaan. Minuman beralkohol dapat merangsang produksi asam lambung lebih banyak.

Minuman ini juga menyebabkan heartburn karena mengendurkan otot di kerongkongan sehingga mempermudah asam lambung naik ke atas.

3. Makanan Asam

Makanan asam menjadi pantangan bagi pengidap maag atau memiliki penyakit pada saluran pencernaan. Asam makanan bisa menciptakan lingkungan di dalam perut makin asam. Akibatnya, lapisan lambung yang meradang atau terluka bisa memunculkan respons berupa sakit perut.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Maag

4. Cokelat

Mengonsumsi cokelat secara berlebihan bisa menyebabkan gejala penyakit maag kambuh kembali, bahkan memperburuk kondisi.

Hal ini karena efek cokelat yang dapat melemaskan otot di katup kerongkongan, dapat memicu makanan dan isi lambung naik kembali sehingga bisa membuat pengidap maag merasakan sensasi perih atau panas di dada serta leher.

5. Kopi

Sebagian orang bisa merasakan gejala maag setelah mengonsumsi kopi. Hal ini karena kandungan kafein dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, terutama jika jumlah yang diminum terlalu banyak.

6. Tomat

Tomat juga bisa memicu kenaikan asam lambung. Hal ini dikarenakan tomat mengandung asam sitrat dan asam malat yang bisa menyebabkan maag.

Konsumsi tomat berlebih dapat menganggu sistem pencernaan. Akibatnya, asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pantangan yang Perlu Dihindari Pengidap Maag

7. Bawang

Bawang mengandung zat yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sering sendawa. Kondisi ini merupakan satu di antara gejala maag yang memperburuk kenaikan asam lambung.

8. Gorengan

Gorengan biasanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kolesterol dalam jenis makanan ini berhubungan dengan meningkatnya asam lambung dalam lambung. Jadi, sebisa mungkin kurangi atau hindari konsumsi gorengan.

9. Minuman Soda

Minuman soda memiliki kandungan gula dan kadar asam yang tinggi. Hal ini bisa memicu maag makin parah. Selain itu, mengonsumsi minuman bersoda secara berlebih bisa membuat kondisi kesehatanmu memburuk untuk jangka waktu panjang.

 

Sumber: Healthline, Mayoclinic

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer