Sukses


20 Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

Bola.com, Jakarta - Surat lamaran pekerjaan menjadi satu di antara aspek penting yang harus dipersiapkan saat sedang mencari atau melamar pekerjaan.

Pelamar diharuskan menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar agar peluang diterima di perusahaan incaran makin besar.

Satu di antara hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan ialah alinea pertama atau pembuka.

Tak sedikit orang yang masih bingung dalam menyusun atau membuat alinea pembuka dalam surat lamaran pekerjaan.

Bagi kamu yang masih bingung membuat alinea pembuka dalam surat lamaran pekerjaan, tidak perlu resah. Ada beberapa contoh alinea pembuka dalam surat lamaran pekerjaan yang bisa jadi sumber referensi.

Berikut ini beberapa contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan, dikutip dari laman Tipskerja dan Ekrut, Rabu (16/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

1. Berdasarkan informasi dari (…) bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan pekerja pada posisi (…). Sehubungan dengan itu saya ingin bermaksud untuk melamar posisi tersebut.

2. Sehubungan dengan informasi yang saya terima dari (…) mengenai lowongan kerja di perusahaan Bapak/Ibu. Melalui surat lamaran ini saya ingin melamar pekerjaan di posisi (…).

3. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari media online (…) pada tanggal (…), bahwa perusahaan Bapak/Ibu menerima lowongan pekerjaan dengan posisi (…). Melalui surat ini saya bermaksud untuk melamar di posisi tersebut.

4. Sehubungan dengan iklan yang dimuat dalam Harian Sinar Nusantara, 25 April 2017, tentang lowongan kerja, saya yang bertanda tangan di bawah ini.

5. Berkaitan dengan sumber informasi dari situs lowongan pekerjaan di internet, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi (…) di perusahaan Bapak/Ibu.

3 dari 5 halaman

Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

6. Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari (…) yang dimuat di Harian (…) tanggal (…). Saya mengajukan diri untuk berkontribusi dalam (…).

7. Menurut informasi yang saya terima dari situs lowongan di internet, saya bermaksud untuk melamar dan berkontribusi untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dengan posisi sebagai (…).

8. Menurut informasi lowongan pekerjaan yang saya terima dari situs (...) bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan tenaga kerja untuk posisi (...). Maka melalui surel ini saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut dan mengikuti proses seleksi di (...).

9. Sehubungan dengan informasi lowongan pekerjaan di internet yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan karyawan sebagai (...).

10. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Majalah (...) edisi (...) perihal lowongan pekerjaan di (...), melalui surat lamaran ini saya bermaksud melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi bagian (...).

4 dari 5 halaman

Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

11. Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari (...) yang dimuat di Harian (...) tanggal (...). Saya mengajukan diri untuk berkontribusi dalam (...).

12. Berkaitan dengan sumber informasi lowongan pekerjaan di internet, pada kesempatan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di bagian administrasi di (...). Saya pun berharap mendapatkan kesempatan untuk dapat mendiskusikan bagaimana saya bisa berkontribusi pada posisi serta perusahaan ini.

13. Sesuai informasi yang saya dapatkan dari (…) edisi (…), bahwa PT. (…) sedang membutuhkan pekerjaan tambahan pada bagian (…). Sehubungan dengan itu saya bermaksud melamar pekerjaan yang Bapak/Ibu pimpin.

14. Menurut informasi lowongan pekerjaan yang saya terima dari situs (...) bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan tenaga kerja untuk posisi (...). Maka melalui surel ini saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut dan mengikuti proses seleksi di (...).

15. Menurut informasi lowongan pekerjaan yang saya terima dari situs (…) membutuhkan tenaga kerja untuk posisi (…). Maka melalui surel ini saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi posisi tersebut dan mengikuti proses seleksi di (…).

5 dari 5 halaman

Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

16. Berkaitan dengan informasi yang saya terima dari surat kabar (...) pada tanggal (...), bahwa (...) membuka lowongan pekerjaan. Maka dengan surat ini saya bermaksud untuk bergabung dengan (...). Adapun bagian pekerjaan yang saya maksud adalah bagian (...).

17. Saya telah tertarik untuk bekerja di Perusahaan … sejak lama. Saya merupakan kandidat terbaik dengan pengalaman saya di bidang Human Resources serta pengalaman saya bekerja selama (...) tahun di perusahaan (...).

18. Posisi asisten marketing sangat cocok bagi saya. Sebagai seorang fresh graduate dari jurusan Business and Marketing dari Universitas (...). Saya memiliki prestasi akademik yang cukup membanggakan dengan pengalaman magang sebagai marketing staff selama enam bulan di startup (...). Apabila diberi kesempatan, saya akan mengaplikasikan kemampuan yang telah diraih secara akademik serta pengalaman bekerja di startup dengan budaya bekerja yang sangat cepat.

19. Saat melihat ada lowongan pekerjaan dari perusahaan (...) pada tanggal (...) di laman website (...) saya merasa terpanggil untuk melamar posisi koordinator media sosial.

20. Terkait dengan sumber info dari situs lowongan kerja di internet, saya berniat untuk melamar kerja dengan status sebagai (…) di perusahaan Bapak/Ibu.

 

Sumber: Tipskerja, Ekrut

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer