Sukses


Daftar Makanan Pantangan saat Radang Tenggorokan

Bola.com, Jakarta - Radang tenggorokan merupakan satu di antara keluhan kesehatan yang sering dialami banyak orang.

Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi ketika bagian belakang tenggorokan (faring) mengalami peradangan.

Saat mengalami radang tenggorokan, acapkali membuat pengidapnya merasa tidak nyaman, nyeri, bahkan kesulitan untuk menelan makanan atau minuman.

Hal ini tentunya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu mengalami radang tenggorokan. Satu di antaranya menghindari makanan tertentu.

Untuk itu, kamu perlu mengenali beragam makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit tenggorokan agar cepat sembuh.

Berikut ini daftar makanan pantangan saat radang tenggorokan yang harus dihindari, dikutip dari laman Mayoclinic dan Medicalnewstoday, Rabu (16/11/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan saat Radang Tenggorokan

1. Gorengan

Makanan yang digoreng harus dihindari bagi pengidap radang tenggorokan karena memiliki tekstur yang kering dan kasar. Hal ini dapat memperburuk radang tenggorokan dan menyebabkan iritasi lebih lanjut.

2. Makanan Berlemak

Saat mengalami keluhan kesehatan ini, disarankan untuk menghindari jenis makanan tertentu, satu di antaranya makanan yang berlemak. Sebab, jenis makanan ini bisa memperparah gejala radang serta sulit dicerna tubuh.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan saat Radang Tenggorokan

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji biasanya merupakan sesuatu yang digoreng dan memiliki tekstur yang kering. Pengidap radang tenggorokan dianjurkan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan yang digoreng dan kering karena teksturnya yang terlalu keras sehingga dapat menyebabkan rasa sakit di tenggorokan.

4. Makanan Asam

Makanan yang bersifat asam dapat mengiritasi bagian yang sudah mengalami peradangan sehingga dapat mengiritasi dan memperburuk kondisi radang tenggorokan.

Hindari makanan asam seperti tomat, jeruk, lemon, dan buah-buahan asam lainnya. Jika ingin memenuhi asupan vitamin C, lebih baik menggantinya dengan sayuran seperti bayam, kale, paprika, atau brokoli.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan saat Radang Tenggorokan

5. Makanan Pedas

Makanan yang perlu dihindari saat sakit tenggorokan lainnya adalah makanan pedas. Untuk sementara waktu, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan yang mengandung sambal, cabai bubuk, bumbu kari, pala, merica, dan cengkih.

Sebab, makanan itu bisa memperparah gejala radang tenggorokan karena rawan mengiritasi tenggorokan.

6. Makanan Manis

Makanan manis dapat memicu kenaikan asam lambung ke kerongkongan, apalagi jika makanan tersebut mengandung pemanis buatan. Asam dari lambung ini selanjutnya akan mengiritasi tenggorokan di bagian pita suara (laring).

Kondisi ini dikenal juga dengan refluks faring laring (LPR). Asam yang mengiritasi pita suara tentunya menyebabkan peradangan laring (laringitis), bahkan bisa menimbulkan gejala suara serak.

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Pantangan saat Radang Tenggorokan

7. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol bisa menyebabkan sensasi menyengat pada tenggorokan yang sakit. Minuman beralkohol juga dapat membuat dehidrasi sehingga tidak baik bagi pengidap radang tenggorokan.

8. Minuman Bersoda dan Kafein

Minuman mengandung soda dan kafein bisa memicu iritasi di tenggorokan. Selain itu, mengonsumsi minuman saat radang tenggorokan bisa menyebabkan dehidrasi sehingga makin sulit untuk pulih.

 

Sumber: Mayoclinic, Medicalnewstoday

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer