Sukses


Daftar Landmark Penting di Qatar, Wajib Dikunjungi sambil Nonton Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Sudah punya tiket pertandingan menyaksikan Piala Dunia 2022 secara langsung? Jangan lupa untuk berkeliling mengunjungi landmark penting di seantero Qatar.

Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Piala Dunia yang ke-22 ini digelar 20 November-18 Desember 2022. Pertandingan dimainkan di delapan stadion yang ada di lima kota.

Lima kota tersebut yakni Al Khor, Losail, Al Wakrah, Al Rayyan, dan Doha.

Selain menyambangi stadion-stadion megah nan unik yang menjadi venue pertandingan dan menjadi icon baru Qatar, di sela jadwal pertandingan pastinya kamu harus mendatangi landmark Qatar. 

Qatar, sebuah negara emirat di Timur Tengah, memiliki peninggalan budaya yang kental dengan aspek religius. Maka, landmark seperti masjid, sayang dilewatkan.

Beberapa masjid ternama di Qatar, seperti Masjid Katara dan Masjid Imam Abdul Wahab atau lebih dikenal dengan nama State Grand Mosque.

Tak hanya peninggalan budaya masa lalu, Qatar juga punya landmark modern yang keren. Bisa dimaklumi, Qatar termasuk negara dengan pendapatan ekonomi tinggi.

Beberapa bangunan masa kini nan modern di Qatar, di antaranya bangunan museum dan hotel dengan arsitektur memukau.

Lalu, landmark alam di Qatar juga bisa kamu kunjungi seperti padang pasir dan pantai. Maklum, negara satu ini berbatasan dengan Teluk Persia.

Dari sekian banyak landmark menarik di Qatar, ada delapan landmark penting yang wajib kamu kunjungi selama berada di Qatar. Apa saja?

Berikut daftar landmark penting di Qatar, wajib kamu kunjungi sambil nonton Piala Dunia 2022, dilansir dari Dohanews, Jumat (18/11/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Landmark Penting di Qatar

1. Museum Seni Islam (Museum of Islamic Art)

Museum Senin Islam menjadi satu di antara bangunan ikonis di Qatar. Bangunan megah ini diarsitekturi oleh I.M. Pei, salah seorang arsitektur kelas dunia, yang juga merancang Bank of China di Hong Kong serta Louvre di Paris.

Museum Seni Islam menjadi rumah dari banyak artefak, barang-barang kuno, manuskrip berusia yang berusia ratusan tahun. 

Museum ini dibangun di Corniche dengan panjang 7 km di Doha. 

Sempat ditutup untuk direnovasi, Museum Seni Islam telah dibuka kembali untuk pengunjung jelang bergulirnya Piala Dunia 2022.

2. Katara

Masjid Katara terkenal, satu di antaranya berkat arsitekturnya yang menakjubkan. Masjid ini tidak seperti masjid lainnya karena memiliki arsitektur terbaik, yang dicirikan oleh keindahan warna biru, merah, dan kuning yang semarak.

Masjid ini terletak di Katara Cultural Village dan dirancang oleh Zainab Fadil Oglu, seorang arsitek masjid terkenal Turki.

Beberapa masjid di seluruh dunia terinspirasi oleh interior dan eksterior desain masjid ikonis di Qatar ini, bersama dengan menara dan kubahnya.

3. Al Zubarah Fort

Al Zubarah Fort atau Benteng Al Zubarah merupakan benteng bersejarah di Qatar dan merupakan situs Warisan Dunia UNESCO.

Benteng ini terletak di Kota Zubarah, sekitar 105 km dari Doha, dan menjadi cara kita untuk melihat Qatar di masa silam. Pada abad ke-17, kota di mana benteng ini berada, merupakan kota pelabuhan dan perdagangan yang aktif dengan komoditas utama mutiara.

3 dari 4 halaman

Landmark Penting di Qatar

4. Souq Waqif

Souq Waqif adalah sebuah pasar tradisional yang telah berusia lebih dari 100 tahun. Apa saja bisa kamu dapatkan di sini.

Yang membuat Souq Waqif begitu populer sebagai objek wisata di Qatar adalah latarnya yang kuno dan antik, serta koleksi seni dan kerajinan tangan yang indah.

Wisatawan dari seluruh dunia sering mengunjungi pasar tradisional ini untuk membeli barang-barang asli dan berkualitas seperti syal tradisional atau jubah bordir, rempah-rempah seperti kunyit murni, manisan, madu hingga bunga kering dan lemon manis.

Tak ketinggalan, deretan kafe-kafe terbaik dan estetis yang pastinya cocok untuk objek fotomu.

5. Museum Sheikh Faisal Bin Qassim Al Thani

Sheikh Faisal Museum merupakan satu di antara museum paling unik di Timur Tengah. Museum ini juga satu di antara museum pribadi paling besar di dunia.

Meski milik pribadi, museum ini dibuka untuk umum, jadi kamu bisa menikmati koleksi-koleksinya. Dipajang dalam museum ini termasuk kumpulan karya seni Islam, kendaraan, karpet buatan tangan, koin dan mata uang, dari lebih dari empat benua.

Benda-benda yang beragam dan eklektik ini menceritakan kisah pendiri museum, Sheikh Faisal bin Qassim, serta kemanusiaan pada umumnya.

6. Aspire Zone

Aspire Zone merupakan satu di antara landmark paling tenar di Qatar. Aspire Zone yang juga dikenal sebagai Doha Sports City, menjadi lokasi dari beberapa objek menarik, seperti Aspire Park dan venue-venue Asian Games 2006.

Bangunan pencakar langit paling tinggi di Doha juga berada di sini, yakni Aspire Tower.

4 dari 4 halaman

Landmark Penting di Qatar

7. Masjid Grand State

Satu di antara masjid yang harus dikunjungi di Qatar, Grand State atau yang juga dikenal dengan nama Masjid Imam Muhammad Ibn Abdul Wahhab, seorang teolog Muslim besar, pembaharu, dan pelopor abad ke-18.

Masjid yang terletak di distrik Jubailat Doha di sebelah selatan Corniche ini memiliki beberapa kubah, dibangun dengan perpaduan arsitektur tradisional Arab dan modern yang mencakup bulan sabit yang berkilauan, menara, dan ruang terbuka yang luas.

Dengan elemen arsitektur Islam tradisionalnya, masjid yang dibangun pada paruh pertama abad ke-20 ini terasa segar.

8. East West/West East

Ingin melihat monolit unik? Kamu bisa mengarahkan kendaraanmu menuju Zekreet, tepatnya di kawasan cagar Alam Brouq, sekitar 80 km dari Doha.

Di antara formasi batuan kapur di Brouq, berjejer empat monolit yang membentang lebih dari 1 km. Tinggi masing-masing monolit berupa pelat baja ini mencapai 14 m.

Monolit ini dibangun oleh Richard Serra, dan menjadi satu di antara instalasi seni paling viral di Qatar.

 

Sumber: Dohanews

Silakan klik tautan ini untuk artikel Piala Dunia 2022 lainnya.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer