Sukses


Jenis-Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Tanaman obat keluarga (Toga) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Dengan menggunakan tanaman obat sebagai pengobatan penyakit, tentu akan mempermudah dan meminimalisasi biaya.

Taman obat keluarga pada hakikatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

Untuk melakukan budidaya tanaman obat tidak terlalu sulit. Kamu bisa melakukannya pada sebidang lahan yang ada di sekitar rumah, kebun, ataupun ladang.

Jika tidak ada lahan, alternatifnya adalah dengan menyiapkan pot-pot kecil untuk menjadi media budidaya tanaman obat keluarga.

Ada beberapa jenis tanaman obat keluarga yang memiliki banyak manfaat. Selain itu, tanaman obat keluarga juga mudah untuk dibudidayakan. Tanaman apa saja kira-kira?

Berikut ini jenis-jenis tanaman obat keluarga yang mengandung banyak manfaat dan mudah dibudidayakan, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Minggu (18/12/2022).

2 dari 4 halaman

Jenis Tanaman Obat Keluarga

Lidah Buaya

Lidah buaya sering digunakan oleh pakar kecantikan untuk menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan bulu mata, memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe, menghilangkan flek hitam pada wajah dan menutup pori-pori wajah yang terlalu besar.

Selain itu, tanaman yang memiliki nama Latin Aloe vera ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan seperti melancarkan peredaran darah, mempercepat penyembuhan luka, menyembuhkan tekanan darah tinggi, dan mengatasi peradangan.

Jahe

Jahe telah banyak dikenal oleh masyarakat dan pencinta minuman herbal. Tanaman ini ampuh menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin.

Tidak hanya itu, tanaman dengan nama ilmiah Zingiberaceae ini dapat mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, sakit kepala, masuk angin, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3 dari 4 halaman

Jenis Tanaman Obat Keluarga

Kunyit

Tanaman ini sering kali tertukar dengan jahe dan lengkuas. Meski demikian, kunyit memiliki aroma yang cukup khas dan berbeda dari kedua tanaman lainnya.

Tanaman ini sering digunakan untuk bumbu dapur. Selain bumbu dapur, kunyit memiliki khasiat untuk kesehatan.

Beberapa khasiat kunyit untuk kesehatan di antaranya adalah mengatasi maag, menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, menghilangkan mual, dan meredakan gatal-gatal pada kulit.

Lengkuas

Lengkuas sering ditemukan di dalam masakan rendang. Bahkan, tidak sedikit yang tertipu dengan tanaman obat ini karena kerap kali "menyamar" sebagai daging rendang.

Namun, selain digunakan sebagai bumbu dapur, lengkuas bermanfaat sebagai obat herbal. Zat yang terkandung di dalam lengkuas terbukti dapat melancarkan peredaran darah, membuang racun-racun di tubuh, menambah nafsu makan, dan mencegah tumor.

4 dari 4 halaman

Jenis Tanaman Obat Keluarga

Temulawak

Tanaman obat lainnya adalah temulawak. Tanaman dengan nama ilmiah Curcuma xanthorhiza roxb ini kerap digunakan oleh orang tua yang mempunyai anak dengan nafsu makan rendah.

Selain itu, kandungan kurkumin pada temulawak terbukti dapat menjadi obat antiperadangan alami dan memperlambat proses penyebaran virus hepatitis.

Sirih

Apakah kamu pernah melihat nenek-nenek sedang nyireh? Biasanya mereka menggunakan daun sirih untuk nyireh karena berguna untuk memperkuat enamel gigi serta membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

Tidak hanya itu, tanaman TOGA ini ampuh untuk mengatasi mimisan, meredakan sakit gigi, menghilangkan bau badan, bau ketiak, dan memperlancar datang bulan.

Itu dia tadi beberapa jenis tanaman TOGA yang bermanfaat. Selain tanaman-tanaman di atas, masih banyak tanaman TOGA lain seperti kencur, seledri, kemangi, brotowali, daun dewa, dan sebagainya.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer