Sukses


Daftar Makanan Pencegah Hangover saat Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Bola.com, Jakarta - Hangover adalah sekumpulan gejala yang terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Gejala yang timbul bisa bervariasi, seperti sakit kepala, lemas, mual, dan merasa dehidrasi.

Di sisi lain, hangover dapat terjadi bukan hanya karena terlalu banyaknya seseorang mengonsumsi minuman beralkohol, hangover juga bisa terjadi karena keadaan perut yang kosong.

Saat hangover, seseorang cenderung memiliki tingkat kesadaran yang minim, dan memiliki beberapa gejala seperti sakit perut dan pusing.

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hangover, di antaranya dengan mengonsumsi berbagai makanan yang kaya nutrisi.

Berikut daftar makanan pencegah hangover saat mengonsumsi minuman beralkohol, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (3/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pencegah Hangover

1. Salmon

Makanan yang cocok untuk dikonsumsi sebelum mabuk alkohol adalah ikan salmon. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3. Zat tersebut mampu mengurangi peradangan pada otak akibat alkohol.

Sama dengan telur, salmon merupakan sumber protein tinggi. Siapa saja yang menyantapnya sebelum minum alkohol akan merasakan efek kenyang lebih lama. Penyerapan alkohol ke dalam darah juga jadi lebih lambat karena perut tidak cepat kosong.

2. Yoghurt 

Menawarkan keseimbangan sempurna antara protein, lemak, dan karbohidrat, yoghurt Yunani tanpa pemanis merupakan satu di antara makanan terbaik sebelum minum alkohol.

Protein penting karena dicerna dengan lambat dan dapat meminimalkan efek alkohol pada tubuhmu dengan memperlambat penyerapannya.

Cobalah yoghurt Yunani tanpa pemanis dengan buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian sebagai camilan sebelum menghabiskan malam dengan alkohol.

3. Kacang Kenari

Kandungan antioksidan yang dikandung kacang kenari juga tinggi. Omega-6 dan 3 di dalamnya bisa berfungsi untuk meredakan peradangan pada hati.

Para praktisi kesehatan menambahkan, baik kacang kenari maupun kacang almond memiliki kandungan protein yang tinggi. Organ hati pun lebih sehat dan tubuh dapat bekerja lebih maksimal.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pencegah Hangover

4. Telur 

Telur bergizi sekaligus mengenyangkan. Asupan ini mengemas sekitar 7 gram protein dalam setiap 56 gram telur.

Konsumsi asupan tinggi protein, termasuk telur, sebelum mengonsumsi alkohol bisa membantu memperlambat pengosongan di perut serta memperpanjang waktu penyerapan alkohol.

Terlebih, protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan. Kamu akan kenyang lebih lama, sekaligus bisa mengurangi risiko makan berlebihan akibat alkohol.

5. Oat

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition mengatakan, oat dapat memperbaiki fungsi organ hati. Alkohol dapat merusak fungsi hati.

Makanan berserat dan mengandung kalsium, vitamin B6, serta zat besi seperti oat mampu melindungi organ vital sebelum diguyur oleh minuman beralkohol.

Selain baik untuk organ hati, oat makanan yang sangat baik untuk organ jantung. Cara mengolahnya pun mudah dan bisa dicampurkan dengan berbagai jenis makanan.

6. Pisang 

Dengan kandungan 4 gr serat dalam setiap buah ukuran besar, pisang merupakan pilihan yang baik sebelum minum alkohol. Buah berwarna kuning ini bisa membantu memperlambat penyerapan minuman alkohol ke darah.

Terlebih, pisang tinggi akan potasium, yang dapat menghindari ketakseimbangan elektrolit terkait konsumsi alkohol berlebihan. Terdiri dari sekitar 75 persen air, buah pisang bisa membantu hidrasi tubuhmu.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pencegah Hangover

7. Melon dan Semangka 

Melon dan semangka kaya akan air dan dapat mencegah dehidrasi saat konsumsi alkohol. Semangka terdiri dari sekitar 92 persen air, sedangkan melon terdiri dari sekitar 90 persen air.

Buah-buahan ini juga kaya akan elektrolit penting, seperti potassium yang dapat dengan cepat terkuras karena konsumsi alkohol berlebih. Meski berupa cairan, minuman beralkohol bisa membuatmu kehilangan cairan alami tubuh.

8. Alpukat

Kaya akan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, alpukat merupakan satu di antara makanan sebelum minum alkohol.

Lemak sejatinya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada protein atau karbohidrat. Efeknya, penyerapan alkohol ke dalam aliran darah bisa diperlambat.

Terlebih, alpukat tinggi potasium untuk membantu menyeimbangkan elektrolit. Setengah buah alpukat bisa menyediakan tujuh persen dari kebutuhan potasium harian.

9. Ubi Jalar 

Ubi jalar adalah satu di antara sumber potasium yang baik untuk bantu menyeimbangkan kadar elektrolit Ketika konsumsi alkohol.

Karbohidrat kompleks ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga bermanfaat untuk mengurangi dampak alkohol pada tubuh.

Menurut satu studi pada 10 orang, makan ubi jalar rebus meminimalkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah. Hal tersebut berpotensi mengurangi rasa lapar dan mencegah makan berlebihan akibat minum alkohol.

Cobalah menyiapkan ubi untuk camilan atau lauk ringan sebelum pergi keluar. Cukup potong ubi jalar menjadi irisan, aduk dengan minyak zaitun dan rempah-rempah, dan panggang 20-25 menit pada suhu 425 °F (220 °C).

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/9/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer