Sukses


Apa Itu Instansi? Berikut Pengertian dan Jenis-jenisnya

Bola.com, Jakarta - Instansi adalah sebuah badan atau lembaga, baik itu yang dimiliki pemerintah ataupun swasta. Kebanyakan orang mengenal dua jenis instansi berdasarkan kepemilikannya, yaitu instansi pemerintah dan swasta.

Instansi biasanya memiliki tujuan untuk melayani masyarakat. Meski begitu, tetap ada perbedaan antara instansi pemerintah dan swasta.

Instansi pemerintah didirikan untuk tidak berorientasi pada keuntungan dengan modal yang berasal dari pajak, retribusi atau subsidi.

Sedangkan instansi swasta adalah instansi yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan modal yang berasal dari pribadi, pinjaman atau saham.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, Instansi adalah badan pemerintah umum (seperti jawatan atau kantor).

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang instansidisadur dari Liputan6, Minggu (8/1/2023).

2 dari 3 halaman

Pengertian Instansi

KBBI juga memberikan pengertian lain instansi, yakni tingkatan (pengadilan), dan instansi adalah tingkatan (dalam rapat dan sebagainya).

Dengan pengertian instansi adalah badan pemerintah umum, tidak heran banyak orang yang lebih memahaminya sebagai lembaga pemerintah.

Istilah instansi memang sering digunakan dengan menambahkan kata-kata pemerintah sehingga sering dianggap menjadi instansi pemerintah. Padahal, ada juga instansi yang bukan milik pemerintah, tetapi punya perseorangan.

Instansi pemerintah adalah semua lembaga pemerintah yang melaksanakan fungsi pemerintahan di lingkungan eksekutif baik di pusat maupun daerah yang menerima komisi-komisi, dewan, badan yang mendapat dana dari APBN/APBD.

Sementara itu, instansi swasta merupakan badan usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang.

Instansi swasta mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan semaksimal mungkin, untuk mengembangkan usaha dan modalnya, serta membuka lapangan pekerjaan.

Instansi swasta dibentuk dan didanai dari pribadi maupun kelompok, tidak ada modal pemerintah.

Istilah instansi tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Instansi baik pemerintah maupun swasta diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat, meski tetap berorientasi pada keuntungan.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Instansi Berdasarkan Kepemilikannya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, instansi adalah badan atau lembaga yang terdiri dari dua jenis, yaitu pemerintah dan swasta.

Kendato memiliki tujuan yang sama secara keseluruhan, yaitu memberikan pelayanan pada masyarakat, keduanya bertanggung jawab terhadap hal yang berbeda.

Instansi adalah badan atau lembaga yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Instansi pemerintah tidak berorientasi pada keuntungan yang harus diperoleh.

Modal yang digunakan instansi pemerintah berasal dari pajak, retribusi, atau subsidi. Selain itu, instansi pemerintah ini bertanggung jawab kepada lembaga hukum dan masyarakat.

Transparansi anggaran kepada masyarakat umum menjadi satu di antara pertanggungjawaban instansi pemerintah kepada masyarakat atas pemanfaatan pajak yang digunakan untuk membiayai operasional instansi pemerintah. Hal ini berbeda dengan instansi swasta.

Contoh instansi pemerintahan adalah Kejaksaan Agung, Komisi Yudisial (KY), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hingga Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Jenis-jenis intansi pemerintah ini nantinya terbagi lagi menjadi instansi pemerintah pusat dan instansi pemerintah daerah.

Sementara, instansi swasta memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Modal yang digunakan instansi swasta berasal dari milik pribadi, pinjaman, atau saham.

Instansi swasta biasanya bertanggung jawab pada pemegang saham dan direktur utama, serta memperlakukan pihak swasta ini tertutup untuk umum.

Contoh instansi swasta ini seperti PT Astra International, PT HM Sampoerna, PT Indofood Sukses Makmur, serta Bank Central Asia (BCA).

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Diterbitkan: 18/1/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer