Sukses


36 Cabor Bakal Dipertandingkan di SEA Games 2023 Kamboja, Ini Strategi NOC Indonesia

Bola.com, Jakarta - NOC Indonesia melalui rilis yang diterima Bola.com hari Selasa (17/01/2023), menginformasikan bahwa Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023 telah merilis daftar cabor yang akan dipertandingkan.

Rencananya pesta olahraga dua tahunan kawasan Asia Tenggara edisi ke-32 ini akan mempertandingkan 36 cabor. Lantas seperti apa strategi NOC Indonesia terkait pengumuman 36 cabor tersebut?

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengatakan NOC Indonesia telah mengupayakan diplomasi agar cabor andalan Indonesia dapat dipertandingan.

Namun, ketentuan dalam SEAGF Charter hanya mewajibkan dua cabor mandatory untuk dipertandingkan di SEA Games, yakni atletik dan akuatik. Sisanya, tuan rumah mendapat kewenangan untuk memilih sesuai dengan kesiapan mereka.

"Pekan lalu ada rapat SEAGF, dan hasil rapat kemarin memutuskan finalisasi cabor SEA Games Kamboja. Ada beberapa yang tidak jadi dipertandingkan, seperti body building karena non-compliance dengan anti-doping code," kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.

"Ada juga dance sports - kategori latin yang akhirnya diputuskan tidak dipertandingkan. Kami juga secara bertahap sudah mengirimkan technical handbook kepada national federation dan ini nantinya juga dapat diakses di laman resmi nocindonesia.id," lanjutnya. 

2 dari 3 halaman

Tindakan Preventif

NOC Indonesia, kata Okto, juga telah melakukan tindakan preventif agar tarik ulur cabor yang dipertandingkan di SEA Games tidak terjadi di setiap penyelenggaraan.

NOC Indonesia telah menyampaikan adanya perubahan konstituen untuk sport programs SEA Games, yang akan ditindaklanjuti SEAGF.

“Aturan ini harus diubah, harus berkembang demi meningkatkan mutu olahraga ASEAN. Jadi cabor yang dipertandingkan di SEA Games ini harus merujuk kepada multievent di atasnya, yakni Asian Games dan juga Olimpiade, sehingga atlet yang dikirim ada acuan prestasinya,” terang Okto.

 

 

3 dari 3 halaman

Kali Pertama Kamboja Tuan Rumah

SEA Games Kamboja akan dipertandingkan 5-17 Mei. Ini adalah kali pertama Land of the Khmer menjadi tuan rumah multievent olahraga kawasan Asia Tenggara.

SEA Games Kamboja mempertandingkan 36 cabor, 47 disiplin, dan 581 nomor pertandingan. CAMSOC juga menyepakati satu cabor teqball masuk dalam kategori demonstrasi.

Video Populer

Foto Populer