Sukses


Pengertian dan Sejarah Olahraga Wushu

Bola.com, Jakarta - Wushu adalah satu di antara olahraga bela diri yang berasal dari China. Secara harfiah, kata wushu tersusun dari dua kata "wu" = militer atau bela diri, "shu" = seni.

Jadi, wushu bisa diartikan sebagai seni untuk bertempur atau bela diri (martial arts). Yang mana di dalamnya mengandung aspek seni, olahraga, dan juga kesehatan.

Definisi wushu secara umum adalah seni berperang dan seni bela diri yang menggunakan metode tendangan, pukulan, lemparan, jepitan dan menentukan fungsi dari seluruh bagian tubuh dalam berlatih, untuk menggerakkan potensi terpendam dalam tubuh manusia, serta keterampilan dalam menggunakan senjata-senjata tradisional.

Senjata yang dipakai dalam pertandingan wushu seperti golok, pedang, tombak dan lain sebagainya.

Dalam olahraga ini terdapat dua kategori yaitu Taolu dan Sanda. Jenis wushu yang lebih dikenal di Indonesia adalah Taolu.

Seperti olahraga bela diri lain, wushu diajarkan untuk melindungi diri dari berbagai tindak kejahatan.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang olahraga wushu. Setelah mengetahui pengertian dari wushu, kamu perlu mempelajari juga sejarahnya.

Berikut ini rangkuman mengenai pengertian beserta sejarah olahraga wushu, yang menarik diketahui, dilansir dari laman Materiolahraga dan Penjaskes, Selasa (28/2/2023).

2 dari 3 halaman

Sejarah Wushu secara Umum

Wushu bisa dikatakan jenis olahraga yang sangat tua. Mengutip laman resmi Federasi Internasional Wushu (IWUF), asal-usul wushu bisa ditelusuri dari perjuangan manusia purba untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras pada Zaman Perunggu (3000-1200 SM).

Pada masa itu, manusia purba mengembangkan teknik untuk bertahan hidup melawan hewan liar dan manusia lain. Teknik inilah yang berkembang menjadi wushu.

Sementara itu, wushu mulai berkembang sebagai kegiatan yang lebih terorganisasi sejak masa dinasti Shang sekitar tahun 1556-1046 sebelum Masehi, dan pada 1949, pemerintahan China melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa olahraga wushu merupakan olahraga bela diri tradisional dari China.

Masyarakat setempat menjadikan seni bela diri ini sebagai cara untuk menyehatkan tubuh sekaligus mendapatkan hiburan.

Di samping itu, pada dasarnya wushu dipisahkan dari keterampilan militer, selama proses peningkatan dan pengembangan bertahap di zaman modern. Wushu telah menjadi kegiatan olahraga internasional, yang telah mencakup disiplin Taolu dan Sanda modern, dan juga wushu tradisional.

Hal tersebut didukung oleh adanya serangan dan pertahanan sebagai gerakan dasarnya dan budaya tradisional China sebagai latar belakangnya.

Di China. wushu telah menjadi cabang studi formal dan bisa dikatakan sebagai olahraga nasional paling terkenal.

Pada awal abad ke-20 dengan berdirinya organisasi Shanghai Jing Wu Physical Culture Society, wushu terus berkembang ke ranah olahraga. Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk memperkenalkan wushu, mulai pertunjukan publik, pelatihan, hingga kompetisi.

Kemudian pada 1923, Kompetisi Nasional Wushu China digelar di Shanghai. Selanjutnya pada 1936, sebuah delegasi wushu China melakukan demonstrasi olahraga wushu pada Olimpiade Berlin.

Setelah itu, format dan aturan wushu mulai diterapkan dan distandarisasi. Turnamen internasional wushu untuk kali pertama digelar pada 1985 di Xi'an, China. Kemudian, pada 3 Oktober 1990, Federasi Internasional Wushu (IWUF) secara resmi didirikan.

3 dari 3 halaman

Sejarah Wushu di Indonesia

Sejarah wushu di Indonesia sudah lama dikenal dengan istilah Kungfu. Namun, baru pada 10 November 1992, KONI pusat meresmikan berdirinya PB Wushu Indonesia yang merupakan wadah bagi seluruh Perguruan Kungfu di Indonesia.

Olahraga wushu masuk ke Indonesia tahun 1980-an. Namun, organisasi Wushu Indonesia baru dibentuk IGK Manila tahun 1992 menjelang SEA Games XVIII Singapura. Semula PBWI hanya mengembangkan Wushu yang berasal dari China, seperti Chang Quan, Taiji quan, dan Daoshu.

Atlet wushu disebut dengan wushuwan-wushuwati dalam bahasa Indonesia, meski istilah di negara lain adalah wushuyuan.

 

Sumber: Materiolahraga, Penjaskes

Dapatkan artikel sejarah berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer