Sukses


Daftar Penyakit yang Bisa Mengakibatkan Nyeri pada Ulu Hati

Bola.com, Jakarta - Nyeri pada bagian tubuh tertentu menjadi satu di antara masalah kesehatan bisa mengganggu dalam beraktivitas.

Nyeri pada bagian tubuh tersebut bisa terjadi pada bagian persendian, punggung, hingga ulu hati. Nyeri ulu hati merupakan satu di antara keluhan rasa nyeri pada tengah perut bagian atas (epigastrium).

Kondisi nyeri pada bagian tubuh ini biasanya menjadi indikasi adanya gangguan penyakit tertentu. Nyeri di bagian ulu hati bisa menjadi gejala dari berbagai macam penyakit.

Banyak orang yang menghubungkan nyeri pada ulu hati dengan penyakit mag, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa menyimak artikel di bawah ini mengenai beberapa penyakit yang bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati.

Berikut daftar penyakit yang bisa mengakibatkan nyeri pada ulu hati, disadur dari Klikdokter, Senin (20/3/2023).

2 dari 4 halaman

Daftar Penyakit yang Bisa Mengakibatkan Nyeri pada Ulu Hati

Penyakit Jantung Koroner

Nyeri akibat penyakit jantung koroner biasanya terletak di daerah dada kiri. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan mereka yang mengalami penyakit ini juga merasakan keluhan nyeri ulu hati.

Kondisi ini terjadi akibat sumbatan pembuluh darah di bagian bawah jantung, yang mencetuskan sensasi nyeri menjalar hingga ke bagian ulu hati.

Batu Empedu

Penyakit batu empedu atau kolelitiasis adalah gangguan kesehatan di mana terdapat batu dalam kandung atau saluran empedu. 

Kondisi ini umumnya terjadi tanpa gejala, meski tidak menutup kemungkinan untuk mencetuskan keluhan nyeri di perut kanan atas yang menjalar sampai ke ulu hati.

Tidak hanya itu, keluhan yang mungkin timbul akibat penyakit batu empedu adalah kembung yang disertai rasa tidak enak pada perut ketika mengonsumsi makanan berlemak.

Batu empedu yang mencetuskan munculnya gejala-gejala tersebut perlu segera diobati agar keluhan tidak makin parah dan mengganggu atau menurunkan kualitas hidup pengidapnya.

3 dari 4 halaman

Daftar Penyakit yang Bisa Mengakibatkan Nyeri pada Ulu Hati

Gastritis

Gastritis adalah peradangan pada mukosa lambung. Penyakit ini akrab dikenal dengan nama sakit mag. Seseorang dengan penyakit gastritis akan mengalami adanya gejala nyeri ulu hati, mual, dan perut kembung.

Ada beberapa penyebab gastritis yang perlu Anda ketahui. Misalnya, infeksi Helicobacter pylori, penggunaan obat pereda nyeri NSAIDS (non-steroidal anti-inflammatory drugs) dalam jangka panjang dan tanpa pengawasan dokter, dan stres psikis yang tidak segera diatasi.

GERD

Tidak semua keluhan nyeri ulu hati adalah gastritis atau sakit mag. Penyakit lain yang juga memiliki gejala serupa adalah GERD (Gastroesophageal reflux disease). Ini adalah kondisi ketika asam lambung berlebih naik ke arah kerongkongan. 

GERD bisa disebabkan oleh klep antara lambung dan kerongkongan yang tidak berfungsi dengan baik.

Selain nyeri ulu hati, GERD bisa ditandai dengan gejala perut terasa panas, mulut terasa pahit atau asam, dan dada terbakar (heartburn).

4 dari 4 halaman

Daftar Penyakit yang Bisa Mengakibatkan Nyeri pada Ulu Hati

Perlemakan Hati

Nyeri ulu hati juga dapat menjadi gejala dari gangguan hati yang bernama perlemakan hati alias fatty liver.

Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti konsumsi alkohol berlebih, penyakit metabolik seperti diabetes, dan kolesterol tinggi.

Maka itu, bagi Anda yang tidak ingin mengalami penyakit ini beserta keluhan-keluhan yang menyertainya, batasi atau hindari alkohol sama sekali mulai saat ini.

Lakukan juga pemeriksaan kesehatan secara berkala agar kemunculan penyakit lain yang dapat berujung pada perlemakan hati bisa dicegah atau dikendalikan.

Esofagitis

Esophagitis adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh peradangan pada dinding bagian dalam kerongkongan.

Peradangan ini bisa saja dipicu oleh kenaikan asam lambung, terjadi infeksi bakteri atau virus, hingga iritasi akibat konsumsi obat-obatan tertentu.

Selain menyebabkan nyeri pada ulu hati, hal ini akan menyebabkan sensasi terbakar pada dada, sulit menelan, dan sensasi sangat asam pada mulut.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 24/12/2020)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer